Fokus Kerja 2017, Pemenuhan Tenaga Kerja Panen Tersedia Sepanjang Tahun

Pemenuhan tenaga kerja panen sebagai eksploitir dalam evakuasi TBS sangat penting diperhatikan ketersediaannya berada dalam jumlah yang cukup sesuai dengan jumlah ancak panen yang sudah ditentukan. Tenaga panen yang cukup sangat menunjang dalam hal :

  • Penuntasan luasan panen per hari yang dibagi dalam 6 seksi panen (kadvel panen). Pembagian 6 seksi panen mengacu kepada jumlah hari kerja efektif dalam seminggu, Ha cover optimal per tenaga kerja/hari, luasan areal produksi, potensi produksi per seksi dan stabilitas produksi harian.
  • Minimalisasi losses. Ha panen yang standard, yang dikaitkan dengan output standard per pemanen dan jam kerja efektif dalam satu hari (7 jam) sangat menentukan besar atau kecilnya loses yang akan terjadi. Jika semua ini sudah diasumsikan standard, sudah seyogyanya tenaga kerja dalam melakukan pekerjaannya tidak terburu-buru, sehingga kualitas kerja bisa dijaga. Pekerjaan corrective/progressive prunning (canopy management) bisa langsung dilakukan pada saat panen berlangsung.
  • IOM Genk Kerja BGA Tahun 2017
    IOM Genk Kerja BGA Tahun 2017

  • HK Non efektif karyawan bisa lebih rendah, HKNE dalam hal ini sakit. Kemampuan orang bekerja, jika melebihi rata-rata, berpotensi tenaga kerja tersebut jumlah hari sakitnya lebih banyak. Jika tenaga kerja yang bersangkutan sakit, sudah barang tentu dia tidak bekerja perusahaan harus tetap membayar HKnya.
  • Turn Over Karyawan bisa lebih kecil. Bekerja pada hari-hari tertentu lebih dari rata-rata ini sih tidak terlalu masalah, tetapi jika bekerja setiap hari di luar rata-rata, berpotensi membuat mereka tidak betah. Ketidakbetahan mereka bisa disebabkan kurangnya kepedulian ke keluarga, menguras tenaga, kurang rileksasi – karena setiap hari pulangnya terlalu sore. Begitu sampai di rumah, langsung tidur… ini kenyataan.
  • Estetika kebun. Blok standard bisa lebih cepat dibuat, jika salah satu kongsi kerja panen cukup jumlahnya. Tidak ada pokok under prunning/over prunning, susu pelepah zig zag, brondolan dikutip bersih, akses A2 dan A3 selalu ringan, dll.
  • Pemerataan tugas dan tanggung jawab ke tenaga kerja panen sendiri dan supervisinya. Jelas donk, karena mereka dikasih tugas dan tanggung jawab dalam batasan kewajaran (pasti mereka mampu).
  • Proses evakuasi TBS bisa lebih cepat, sehingga KanBan TBS bisa diatur ritmenya. Karena tidak ada ancak yang kosong, proses pengantrian TBS di TPH serempak.
  • Sistem BHS lebih mudah diimplementasikan. Mapping tenaga kerja dalam KKPnya lebih mudah ditentukan.
  • Intinya : tenaga kerja panen harus dicukupi minimal sama dengan jumlah ancak panen. Untuk mengantisipasi bisa juga dibuat backup 5% – 10%, tergantung rata-rata HKNE yang terjadi dalam setiap bulannya. Gunanya backup TK panen ini, jika ada karyawan ada yang sakit, mangkir dan ijin. Sehingga bisa langsung digantikan dengan tenaga backup, semua ancak terisi.

    Implementasi penggantian tenaga backup ini pada saat apel pagi dengan karyawan (Apel Pagi Tahap II), Asisten langsung mengambil keputusan digantikan dengan tenaga backup yang ada, jika ada yang kosong ancaknya. Rencana kerja yang sudah dibuat diupdate kembali aktual tenaga kerjanya (RKH Model baru).

Oh ya… hampir lupa.
Dalam merekrut tenaga kerja panen, sering mengalami kendala :

  1. Tingginya persaingan dengan perusahaan lain.
  2. Keahlian tenaga yang direkrut masih minim skillnya di panen.
  3. Istri bekerja atau tidak. Family system bisa diterapkan, jika ditemui kendala ini. Atau istri dipekerjakan di pekerjaan borongan Aplikasi Janjang Kosong.
  4. Mahalnya ongkos rekrut.
  5. Permainan agen yang merekrut.

Semoga bermanfaat !

Excellence Through Discipline

Sharing is caring!

URL singkat : http://bit.ly/2k3bhSd
Fokus Kerja 2017, Pemenuhan Tenaga Kerja Panen Tersedia Sepanjang Tahun
Silahkan Baca :  Langkah Nyata Gerakan Efisiensi di Perkebunan Kelapa Sawit
SWIG CRU VIP Club

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia
Kembali ke Atas
shares
0

Your Cart