Motivasi Tips

Bebas atau Kembali?…

Bebas waktu, bebas finansial, bebas berlibur/melancong dan bebas-bebas yang lain merupakan dambaan atau keinginan bagi semua orang. Hanya saja untuk meraih kebebasan tersebut dibutuhkan keyakinan, kesabaran, belajar, kerja keras dan pengorbanan serta do’a. Robert T. Kiyosaki dalam bukunya CashFlow Quadrant menganjurkan untuk mempercepat pencapaian kebebasan dalam hidup harus berada di sisi kanan kuadran sebagai Pebisnis (B) atau Investor (I).

Namun, dalam realita hidup ini banyak sekali menemui kegagalan jika berpindah ke sisi kanan kuadran, kenapa ya?…

  1. Mental atau sikap belum benar-benar berubah menjadi mental seorang Pebisnis atau Investor. Mental atau sikap kuadran kiri (Employed dan Self Employed) sangat berbeda dengan mental atau sikap yang berada di kanan kuadran. Dibutuhkan kesabaran, latihan dan belajar untuk berpindah ke setiap sisi kuadran.
  2. Kurang berani dalam mengambil keputusan dan minimnya tindakan. Pada prinsipnya, jika peluang ada, silangkan langsung dimanfaatkan peluang tersebut, sepanjang peluang tersebut benar-benar menguntungkan.
  3. Perencanaan belum benar-benar matang dan terlalu ambisius. Setiap kejadian yang ada di muka bumi ini memerlukan proses atau tahapan, lalui proses-proses tersebut dengan penuh tindakan dan kesabaran serta sekaligus menganalisa dan belajar.Jangan terlalu ambisius… memang sich, semuanya ingin cepat…. Cepat kaya, cepat ini dan itu… he he he 🙂
  4. Mudah menyerah atau putus asa. Manusia sebagai makhluk hanya bisa berencana dan berbuat sesuai kemampuannya, namun sudah wewenang Allah menentukan hasilnya. Jika hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan keinginan, jangan langsung menyerah atau putus asa sebaiknya tawakkal kepadaNya serta lakukan… lakukan… lakukan yang terbaik.
  5. Tidak melakukan upgrade diri. Upgrade diri bisa dilakukan dengan belajar dari orang-orang sukses, belajar dari buku atau mengadu kepada Sang Maha Pencipta (kembali kepadaNya).
  6. Minimnya syukur atau do’a. Allah berkata dalam Al Qur’an: “Barangsiapa yang mensyukuri nikmat yang telah Aku berikan pasti Aku tambah, tetapi barangsiapa yang tidak bersyukur, ketahuilah azabKu pedih”. Ini sudah janji Allah… Apapun yang kita dapatkan dalam hidup sudah WAJIB disyukuri walaupun itu manis atau pahit. Jika tidak sesuai harapan (pahit), yakinlah mungkin Allah berkehendak lain. Amiinnn.
Silahkan Baca :  Spirit Investor

Go… go… go… to FREEDOM.
Semoga bermanfaat!!!

Sharing is caring!

The following two tabs change content below.
SWIG CRU VIP Club

Related posts

Silahkan berikan komentar Anda - Pembelajaran Buat Kita Semua

Hosting Unlimited Indonesia
shares
0

Your Cart