BGA News Informasi Perkebunan Kelapa Sawit

Fokus Kerja 2017, Manajemen Pemupukan Ekselen

Salam planters !
Pemupukan yang baik ada di baik ada di bawah telapak kaki planter, Setuju gak !
Seorang planters harus mengatakan sangat setuju. Mengapa ?… karena pekerjaan pemupukan merupakan pekerjaan membuat buah, biaya tinggi dan jika salah dalam melakukan aplikasi tidak bisa pupuknya dikutip kembali, kemudian diaplikasikan. Makanya dalam pemupukan dikenal Zero Tolerance alias tidak diberikan toleransi di saat aplikasinya salah. Target kualitas dalam pemupukan harus ekselen.

Piezometer SLNE
Piezometer SLNE

Untuk mendapatkan ekselen pemupukan, perlu dilakukan :

  1. Sebelum aplikasi perlu diperhatikan sekuen pemupukan dan kondisi areal yang hendak di pupuk (tidak semak, tidak under prunning dan tidak banjir).
  2. Prepare pupuk sebelum diaplikasikan (diuntil, dikelompokkan untilan berdasarkan kebutuhan, di gudang ada papan until sesuai kebutuhan).
  3. Ada TPP dan plank TPP. Gunanya saat pengeceran pupuk di lapangan mempermudah menghitung jumlah untilan pada masing-masing TPP.
  4. Diperlukan KKP (Kelompok Kerja Pemupukan). 1 KKP beranggotakan 1 TK pelangsir + 2 TK penabur, ada team until dan ada team BM pupuk.
  5. Jumlah untilan yang dikeluarkan dari Gudang harus sama dengan jumlah eks karung untilan yang dikembalikan ke Gudang Until.
  6. Di saat aplikasi dilakukan secara serempak : semua pokok terpupuk dan harus tepat dosis, tepat cara, tepat sasaran, tepat waktu dan tepat administrasi (5T).
  7. Tenaga aplikasi harus punya skill, makanya Genk kerja pemupukan tidak boleh diganti-ganti.
  8. Ada bukti check yang dilakukan oleh Mandor pupuk, Mandor 1 dan Asisten.
  9. Diberikan tindakan tegas kepada tenaga kerja yang melakukan pelanggaran, ini dimonitoring secara disiplin.
  10. Blok yang dipupuk tidak boleh berpencar-pencar harus selesai satu blok dulu baru bisa pindah ke blok yang lain.
  11. Menggunakan takaran yang seragam sesuai dengan takaran yang sudah dikalibrasi untuk dosis per pokok. Beda jenis pupuk, beda juga takaran pupuk yang digunakan, karena dosisnya berbeda. Makanya di setiap takaran di berikan label (jenis pupuk dan dosis per pokok). Membuat takaran bisa dari pipa paralon.
  12. Tenaga kerja memakai APD (Alat Pelindung Diri), sehingga di saat bekerja mereka bebas dari kontaminasi bahan kimia pupuk dan aman dalam melakukan pekerjaan.
  13. Ada rumah BMS sebagai tempat administrasi pemupukan, mengembalikan APD setelah dicuci dan dikelompokkan di rak-rak peralatan kerja sesuai dengan penomoran yang sudah ditentukan.
  14. Saat proses aplikasi pupuk dilaporkan blok mana yang sudah dipupuk dan dilampirkan bukti pemeriksaan yang sudah dilakukan, sehingga bisa dilakukan evaluasi untuk pemupukan lanjutan.
  15. Rencana pemupukan harus dibuat, untilan pupuk sudah disiapkan sesuai kebutuhan.
  16. Perhatikan pupuk Antagonis. Antagonis ini bisa dihindari, jika disiplin menjalankan sequence pemupukan yang sudah dibuat.
  17. Perhatikan keamanan di saat pemupukan berlangsung, jangan sampai ada yang di curi. Pada areal rawan, perlu dilakukan penambahan pengawalan team security.
  18. Pemupukan yang baik, harus mampu meningkatkan produksi sampai 20%.

Demikian disampaikan, semoga bermanfaat !

#ZeroTollerance
#5THarusDiterapkan

Sharing is caring!

URL singkat : http://bit.ly/2ku3R86
The following two tabs change content below.
Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer. Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, PT. Melia Sehat Sejahtera - MLM No 1 di Indonesia dan Reseller beberapa produk terlaris. Hal ini memberikan solusi bagi kawan-kawan yang menginginkan pekerjaan dan sumber penghasilan tambahan. Mau informasi selengkapnya tentang Kami, silahkan lihat [ IdentitasKu ] [ PendidikanKu ] [ PekerjaanKu ] dan dapat dilihat di profil social media Kami. Filosofi : Tidak ada kata GAGAL, yang ada hanya SUKSES atau BELAJAR - Semangat pantang menyerah. Target atau Goal yang sudah dibuat harus diberikan Perhatian, Energi dan Fokus. MAU berubah hidup 180 derajat?. KUASAI Kekuatan pikiran, kekuatan perasaan dan kekuatan spiritual. Perbanyak tindakan #JustDoIt, karena dengan bertindak pasti ada hasil. Sabar, tetap semangat dan maju terus meraih impian. Sukses buat kita semua !. Kami dapat dihubungi di No: 0811 5018 144 - 0812 4844 544 (Telp/WA), eMail : support@impianclub.com.

Latest posts by Budi S @ImpianClub (see all)

Related posts

Silahkan berikan komentar Anda - Pembelajaran Buat Kita Semua

shares
0

Your Cart