Kultur Teknis

Cara Pemberantasan Gulma #Ideal di Perkebunan Kelapa Sawit

Salam Planters! Semangat pagi…

Gulma
Gulma adalah tumbuhan yang tidak diinginkan keberadaannya dengan tanaman utama dalam suatu areal yang diusahakan.

Jenis Gulma
Gulma sebagai tumbuhan yang beraneka ragam dikelompokkan berdasarkan:

Koordinator Asisten BSS, Bpk Edward Parulian Manurung sedang memberikan arahan sebelum berangkat ke lapangan
Koordinator Asisten BSS, Bpk Edward Parulian Manurung sedang memberikan arahan sebelum berangkat ke lapangan

Gulma lunak (berdaun sempit): tumbuhan yang tidak berkayu atau tidak ada jaringan berkayu (xylem). Contoh dari gulma ini: rumput paitan (Paspalum conjugatum), babadotan (Ageratum conyzoides), dll.

Gulma berkayu (berdaun lebar): tumbuhan yang memiliki jaringan kayu atau lapisan keras pada bagian batangnya. Contoh dari jenis gulma ini: senduduk (Melastoma malabatricum), putihan (Eupatorium odoratum), dll.

Strategi Pemberantasan
Strategi pemberantasan gulma harus memperhatikan jenis gulma: Apakah gulma lunak, gulma berkayu atau ada/tidak lapisan lilin pada permukaan daunnya. Selain jenis gulma juga perlu diperhatikan dominansi gulma.
Gulma lunak biasanya diberantas dengan herbisida systemik, sedangkan gulma berkayu dan pada permukaan daun ada lapisan lilin diberantas dengan herbisida paraquat.

Pemberantasan gulma dapat dilakukan secara manual, kimiawi, biologi dan mekanis. Untuk menghemat biaya dan percepatan pemberantasan gulma secara umum dilakukan secara kimiawi, namun cara ini berpotensi terjadi pencemaran lingkungan dan keracunan pada tenaga kerja aplikasi.

Team BSS SLNE
Team BSS SLNE

Secara biologi tidak mencemari lingkungan namun perlu tenaga ahli khusus untuk mengembangbiakkan predator atau musuh biologi gulma serta pemberantasan gulma memakan waktu yang lama. Lingkungan dan jenis gulma juga mempengaruhi perkembangbiakan musuh biologi ini.

Secara manual, jarang sekali digunakan karena memerlukan biaya yang mahal. Pemberantasan gulma ini menggunakan tenaga manusia.

Secara mekanis, selain menggunakan tenaga manusia sebagai operator juga menggunakan peralatan yang menyangkut mesin. Alat yg digunakan biasa mesin pemotong rumput (Hand Slasher), Rotary Slasher menggunakan traktor.

Silahkan Baca :  Konsep Pembuatan Embung pada Palungan

Selektif weeding dan selektif spraying cara yang paling tepat, karena menyesuaikan kondisi di lapangan, percepatan pemberantasan, biaya yang terkendali, minimum pencemaran lingkungan.

Semoga bermanfaat!

SMS/WA 08115018144

Mau tau cara Pemberantasan Gulma #Ideal !

Hasil pencarian yang terkait dengan artikel:

gulma berdaun lilin (1), gulma lapisan lilin (1)

Sharing is caring!

The following two tabs change content below.
SWIG CRU VIP Club

Related posts

Silahkan berikan komentar Anda - Pembelajaran Buat Kita Semua

Hosting Unlimited Indonesia
shares
0

Your Cart