BGA News Info Perkebunan Kelapa Sawit

5 Kongsi Kerja Terpenting dalam Mengelola Budidaya Kelapa Sawit

Proses membuat buah (Yield Enhancement) dan minimalisasi loses sehingga ekselensi di semua pekerjaan diperlukan tiga akses (A1, A2 dan A3) berada dalam kondisi ringan sepanjang masa. Tiga akses tersebut bisa dalam kondisi ringan sepanjang masa dibutuhkan pembentukan 5 kongsi kerja karyawan terpenting yaitu kongsi kerja BHS, BM, BSS, BMS dan rawat jalan (TP2A). Kelima kongsi kerja ini harus berdiri sendiri dan saling mendukung. Masing-masing kongsi kerja harus menjalankan tugasnya masing-masing, tidak boleh saling tarik.

Pentingnya pembentukan kelima kongsi kerja karyawan ini diharapkan karyawan punya skill, sehingga hasil kerja baik secara kuantitas dan kwalitas.

HOK Kalteng BGA, Mr. Mohammad Zazali "Fokus Tindakan Tahun 2017"
HOK Kalteng BGA, Mr. Mohammad Zazali “Fokus Tindakan Tahun 2017”

Berikut diuraikan apa saja kelima kongsi kerja karyawan tersebut :

1. Kongsi Kerja BHS
BHS, Best Harvesting System merupakan sistem panen terbaik. Dalam kongsi kerja ini yang terpenting dalam penghancakan karyawan masuk bersama dan keluar juga bersama blok demi blok (in out together block by block). Penerapan dalam sistem BHS menganut ada Kelompok Kerja Panen (KKP) yang beranggotakan 5 – 6 orang TK Panen. Jumlah TK Panen dalam satu hari tergantung luasan seksi panen yang sudah diatur, disesuaikan dengan kemampuan tenaga kerja mengcover luasan panen dalam 7 jam kerja per tenaga kerjanya.
Norma untuk BHS 0,06 TK/Ha.

2. Kongsi Kerja BM
BM, Bongkar Muat. Kongsi kerja ini bertugas untuk mengangkut TBS yang ada di TPH ke unit angkut. Biasanya satu team BM beranggotan 2 BM per unitnya. Proses evakuasi TBS bisa berjalan lancar sangat ditentukan proses keluarnya TBS yang harus serempak dari CR ke CR (Collection Road) pada setiap TPHnya.
Ritme mengatur unit angkut perlu diatur, sehingga tidak terjadi overlapping angkutan pada posisi angkut yang sama.
Norma untuk BM : 0,01 TK/Ha.

3. Kongsi Kerja BSS
BSS, Best Spraying System merupakan sistem penyemprotan terbaik. Rotasi semprot atau flow kerja semprot perlu dibuat terlebih dahulu. Satu Team Unit Semprot (TUS) biasanya beranggotan 20 TK semprot. Pada unit TUS harus ada di tempelkan papan RKH semprot.
Dalam BSS juga mengadopsi KKS (Kelompok Kerja Semprot). 1 KKS biasanya beranggotakan 3 TK semprot.
Norma yang biasa dipakai untuk BSS ini biasanya 0,01 TK/Ha.

4. Kongsi Kerja BMS
BMS, Best Manuring System adalah sistem pemupukan terbaik. Dalam BMS ini dibagi menjadi : BM pupuk, until, tenaga pelangsir dan tenaga penabur. Satu tenaga pelangsir mengcover 2 TK penabur.
Norma BMS 0,014 TK/Ha.

5. Kongsi Kerja Rawat Jalan Manual (TP2A)
TP2A, Team Penuntasan Problematika Areal. Hal ini penting sekali dibentuk untuk menjaga kondisi Akses A1 (jalan) tetap terawat dan bebas dari genangan air di badan jalan, sehingga jalan bisa dilalui dalam kondisi apapun (All weather road). Jumlah TK per hari tergantung dari volume/intensitas curah hujan yang terjadi.
Team TP2A berperan dalam menuntaskan areal yang bermasalah dalam skala sporadis yang sudah dipetakan di peta areal bermasalah.
Norma kongsi kerja ini biasanya 0,01 – 0,016 TK/Ha.

Jika kelima kongsi kerja sudah dibentuk, tenaga kerjanya tercukupi, skill kerja baik sudah barang tentu areal baik dan eksploitasi produksi maksimal yang pada akhirnya “Excellent Through Discipline” tercapai.

#AsalMauPastiBisa

Semoga Bermanfaat

Sharing is caring!

URL singkat : http://bit.ly/2kbcYuj
The following two tabs change content below.
Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer. Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, PT. Melia Sehat Sejahtera - MLM No 1 di Indonesia dan Reseller beberapa produk terlaris. Hal ini memberikan solusi bagi kawan-kawan yang menginginkan pekerjaan dan sumber penghasilan tambahan. Mau informasi selengkapnya tentang Kami, silahkan lihat [ IdentitasKu ] [ PendidikanKu ] [ PekerjaanKu ] dan dapat dilihat di profil social media Kami. Filosofi : Tidak ada kata GAGAL, yang ada hanya SUKSES atau BELAJAR - Semangat pantang menyerah. Target atau Goal yang sudah dibuat harus diberikan Perhatian, Energi dan Fokus. MAU berubah hidup 180 derajat?. KUASAI Kekuatan pikiran, kekuatan perasaan dan kekuatan spiritual. Perbanyak tindakan #JustDoIt, karena dengan bertindak pasti ada hasil. Sabar, tetap semangat dan maju terus meraih impian. Sukses buat kita semua !. Kami dapat dihubungi di No: 0811 5018 144 - 0812 4844 544 (Telp/WA), eMail : support@impianclub.com.

Related posts

2 Thoughts to “5 Kongsi Kerja Terpenting dalam Mengelola Budidaya Kelapa Sawit”

  1. Planters Kalbar

    Makasih Mbro atas tulisannya. Salam kenal dengan saya “planters kalbar”.

    Iya ya…
    Kebun kelapa sawit hancur sering sekali disebabkan oleh pengelolaan tenaga kerjanya yang salah. Tarik sana tarik sini, sering sekali terjadi.

    Di saat buah banyak, geng kerja pupuk ditarik – pada akhirnya aplikasi pemupukan terhenti.
    Yang paling parah lagi geng kerja semprot juga ditarik, akibatnya areal semakin semak… Makin hancurlah kebun tersebut.

    Padahal sama-sama kita akui ibu dari semua pekerjaan adalah bisa menjaga rotasi perawatan. Ibu pertiwi dari pekerjaan adalah team semprot.

    Kongsi kerja ini harus duduk, jika terjadi kondisi emergency, ambil tindakan lebih awal yang tidak mengganggu reguler pekerjaannya.

    #PrepareSemuaPekerjaan

    1. Makasih Gan, sudah kasih masukan.
      Salam sukses.

Silahkan berikan komentar Anda - Pembelajaran Buat Kita Semua

shares
0

Your Cart