Administrasi BGA - SLNE Team BGA News Informasi Perkebunan Kelapa Sawit Perkebunan SDM Kompeten dan Kompetitif

Bagaimana Cara Mengawal Anggaran Estate di Perkebunan Kelapa Sawit dengan Baik dan Benar?

Anggaran sebagai dasar dalam melakukan pekerjaan apapun dioperasional dan kantor. Idealnya sewaktu menyusun Anggaran harus bisa memperkirakan kebutuhan, kondisi sewaktu Anggaran tersebut sudah running on. Antara budget (start from the budget) dan kondisi di lapangan (start from condition) harus sejalan. Sering Anggaran yang sudah dibuat, biayanya banyak berlebih (over budget) disebabkan tidak sesuainya kondisi real yang terjadi dibandingkan dengan kondisi yang diasumsikan di budget. Untuk mengantisipasi hal tersebut sewaktu menyusun Anggaran semua pihak harus terlibat (All Mandor 1, All Asisten, Askep, Kasie dan Estate Manager) duduk bersamaan dan jujur dalam membuat asumsi kondisi lapangan. Data-data pendukung harus benar-benar dilampirkan.

Laporan Pertanggung Jawaban Anggaran SLNE sd April 2018 Catur Wulan 1
Laporan Pertanggung Jawaban Anggaran SLNE sd April 2018 Catur Wulan 1

Dalam sebuah anggaran ada beberapa pekerjaan mayor, meliputi : panen, pemeliharaan tanaman menghasilkan (TM), pemeliharaan tanaman belum menghasilkan (TBM), kapital dan biaya umum.
Kita gak usah, berbicara anggarannya salah lagi ya. Anggaran yang sudah ada harus dikawal benar-benar sehingga tidak over budget. Bagaimana caranya ?…
Berikut akan dijelaskan satu per satu di masing-masing pekerjaan mayor.

Rekap Biaya Total SLNE sd April 2018 Caturwulan 1
Rekap Biaya Total SLNE sd April 2018 Caturwulan 1

Panen
Dalam pekerjaan panen meliputi : panen (upah panen dan premi panen), pengangkutan hasil panen (internal dan eksternal), peralatan dan sarana panen (peralatan panen, titi panen dan sensus produksi) dan panen lainnya (pengawasan).

Laporan Pertanggung Jawaban Anggaran Panen SLNE sd April 2018 Catur Wulan 1
Laporan Pertanggung Jawaban Anggaran Panen SLNE sd April 2018 Catur Wulan 1

Kunci terpenting agar biaya di panen ini tidak liar kawal benar di output panen dan pengangkutan (transport). Kawal dan monitor pekerjaan panen setiap hari : pastikan output TK panen minimum sama dengan di Anggaran dan biaya pengangkutan tidak melebihi dari anggaran.
Output panen yang baik sangat dipengaruhi : skill TK Panen, ha coverage panen, jumlah TK panen, peralatan kerja yang baik, kondisi akses A2 dan A3 yang baik serta penetapan seksi panen sudah diatur dengan baik. Rasio TK panen termasuk biaya pada kondisi TM homogen : 0,06 + BM 0,01.
Kaitan dengan transport, utamakan menggunakan unit kebun (internal) dan pastikan output angkutan tercapai. Biasanya target angkutan per bulan/unit : 500 – 600 ton/bulan/unit. Jika terpaksa menggunakan unit kontraktor (eksternal) pastikan tidak melebihi biaya angkut yang sudah ditetapkan. Komposisi angkutan internal vs eksternal harus jadi perhatian serius dan dijalankan. Ekstra hati-hati juga memperhatikan dan memonitor output dari BM serta TBS langsir.

Pemeliharaan TSM
Pada mayor pekerjaan pemeliharan TSM, ada beberapa sub account pekerjaan meliputi : pengendalian gulma (pemeliharaan piringan/pasar pikul/TPH manual, pemeliharan piringan/pasar pikul/TPH Chemist, gawangan manual, gawangan chemist, pemberantasan lalang, transportasi air dan transportasi), pemeliharaan pokok, pemeliharaan prasarana, konservasi tanah, pengendalian HPT, pengawasan dan administrasi dan biaya pemupukan.

Laporan Pertanggung Jawaban Anggaran TSM SLNE sd April 2018 Catur Wulan 1
Laporan Pertanggung Jawaban Anggaran TSM SLNE sd April 2018 Catur Wulan 1

Biasanya yang membuat biaya pemeliharaan TSM ini melebihi anggaran disebabkan : banyaknya pekerjaan manual dan insfrastruktur tidak langsung dikerjakan di awal tahun.
Kunci sukses dalam mengendalikan biaya pemeliharaan TSM ini adalah :

  1. Haram melakukan pekerjaan manual. Jika kondisi mengharuskan dilakukan manual, harus persetujuan estate manager.
  2. Kaitan dengan infrastruktur : laterisasi jalan, jembatan, gorong-gorong, box culvert, spiral vipe, dll dilakukan di awal tahun. Jangan menunggu rusak, baru dilakukan perbaikan.
  3. Aplikasi janjang kosong dan tanam Nephrolepis benar-benar dikawal aplikasinya. Pastikan aplikasi janjang kosong ke semua pokok teraplikasi, blok by blok, tidak sporadis. Biaya aplikasi janjang kosong mencapai 600 ribu – 900 ribu/ha. Pengaruh aplikasi janjang kosong dan tanam Nephrolepis tidak langsung dirasakan manfaatnya, namun bersifat jangka panjang.

Rasio TK pemeliharaan pada kebun yang sudah established : 0,04

Biaya Umum
Komponen biaya umum meliputi : biaya karyawan, biaya administrasi dan umum, biaya pemeliharan, biaya pengembangan karyawan, biaya perjalanan dinas dan biaya umum lainnya. Dari komponen di biaya umum yang sering liar di pengembangan karyawan dan pemeliharan.

Laporan Pertanggung Jawaban Anggaran Biaya Umum SLNE sd April 2018 Catur Wulan 1
Laporan Pertanggung Jawaban Anggaran Biaya Umum SLNE sd April 2018 Catur Wulan 1

Biaya pengembangan karyawan sering membengkak : jumlah rekrut karyawan melebihi karyawan. Rekrut karyawan sangat dipengaruhi turn over karyawan yang tinggi. Turn over karyawan tinggi bisa disebabkan : kurangnya fasilitas rumah, kepercayaan karyawan terhadap supervisi masih lemah, hak-hak karyawan sering berkurang, pemondokan yang kotor dan masih banyak yang lain. Kelebihan biaya pengembangan karyawan ini juga bisa disebabkan adanya biaya RTK (Rasionalisasi Tenaga Kerja).
Pada biaya pemeliharaan sering membengkak karena tidak dianggarkan, padahal memang dibutuhkan.
Solusi dalam mengawal biaya umum ini :

  1. Turn over karyawan harus rendah, melalui tindakan : pendekatan ke karyawan, pemondokan yang indah dan sehat, hak-hak karyawan jangan sampai ada yang berkurang, sarasehan rutin, pengajian, gerakan jum’at bersih, dll.
  2. Kaitan dengan perumahan benar-benar dibutuhkan dan berhubungan langsung dengan produktifitas kerja baru bisa diganti atau diperbaiki.

Rasio TK umum pada kebun yang sudah established : 0,03

Rasio TK secara keseluruhan pada kebun yang sudah established : 0,14. Misal jika luasan kebun SLNE 2.233 Ha, jumlah TK keseluruhan : 313 TK (157 TK panen + 89 TK pemeliharaan + 67 TK umum).
Kesemua komponen pekerjaan di atas, agar biaya bisa terkendali :

  1. Pusingan pekerjaan terjaga, alias tidak ada yang terlambat.
  2. Jika kondisi mengharuskan mengurangi jumlah TK, maka harus dikurangi.
  3. Disiplin dan konsisten menjaga jumlah TK di masing-masing kongsi kerja.
  4. Jumlah TK di masing-masing kongsi kerja harus benar-benar sesuai yang dibutuhkan, alias jangan ditarik-tarik untuk pekerjaan lain.
  5. Monitoring dan evaluasi harus dilakukan harian, kemudian rutin melakukan Laporan Pertanggungjawaban Anggaran Bulanan (LPAB) setiap bulan di tingkat divisi.

Semoga bermanfaat

Hasil pencarian yang terkait dengan artikel:

contoh budget perkebunan kelapa sawit (5), APLIKASI MEMBUAT ANGGARAN SAWIT (2), anggaran tahunan perkebunan sawit (1), Cara membuat budget produksi kelapa sawit (1), contoh buku laporan mandor panen kelapa sawit (1), contoh laporan mandor kelapa sawit (1), Menyusun bageting perkebuan sawit (1), pusingan panen kelapa sawit (1), tugas pokok budget dan control kelapa sawit (1)

Sharing is caring!

URL singkat : http://bit.ly/2kqlMO3
The following two tabs change content below.
Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer. Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, PT. Melia Sehat Sejahtera - MLM No 1 di Indonesia dan Reseller beberapa produk terlaris. Hal ini memberikan solusi bagi kawan-kawan yang menginginkan pekerjaan dan sumber penghasilan tambahan. Mau informasi selengkapnya tentang Kami, silahkan lihat [ IdentitasKu ] [ PendidikanKu ] [ PekerjaanKu ] dan dapat dilihat di profil social media Kami. Filosofi : Tidak ada kata GAGAL, yang ada hanya SUKSES atau BELAJAR - Semangat pantang menyerah. Target atau Goal yang sudah dibuat harus diberikan Perhatian, Energi dan Fokus. MAU berubah hidup 180 derajat?. KUASAI Kekuatan pikiran, kekuatan perasaan dan kekuatan spiritual. Perbanyak tindakan #JustDoIt, karena dengan bertindak pasti ada hasil. Sabar, tetap semangat dan maju terus meraih impian. Sukses buat kita semua !. Kami dapat dihubungi di No: 0811 5018 144 - 0812 4844 544 (Telp/WA), eMail : support@impianclub.com.

Latest posts by Budi S @ImpianClub (see all)

Related posts

Silahkan berikan komentar Anda - Pembelajaran Buat Kita Semua

shares
0

Your Cart