Cara Menanamkan Kebersamaan dan Melatih Fokus di Team Keamanan BKCE

SatPam… Luar biasa !!!
Ungkapan ini yang selalu digaungkan oleh team keamanan. SatPam merupakan Garda terdepan dalam bisnis perkebunan, seyogyanya harus punya SKILLS Standard sebagai SatPam. Namun, sering sekali terjadi jauh dari harapan. Perlu dilakukan upaya serius untuk membentuk pribadi SatPam yang mumpuni melalui tindakan pelatihan-pelatihan SATPAM, misal : pelatihan PBB, pelatihan Bela Diri, peragaan tongkat, Diksar dan Briefing Mingguan.
Permainan sederhana bisa meningkatkan FOKUS dan KEBERSAMAAN
Nah… Briefing Mingguan kali ini, Sabtu 16 Januari 2016 mulai pukul 07.15 WIB di Ruang Meeting Estate BKCE yang dipandu oleh Bapak Budi Siregar (Estate Manager BKCE). Pola Briefing selama bulan Januari 2016 ini berbeda dengan sebelumnya “Fokus pembinaan mental, kejujuran, kebersamaan dan melatih fokus”.

Dalam Briefing ini dibuatkan oleh Pemandu dalam bentuk “Permainan Sederhana” dengan permainan Angka. Pertanyaan : Berapa jumlah angka pada kata SECURITY dan SATPAM?… Menyelesaikan soal ini dibentuk 2 kelompok.

Tahap I : Waktu penyelesaian soal 60 detik. Jika kelompok tersebut tidak bisa menjawab diberikan hukuman permainan mengepal tangan, sekaligus meremas-remas, memejamkan mata, kedua tangan menghadap ke atas dan membayangkan sesuatu yang indah. Detik2 waktu berakhir harus mengeluarkan kata-kata Accchhhhhhh….. (waktu 2 menit).

Tahap II : Waktu penyelesaian soal 30 detik (kerja team). Jika belum bisa menjawab diberikan hukuman permainan : saling berhadapan (pasangan), kedua tangan dikepal dan diarahkan ke susu temannya begitu juga temannya, dipejamkan mata, diremas-remas dan merasakan sesuatu sensasi luar biasa. Detik2 waktu berakhir harus mengeluarkan kata-kata Accchhhhhhh….. (waktu 2 menit).

Tahap III : Waktu penyelesaian soal 15 detik (kerja team). Jika belum bisa dijawab juga, tetap diberikan hukuman permainan. Cuma yang membedakan dengan tahap 2 bukan susunya yg diremas2, tetapi puting susunya yang di elus-elus. (waktu tetap 2 menit).

Silahkan Baca :  Akar Masalah (root cause factor) Adanya Buah Mentah (unripe) dan Buah Janjang Kosong (empty bunch) Terkirim ke PKS

Tahap IV (terakhir) : Waktu penyelesaian soal hanya 7 detik. Jika masih belum terjawab juga, tetap hukuman Game Sederhana dengan cara “membuka dua telapak tangan — telunjuk kiri diletakkan di telapak kanan teman — sambung menyambung”, kemudian dibuatkan cerita. Jika ada kata “kucing”, telunjuk harus dilepas. (Waktu tetap 2 menit).

Sisi positif dari permainan-permainan sederhana di atas “beban kerjaan terkurangi, lebih rileks, lebih kompak, lebih fokus dan lebih menerima di saat salah – siap untuk diberikan hukuman.

Fokus BKCE di team Keamanan “Menciptakan Security Handal, Disiplin, Berani dan Jujur”.

Semoga bermanfaat !

Sharing is caring!

URL singkat : http://bit.ly/1ODTCaI
Cara Menanamkan Kebersamaan dan Melatih Fokus di Team Keamanan BKCE
The following two tabs change content below.
SWIG CRU VIP Club

Satu tanggapan pada “Cara Menanamkan Kebersamaan dan Melatih Fokus di Team Keamanan BKCE

  1. Tindakan yang dikakukan untuk pembinaan di team Security BKCE :
    1. PBB dan bela diri, dilakukan setiap hari Rabu jam 15.00 – 17.00 WIB
    2. Senan dan Briefing rutin mingguan, dilakukan setiap hari Sabtu jam 06.00 WIB s/d selesai.
    Garis koordinasi dan instruksi serta evaluasi secara harian tetap dilakukan. Ketegasan dalam bertindak harus dilakukan, tanpa membeda-bedakan.

    Demikian, tksh.

  2. Jagoan Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia
Kembali ke Atas
shares
0

Your Cart

%d blogger menyukai ini: