Apa Manfaat Melakukan Preparasi atau Rencana dengan Baik?... » ImpianClub.com
BGA News Motivasi Diri Perkebunan

Apa Manfaat Melakukan Preparasi atau Rencana dengan Baik?…

Salam produktifitas
Kami MAU, Kami Juga BISA
Saya memberikan refresh kepada kita semua “tentang pentingnya melakukan rencana atau preparasi kerja dengan baik”. Waktu SMA/sekolah sederajat dulu kita pernah belajar “dasar-dasar manajemen” yang kita kenal istilahnya POAC (Planning, Organizing, Actuaring dan Controlling), iya gak?…
Begitu kita kerja di BGA, ada kita kenal istilah PDCA (Plan Do Check Action), ini selalu kita gaungkan dan diupayakan dalam tindakan nyata keseharian. Secara prinsipil dua istilah tersebut hampir sama.

Apel Sore AC 1B di GMKE 3 BGA Wilayah 1
Apel Sore AC 1B di GMKE 3 BGA Wilayah 1

Nah… Kita coba detailkan di satu komponen ya, namannya rencana/preparasi (plan). Pakar manajemen, senior kita dan pimpinan/atasan kita selalu menekankan sebelum bertindak dibuat rencana/preparasi terlebih dahulu. Benar kan?…
Kenapa rencana itu penting sekali untuk kita lakukan?… Pakar, guru kita, pimpinan/atasan kita sudah membuktikan “rencana yang baik, dijamin 80% keberhasilan sudah kita genggam”. Aktualnya, kenapa kita selalu tidak mengikuti rencana yang kita buat?… Bukankah target atau Goal harus kita capai, pada akhirnya kita berhasil.

Rencana yang baik itu, sudah pasti mengakomodir atau diperhitungkan seluruh komponen (resources) baik dari Sumber Daya Manusia (SDM), Biaya (cost), Cara melakukan (methode), peralatan (machine), kebutuhan bahan (material) dan lingkungan (environment). Hanya saja sering sekali terjadi identifikasi yang dilakukan tidak sesuai dengan kondisi – pada akhirnya rencana yang dibuat selalu melenceng atau biasnya tinggi.

Pembelajaran buat kita semua…
Identifikasi seluruh indikator dari perencanaan tersebut (5 M + 1E) dengan benar, kemudian dibuatkan flow atau rentetan proses yang harus dilakukan serta diikuti. Saat proses terjadi, ada kondisi yang mengganggu proses tersebut, sudah seharusnya ada antisipasi yang harus kita lakukan.

Contoh kasus: panen
RKH Sore dan RKH Real dibuat dan dipenuhi seluruh komponennya (SDM, Peralatan, seksi panen, sistem BHS). Saat proses berlangsung ada insiden, misalnya karyawan sakit/kecelakaan kerja. Karyawan sakit/mengalami kecelakaan kerja sudah harus digantikan dari TK Panen mandoran ganti (cadangan panen). Jika ini dilakukan, proses tidak akan terganggu.

Makanya…
TK inti harus dipenuhi sesuai dengan master ancak panen, kemudian TK cadangan panen disiapkan (10 % – 15%).

Intinya…
Rencana dan preparasi itu *sangat menentukan* keberhasilan target yang ingin kita dapatkan.

Demikian saya sampaikan, semoga bermanfaat !

#KamiMAUKamiJugaBISA
#TanpaTAPITanpaNANTI
#LandingLanguage
#LandingPosition

Keyword:
Rencana, preparasi, POAC, PDCA, 5M + 1E

Sharing is caring!

URL singkat : http://bit.ly/2osjO5i
The following two tabs change content below.
Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer. Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, PT. Melia Sehat Sejahtera - MLM No 1 di Indonesia dan Reseller beberapa produk terlaris. Hal ini memberikan solusi bagi kawan-kawan yang menginginkan pekerjaan dan sumber penghasilan tambahan. Mau informasi selengkapnya tentang Kami, silahkan lihat [ IdentitasKu ] [ PendidikanKu ] [ PekerjaanKu ] dan dapat dilihat di profil social media Kami. Filosofi : Tidak ada kata GAGAL, yang ada hanya SUKSES atau BELAJAR - Semangat pantang menyerah. Target atau Goal yang sudah dibuat harus diberikan Perhatian, Energi dan Fokus. MAU berubah hidup 180 derajat?. KUASAI Kekuatan pikiran, kekuatan perasaan dan kekuatan spiritual. Perbanyak tindakan #JustDoIt, karena dengan bertindak pasti ada hasil. Sabar, tetap semangat dan maju terus meraih impian. Sukses buat kita semua !. Kami dapat dihubungi di No: 0811 5018 144 - 0812 4844 544 (Telp/WA), eMail : support@impianclub.com.

Related posts

Silahkan berikan komentar Anda - Pembelajaran Buat Kita Semua

shares
0

Your Cart