Apa Fungsi dan Peran Area Controller? » ImpianClub.com
BGA News Info Perkebunan Kelapa Sawit Perkebunan

Apa Fungsi dan Peran Area Controller?

Dear All AC :

Fungsi dan Peran Area Controller
Fungsi dan Peran Area Controller

Diagram Balanced Scorecard ini juga mengajarkan kita mentalitas kerja Tuntas, selalu menyelesaikan masalah dari hulu masalahnya, Fokus pada penuntasan Root Cause Factornya, Fokus pada Orangnya, Pelaku Langsung di lapangan, Fokus memahamkan Asisten kita, Tukang Panen Kita, Tukang Semprot kita, Tukang Pupuk kita
Mentalitas kerja yg benar adalah Selalu menyelesaikan masalah mulai dari Hulu masalahnya, Fokus pada penuntasan Root Cause Factornya
Jika kita membedah seluruh permasalahan sampai ke hulunya akan kita temukan bahwa sumber masalahnya ada pada orangnya, pelaku langsung di lapangan, karyawan terbawah kita.
Wajah kita tidak lebih baik dari wajah pelaku langsung, wajah kita adalah Disiplin, Pemahaman dan Skill Tukang Panen kita, Tukang Pupuk Kita dan Tukang Semprot Kita.
Banyak masalah tak kunjung selesai, berlarut larut, dan menyita energi kita karena kita sibuk membuang busa / buihnya bukan membuang sabunnya, hanya fokus menghilangkan efeknya, gejalanya tidak berusaha menyelesaikan hulu masalahnya.
Beberapa kasus kasus dibawah ini harusnya mudah dituntaskan dan tidak berulang jika kita menuntaskan hulu masalahnya :

  1. Kasus Pencurian Sisa Racun / Larutan Racun di Mobil TUS sebanyak 300 liter oleh Mandor semprot seharusnya bukan hanya disikapi dengan menangkap pelakunya tapi juga mempertanyakan kenapa bisa setiap hari sisa larutan semprot sebegitu banyaknya ? Bagaimana perencanaan semprotnya ? Bagaimana mekanisme dan dasar permintaan racunnya ? Bagaimana perhitungan RKH semprot hariannya ? Apakah asisten punya cukup skill dan pemahaman dalam menghitung kebutuhan racun hariannya ?.
    Masalah pencurian sisa racun ini hanya akan tuntas jika sisa racun di tangki nol, mekanisme permintaan dan pemakaian racun jelas, dibuat oleh Asisten yg paham, disetujui oleh Manager yg paham disertai dengan Dasar perhitungan yg jelas.
  2. Kasus pasar tengah yg hilang, kaki lima parit yg semak, kaki lima blok yg kumuh, anak kayu sporadis, dll, tidak akan tuntas dan benar2 selesai masalahnya jika kita hanya mengutus tim ad hoc oles anak kayu, tim TP2H penuntasan rendahan dan parit, menginventarisasi berapa ha pasar tengah yg semak, ha pinggir parit yg semak, ha kaki lima blok yg semak. Masalah ini hanya akan tuntas jika kita memahamkan seluruh tim semprot kita bahwa tugasnya adalah semprot piringan, pasar pikul, TPH, kaki lima blok, kaki lima jalan, kaki lima parit, pasar kumis, pasar tengah, pasar 8, anak kayu sporadis, kentosan kecil, dll. Memahamkan dan Memastikan seluruh karyawan semprot kita paham dan benar benar menjalankan tugasnya dengan benar.
  3. Kasus kentosan yg menggejala di seluruh kebun harus diselesaikan sampai ke hulu masalahnya, sumber masalahnya yaitu Disiplin Pemanen dan Bongkar Muat TBS. Apakah pemanen kita benar2 paham dan menjalankan seluruh tugas dan tanggung jawabnya ? Mengutip seluruh brondolan segar dan busuk sisa losses standar 30 butir/ha, brondolan sangkut di ketiak pelepah yg hanya akan jatuh dalam keadaan busuk jika pelepahnya dipotong, brondolan losses akibat pusingan panjang pasca lebaran, sisa serasah panen ? Apakah pemanen punya cukup waktu untuk menuntaskan sisa brondolan busuk ini dengan metode kutib jagung ? Pada saat AKP meningkat ? dll

Sumber :
Pak Guntur Hamonanangan Hasibuan (PC Kalteng)

Keyword:
Area Controller, Akar Masalah, Root Cause Factor, Balanced Scorecard, Mentalitas Kerja

Sharing is caring!

URL singkat : http://bit.ly/2MDSsRV
The following two tabs change content below.
Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer. Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, PT. Melia Sehat Sejahtera - MLM No 1 di Indonesia dan Reseller beberapa produk terlaris. Hal ini memberikan solusi bagi kawan-kawan yang menginginkan pekerjaan dan sumber penghasilan tambahan. Mau informasi selengkapnya tentang Kami, silahkan lihat [ IdentitasKu ] [ PendidikanKu ] [ PekerjaanKu ] dan dapat dilihat di profil social media Kami. Filosofi : Tidak ada kata GAGAL, yang ada hanya SUKSES atau BELAJAR - Semangat pantang menyerah. Target atau Goal yang sudah dibuat harus diberikan Perhatian, Energi dan Fokus. MAU berubah hidup 180 derajat?. KUASAI Kekuatan pikiran, kekuatan perasaan dan kekuatan spiritual. Perbanyak tindakan #JustDoIt, karena dengan bertindak pasti ada hasil. Sabar, tetap semangat dan maju terus meraih impian. Sukses buat kita semua !. Kami dapat dihubungi di No: 0811 5018 144 - 0812 4844 544 (Telp/WA), eMail : support@impianclub.com.

Related posts

Silahkan berikan komentar Anda - Pembelajaran Buat Kita Semua

shares
0

Your Cart