Apa Penyebab Biaya Permintaan Dana Operasional (PDO) Bulanan Over Terhadap Aktual Upah?

Komposisi Upah - PDO SLNE Periode Mei 2018

Salam produktifitas dan salam exellent !
Kegiatan apapun dalam perkebunan kelapa sawit, tidak terlepas dengan biaya (cost), sehingga perlu dilakukan pengawalan ekstra agar Rencana Biaya yang dimintakan tidak berlebih secara aktualnya. Namun Guys, realitanya sering sekali biaya over terhadap Permintaan Dana Operasional (PDO) rutin bulanan.

Mau tau, apa penyebab overnya PDO ini ?… Berdasarkan pengalaman !

  1. Asisten dan Estate Manager tidak ada panduan RKT dalam bentuk cetak (hardcopy) alias semua file ada di Laptop, alasan selalu seperti itu. Panduan RKT dalam bentuk cetak ini penting sekali ada, bisa dibaca kapan saja dan bisa dicoret-coret jika ada yang perlu dikoreksi. Peran Kasie untuk memastikan hardcopy ini, dipegang para Asisten dan Estate Manager.
  2. Monitoring Upah SLNE Periode Mei 2018
    Monitoring Upah SLNE Periode Mei 2018

  3. Asisten tidak buat Rencana Kerja Bulanan (RKB). Nah ini dia yang selalu jadi momok, Iya gak?… Alasan klasik, jika ditanya ke Asisten, Kenapa gak buat RKB?… gak sempat pak, ngurusin buah sampe malam terus, bla bla bla. Padahal waktu orang sukses dengan orang gagal sama-sama 24 jam ! Asisten punya daya ungkit krani divisi di Administrasi, Mandor 1 di lapangan. Nggak ada sebenarnya, RKB tidak dibuat Asisten. Dasar malas, tidak peduli, ntar sok, dll alasan klasik lain. RKB ini sangat penting dibuat, namanya juga Rencana Kerja. Dalam RKB sudah tertuang Rencana Kerja Fisik dan berapa besar biaya yang dibutuhkan. RKB ini harus dijadikan acuan (kompas) buat para Asisten – pastikan on the track secara fisik dan biaya.
  4. Kurang konsisten dan disiplin melakukan monitor dan evaluasi pemakaian biaya. Estate Manager, Kasie, Para Asisten, All Krani Divisi dan All Mandor 1 – sesering mungkin melalukan evaluasi secara rutin, minimal sekali dalam seminggu. Kalo di SLNE rutin setiap hari Senin. Diskusi dan koordinasi ini penting sekali dilakukan untuk menumbuhkan kepedulian terhadap pemakaian biaya, belajar dan mempertajam analisa anggaran serta menumbuhkan pertanggungjawaban pemakaian biaya. Jika ditemui ada kendala, langsung bisa diantisipasi segera.
  5. Update data gaji tidak disiplin dilaporkan setiap hari. Kaitan dengan update payroll gaji harian peran personalia dan Kasie yang harus berperan aktif. Rutin melaporkan ini, tanpa disadari melek angka terhadap pelaku operasional pasti akan terjadi.
  6. Komposisi Upah - PDO SLNE Periode Mei 2018
    Komposisi Upah – PDO SLNE Periode Mei 2018
  7. Kasie buat PDO Tanpa Konfirmasi ke Operasional. Aneh ya… padahal biaya yang muncul berasal dari impact pekerjaan di lapangan. Perilaku biaya dan polanya, tau persis adalah Asisten. Seharusnya seorang Kasie, pro aktif atau jemput menagih atau meminta penjelasan ke Para Asisten tentang RKB dan jika ada realisasi biaya/fisik menyimpang dari aturan. EWS administrasi harus benar-benar di jalankan sebagai seorang Kasie, namanya juga lentera. Iya gak?… Lebih awal diketahui, lebih baik. Joss !
  8. Penanggung jawab tertinggi estate, Estate Manager tidak monitor terlalu dalam

    Semoga bermanfaat !

    Hasil pencarian yang terkait dengan artikel:

    biaya belajar surfing language:id (2)

    Sharing is caring!

    URL singkat : http://bit.ly/2GY8fpD
    Apa Penyebab Biaya Permintaan Dana Operasional (PDO) Bulanan Over Terhadap Aktual Upah?
    The following two tabs change content below.
    Silahkan Baca :  Pembeda Area 1, Adanya Locker Batu di GMKM
    SWIG CRU VIP Club

Satu tanggapan pada “Apa Penyebab Biaya Permintaan Dana Operasional (PDO) Bulanan Over Terhadap Aktual Upah?

  1. Muara akhir dalam suatu kegiatan di perkebunan kelapa sawit akhirnya adalah BIAYA. Penyumbang biaya dalam kegiatan apapun harus dikawal day to day, sehingga biaya terkawal dengan baik.

  2. Jagoan Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia
Kembali ke Atas
shares
0

Your Cart

%d blogger menyukai ini: