BKCE - BGA

[BKCE – Simulasi Riset] Pengendalian Kumbang Tanduk dengan Furadan 3 GR

Bentuk Furadan 3 G
Bentuk Furadan 3 G

Kumbang tanduk merupakan serangga (insect) yang bisa merugikan dalam usaha perkebunan kelapa sawit. Jika serangan sudah mencapai di atas 5% atau sudah melewati ambang batas, harus dikendalikan segera. Sampel yang harus diambil untuk melihat serangan yang terjadi minimal 10% dari populasi atau luasan yang ada. Dalam pengambilan sampel harus di random (acak). Sewaktu sensus yang dilist adalah SERANGAN BARU.

Serangan kumbang tanduk (Oryctes rhinocheros) dapat mematikan tanaman, bisa dilihat matinya pupus (daun tombak).

Penyebab

Munculnya kumbang tanduk, bisa disebabkan:

  • Kebersihan areal yang tidak terjaga, terlalu botak (clean weeding) atau terlalu semak. Idealnya areal harus berada dalam kondisi RINGAN dan STANDARD.
  • Kemasan Furadan 3 G
    Kemasan Furadan 3 G
  • Masih banyaknya bekas-bekas tunggul kayu atau tumpukan kayu di simpukan, pekerjaan sewaktu Land Clearing yang kurang standard.
  • Tumpukan Janjang Kosong yang ada di areal banyak dan lama di aplikasi. Jankos ini tempat yang paling disukai oleh imago kumbang untuk meletakkan telur-telurnya. Jankos yang sudah lama merupakan sumber Oryctes.
  • Pengendalian atau Pemberantasan

    Pengendalian atau pemberantasan kumbang tanduk dapat dilakukan : kutip manual di tumpukan Jankos, secara biologi (pakai Jamur Metharrizium dan secara kimiawi (pakai Furadan 3 G dan pakai ferotrap feromon). Cuma, yang saya bahas di sini hanya menggunakan insektisida Furadan (kimiawi). Dasarnya adalah setelah dilakukan sensus, serangan baru, Oryctes sudah melewati ambang batas (>5%).

    Serangan kumbang tanduk
    Serangan kumbang tanduk

    Tahapan Pekerjaan

    • Lakukan sensus deteksi dini dengan mengambil sampel minimal 10%.
    • Jika dari hasil sensus, ternyata serangan baru sudah mencapai lebih dari 5%, maka wajib diberantas atau dikendalikan dengan segera.
    • Until Furadan sebanyak 20 g per untilan, tujuannya agar lebih efektif di lapangan sewaktu aplikasi berlangsung.
    • Jika ditemukan pokok yang sudah tinggi, dapat menggunakan galah bambu. Untuk lebih mempermudah sensus serangan, sebaiknya pokok aplikasi diberi tanda CAT.
    • Setelah 2 minggu disensus kembali, pada pokok-pokok yang sudah diaplikasi Furadan sebelumnya.
    • Cara Aplikasi Furadan pada Pokok yang Tinggi
      Cara Aplikasi Furadan pada Pokok yang Tinggi
    • Jika setelah sensus, masih ditemui serangan baru, maka aplikasi Furadan tetap diberikan. Beda antara serangan baru atau lama, bisa dibedakan dari BEKAS GERETAN dan KOTORAN.

    Tindakan pencegahan terbaik : percepat aplikasi Jankos dan sekaligus kutip manual jika ditemui larva Oryctes.

    Mengenai Furadan : Insektisida/Nematisida sistemik, berbentuk butiran (granular, berwarna hitam, per kemasan cenderung 1 kg.

    Semoga bermanfaat!
    Salam Planters : “Jangan pulang sebelum pergi” dan “Just do it”.

    Hasil pencarian yang terkait dengan artikel:

    insektisida untuk kumbang tanduk (1), kekuatan kumbang tanduk (1)

    Sharing is caring!

    URL singkat : http://bit.ly/1J90NrX
    The following two tabs change content below.
    Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer. Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, PT. Melia Sehat Sejahtera - MLM No 1 di Indonesia dan Reseller beberapa produk terlaris. Hal ini memberikan solusi bagi kawan-kawan yang menginginkan pekerjaan dan sumber penghasilan tambahan. Mau informasi selengkapnya tentang Kami, silahkan lihat [ IdentitasKu ] [ PendidikanKu ] [ PekerjaanKu ] dan dapat dilihat di profil social media Kami. Filosofi : Tidak ada kata GAGAL, yang ada hanya SUKSES atau BELAJAR - Semangat pantang menyerah. Target atau Goal yang sudah dibuat harus diberikan Perhatian, Energi dan Fokus. MAU berubah hidup 180 derajat?. KUASAI Kekuatan pikiran, kekuatan perasaan dan kekuatan spiritual. Perbanyak tindakan #JustDoIt, karena dengan bertindak pasti ada hasil. Sabar, tetap semangat dan maju terus meraih impian. Sukses buat kita semua !. Kami dapat dihubungi di No: 0811 5018 144 - 0812 4844 544 (Telp/WA), eMail : support@impianclub.com.

Related posts

Silahkan berikan komentar Anda - Pembelajaran Buat Kita Semua

shares
0

Your Cart