BKCE - BGA News

[BGA] Penentuan Performance Target Setting Sekaligus Pembuatan Performance Contract (PC) Tahun 2016

Dengan Hormat,

Memasuki permulaan tahun 2016 sebagai wujud dari semangat baru untuk berkarya dan berkinerja lebih baik lagi, maka diperlukan perencanaan, monitoring, evaluasi, dan penilaian kerja (performance appraisal) yang berkesinambungan. Keseluruhan dari tahapan tersebut dikenal dengan Performance Management Cycle. Pada tahun ini, mekanisme performance management cycle dilakukan sedikit berbeda dengan tahun –tahun sebelumnya sebagaimana mekanisme pada IOM No. 001/IOM-B/HC-PNRM/I/16.

Cascading Target - HO

1. Penentuan Performance Target Setting Sekaligus Pembuatan Performance Contract (PC)

a.    Tujuan dari tahapan ini untuk menyelaraskan target kerja individu dengan target kerja perusahaan. Cascading target merupakan penurunan dari strategi perusahaan (corporate vision) kedalam strategi Region/Group Dept./Dept. Pada tahap ini, harus dipastikan bahwa target Region/Group Dept./Dept. dapat terbagi habis ke seluruh staf di bawahnya.

Cascading Target - Operasional

b.    Region/Group Dept./Dept. Head menyusun Key Performance Indicator (KPI) diselaraskan dengan Key Result Area (KRA) Perusahaan. Hasil dari KPI Region/Group Dept./Dept. Head akan menjadi acuan Estate-Mill Controller/All Manager/ Dept. Head/Section Head dalam menyusun KPI di tiap fungsinya, sebelum diturunkan ke Assistant/ Officer.

c.     Penentuan bobot/persentase (%) pada setiap KPI yang ditetapkan dalam PC, agar  disusun dan dipastikan kembali bahwa semakin tinggi jabatan harus berfokus pada hasil (Financial dan Customer Perspective), sedangkan semakin rendah jabatan berfokus pada proses (Internal Business Process dan  Learning & Growth Perspective), sebagaimana mekanisme yang ada di IOM No. 001/IOM-B/HC-PNRM/I/16.

2. Agenda dari Performance Target Setting sekaligus Pembuatan Performance Contract (PC) adalah sebagai Kegiatan berikut :

No Kegiatan Tanggal Peserta Keterangan
1 Pengumpulan PC individu 19 Februari 2016 All Staf Soft Copy Seluruh PC wajib dikirim ke HCGD sebagaimana template terlampir
2 Verifikasi PC 22 – 29 Februari 2016 HCGD Team Verifikasi PC dilakukan di internal HCGD Team
3 Review PC 07 Maret 2016 (Operasional)

11-14 Maret 2016 (HO)

Dy. COO, Head of Kalbar, Head of Kalteng, Group Dept Head/Dept Head, Head of OS dan HCGD

 

Berdasarkan agenda tersebut, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Seluruh staf wajib membuat dan mengirimkan PC
  2. Memastikan Penurunan (cascading) Target dapat terbagi habis ke seluruh staf di bawahnya
  3. Penentuan Key Performance Indicator(KPI) dan Target KPI harus dilakukan dengan cermat, menantang, effort lebih dan rasa ngotot untuk mencapai excellent
  4. Penyesuaian Bobot KPI (Operasional & HO) harus disesuaikan dengan jabatan (job tittle)
  5. Keseluruhan agenda pada performance management cycle agar dijadikan Calender of Event (COE) setiap Departemen maupun wilayah

Demi kelancaran dari agenda Performance Target Setting, jika ada hal yang ingin ditanyakan dapat berkoordinasi langsung dengan Dani Nugraha (POD Dept. Head) – dani.nugraha@bumitama.com, Nurul Dwi Prihutami (Performance & Reward) – nurul.prihutami@bumitama.com.

Demikian kami sampaikan terima kasih atas penerimaan dan kerjasamanya.

Hormat Kami,

Agus Sutrisno

URL singkat : http://bit.ly/20u5Cij
The following two tabs change content below.
Konsultan Perkebunan Kelapa Sawit. Bisa dihubungi melalui HP. 081250611444, e-mail : info@impianclub.com. Motto : "Jangan Pulang Sebelum Pergi" - "Pantang Menyerah"

Latest posts by Budi S Ekomag BGA ex. BMKE, ex. BKCE, now SDME (see all)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Silahkan berikan komentar Anda di sini ya Gan :)

Leave a Comment

X
0

Your Cart