[BKCE - Marginal Area] Cross Wise Frond Stacking » ImpianClub.com
BKCE - BGA

[BKCE – Marginal Area] Cross Wise Frond Stacking

Potongan pelepah baik sewaktu kegiatan panen berlangsung atau pada saat melakukan prunning, harus disusun dengan metode ZIG ZAG (Cross Wise Front Stacking). Mungkin, ada yang bertanya : “Kenapa harus ZIG ZAG?…”

Cara susun pelepah dengan metode Zig Zag, Cross Wise Front Stacking
Cara susun pelepah dengan metode Zig Zag, Cross Wise Front Stacking

Dasarnya adalah :

  1. Produktivitas tanah yang rendah (marginal area) perlu tindakan ekstra dan butuh waktu lama untuk memulihkannya. Versi saya : tindakan yang salah yang menyebabkan tanah berubah status menjadi areal marginal LEBIH DITAKUTI jika dibandingkan dengan tindakan salah over prunning. Pemulihan over prunning hanya butuh 1 tahun, sedangkan pemulihan areal marginal butuh waktu BERTAHUN-TAHUN.
  2. Topografi areal bergelombang atau berbukit. Tingkat erosi atau pencucian hara besar sekali di areal seperti ini melalui aliran permukaan (run off). Untuk mengurangi laju aliran air di permukaan tanah, perlu dilakukan tindakan KONSERVASI menyangkut sistem susunan pelepah sangat penting dan perlu diperhatikan. Dalam ilmu KONSERVASI TANAH DAN AIR, untuk mengurangi laju erosi bisa karena ada vegetasi yang menutupi tanah dan menahan atau mengurangi laju air dengan sesuatu. Dalam konteks ini, kami melakukan dengan melakukan SESUATU, pakai pelepah yang sudah dipotong dengan sistem ZIG ZAG. Berdasarkan pembuktian dan penelitian yang sudah dilakukan sistem susun pelepah ZIG ZAG sangat efektif sekali mengurangi laju erosi.
  3. Mengurangi beban tenaga kerja panen atau TK Prunning untuk tidak membuang pelepah hanya pada ke satu tempat. Dengan metode ZIG ZAG ini 3 sisi bagian di seputaran pokok sawit bisa di susun pelepah. Intinya jangan sampai menumpuh.
  4. Berpotensi mengurangi serangan hama terutama tikus. Dengan metode ZIG ZAG ini, peletakan pelepah lebih tersebar dan tidak menumpuk. Mengurangi kesempatan kepada hama tikus untuk tidak bisa membuat rumahnya.
  5. Menjaga kelembaban tanah (RH, Relative Humidity). Ketersediaan air yang cukup membuat tanaman sawit tumbuh jagur dan sehat, karena pada tanah yang lembab ketersediaan hara cukup dan proses metabolisme berjalan maksimal.
  6. Mengurangi terjadinya areal botak (clean weeding), karena sebaran pelepah berpotensi penyebaran bahan organik dari hasil pelapukan pelepah juga lebih merata. Dalam kondisi ini mempermudah vegetasi Nephrolepis atau rumput lunak lebih mudah tumbuh dan berkembang.

Beberapa prinsip susun pelepah metode ZIG ZAG ini :

  1. Tidak boleh menumpuk, harus menyebar.
  2. Pangkal pelepah menghadap ke gawangan mati, sedangkan ujung pelepah menghadap lE pasar pikul. Posisi pelepah harus tengkurap.
  3. Jika terbentur dengan terasan, pelepah disusun di bibir terasan. Jangan disusun di dinding terasan.
  4. Jika pelepah sudah terlalu panjang, disarankan untuk dipotong menjadi dua. Agar pasar pikul tidak tertutup atau piringan yang disebelahnya tidak terganggu.
  5. Jika dilihat dari jalan seolah-olah setiap pasar pikul tertutup, tetapi jika dijalani ternyata BUKAN. Cuma di saat kita lalui, jalan kita seperti ular.

Dengan keseriusan, disiplin dan komitmen yang tinggi – susun pelepah ZIG ZAG ini bukanlah sesuatu hal yang sulit. Orang tua dulu mengatakan “Ala Bisa Karena Biasa”.

Demikian, Semoga bermanfaat !
Kami bukan menciptakan taman di areal, tetapi kami menciptakan kebun yang standard dengan produktivitas yang tinggi dan kualitas kerja prima (Excellent).

Sharing is caring!

URL singkat : http://bit.ly/1Opbmtq
The following two tabs change content below.
Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer. Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, PT. Melia Sehat Sejahtera - MLM No 1 di Indonesia dan Reseller beberapa produk terlaris. Hal ini memberikan solusi bagi kawan-kawan yang menginginkan pekerjaan dan sumber penghasilan tambahan. Mau informasi selengkapnya tentang Kami, silahkan lihat [ IdentitasKu ] [ PendidikanKu ] [ PekerjaanKu ] dan dapat dilihat di profil social media Kami. Filosofi : Tidak ada kata GAGAL, yang ada hanya SUKSES atau BELAJAR - Semangat pantang menyerah. Target atau Goal yang sudah dibuat harus diberikan Perhatian, Energi dan Fokus. MAU berubah hidup 180 derajat?. KUASAI Kekuatan pikiran, kekuatan perasaan dan kekuatan spiritual. Perbanyak tindakan #JustDoIt, karena dengan bertindak pasti ada hasil. Sabar, tetap semangat dan maju terus meraih impian. Sukses buat kita semua !. Kami dapat dihubungi di No: 0811 5018 144 - 0812 4844 544 (Telp/WA), eMail : support@impianclub.com.

Related posts

Silahkan berikan komentar Anda - Pembelajaran Buat Kita Semua

shares
0

Your Cart