Tausiah Agama

Haramnya Istri Minta Cerai Tanpa Alasan yang Dibenarkan.

( RUMAH – TANGGA ) HARAMNYA ISTRI MINTA CERAI TANPA ALASAN YANG DIBENARKAN.

Cerai Jalan Terakhir

Pada dasarnya, seorang wanita (istri) haram meminta (menuntut) cerai terhadap suaminya kecuali adanya sebab yang dibenarkan; seperti perlakuan suami yang buruk terhadap dirinya -tidak mencukupkan nafkahnya, suka memukul dan menganiaya, dan semisalnya- atau tidak ada rasa suka dalam dirinya terhadap suaminya sehingga membuatkan takut akan menelantarkan hak-hak suami. Meminta cerai tanpa ada alasan yang dibenarkan syariat termasuk dosa besar yang wajib dijauhi dan ditinggalkan istri muslimah.

Diriwayatkan dari Tsauban Radhiyallahu ‘Anhu ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

أَيُّمَا امْرَأَةٍ سَأَلَتْ زَوْجَهَا طَلاقًا فِي غَيْرِ مَا بَأْسٍ فَحَرَامٌ عَلَيْهَا رَائِحَةُ الْجَنَّة

“Siapa saja wanita yang meminta (menuntut) cerai kepada suaminya tanpa alasan yang dibenarkan maka diharamkan bau surga atas wanita tersebut.” (HR. Abu Dawud, Al-Tirmidzi, dan Ibnu Majah.

Dishahihkan Shahih Abi Dawud) Asy Syaikh Abu At-Toyyib Al’Adziim Aabaadi, “Yaitu tanpa ada kondisi mendesak memaksanya untuk meminta cerai…((Maka haram baginya bau surga)) yaitu ia terhalang dari mencium harumnya surga, dan ini merupakan bentuk ancaman dan bahkan bentuk mubaalaghoh (berlebih-lebihan) dalam ancaman, atau terjadinya hal tersebut pada satu kondisi tertentu yaitu artinya ia tidak mencium wanginya surga tatkala tercium oleh orang-orang yang bertakwa yang pertama kali mencium wanginya surga, atau memang sama sekali ia tidak mencium wanginya surga. dan ini merupakan bentuk berlebih-lebihan dalam ancaman” (‘Aunul Ma’buud 6/308).

Ringkasnya, bahwa istri berkewajiban mentaati suaminya dan memberikan pelayakan yang baik kepadanya. Tidak boleh meminta pisah darinya tanpa ada alasan yang dibenarkan syariat dan tanpa ada bahaya yang bisa mengancamnya. Jika karena sang istri punya Pria Idaman Lain (PIL) lalu ia menggugat cerai suaminya maka ia telah melakukan dosa besar dan diancam dengan kehinaan di akhirat; tidak akan mencium bau surga. Para lelaki pun tidak dianjurkan untuk langsung beranjak ke jenjang perceraian kecuali setelah berusaha dan berusaha…, baik berusaha menasehati istri, atau melalu jalur islah (usaha damai) dari perwakilan dari dua belah pihak dan usaha-usaha yang lainnya.

Kemudian jika mereka menta’atimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. an-Nisaa`:34). Demikian juga tatkala seorang lelaki hendak mencerai, maka ia tidak boleh mencerai tatkala sang istri sedang haid, atau tatkala sang istri telah bersih/suci akan tetapi ia telah menjimaknya. Bila ternyata sang istri mendapati sikap buruk pada sang suami maka syari’at membolehkan kepada sang wanita untuk melakukan khulu’ yaitu meminta suami untuk memutuskan akad pernikahan. ( Cerai Jalan terakhir, Utamakan perbaikan ) Sesungguhnya Allah subhanahuwata’ala mensyari’atkan perdamaian di antara suami istri dan melakukan beberapa langkah pemecahan yang bisa menyatukan yang retak dan menyingkirkan hantu perceraian. Diantaranya: memberi nasehat, tidak berhubungan badah (hajr), dan pukulan yang ringan apabila nasehat dan hajr tidak berguna, sebagaimana firman Allah subhanahuwata’ala: “Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang) dan (bila perlu) pukullah mereka.

Dan di antaranya: mengutus dua hakim (perwakilan) dari keluarga pihak suami dan keluarga pihak istri -ketika terjadi pertengkaran di antara keduanya- untuk mendamaikan di antara pasangan suami istri, sebagaimana dalam firman Allah subhanahuwata’ala: “Dan jika kamu khawatirkan ada persengketaan antara keduanya, maka kirimlah seorang hakam dari keluarga laki-laki dan seorang hakam dari keluarga perempuan. Jika kedua orang hakam itu bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami-isteri itu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. an-Nisaa`:35).

Kita sebagai seorang muslim janganlah terlalu mudah untuk mengatakan cerai dan menuntut perceraian. Jalankanlah kehidupan berumah tangga dengan niat karena Allah dan untuk menggapai ridha Allah, satukanlah visi yang ingin dicapai dalam kehidupan rumah tangga bersama pasangan. Karena tidak mungkin menjalankan kehidupan berumah tangga dengan visi yang berbeda antara suami dan istri. Komunikasi dan dialog sangat penting dalam membangun hubungan antara suami dan istri, jadikanlah pasangan kita sebagai orang terdekat tempat berbagi cerita, tempat berbagi resah. Jangan sampai kita malah berbagi cerita dengan orang lain yang belum tentu amanah dan malah membuka aib atau menjadi ghibah. Mari saudaraku kita perkuat ikatan keluarga dan bangun rumah tangga yang memberikan ketentraman, kenyamanan dan penuh kasih sayang. Semoga yang membaca ini jamaah sekalian dilanggengkan rumah tangganya, berlimpah Rahmat dan sakinah atas semua keluarganya, Aamiin Yaa Robbal ‘alamiin…

Sumber: Ust. Yusuf Mansur Network

Motivasi hari ini:
Ketika Anda berkata bahwa sebuah situasi atau seseorang tak lg memiliki Harapan, sesungguhnya Anda telah membanting pintu di hadapan Tuhan#TDW

Gabung Sekarang di Support System PayTren ImpianClub
URL singkat : http://bit.ly/1HJTLJy
The following two tabs change content below.
Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer. Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, PT. Melia Sehat Sejahtera - MLM No 1 di Indonesia dan Reseller beberapa produk terlaris. Hal ini memberikan solusi bagi kawan-kawan yang menginginkan pekerjaan dan sumber penghasilan tambahan. Mau informasi selengkapnya tentang Kami, silahkan lihat [ IdentitasKu ] [ PendidikanKu ] [ PekerjaanKu ] dan dapat dilihat di profil social media Kami. Filosofi : Tidak ada kata GAGAL, yang ada hanya SUKSES atau BELAJAR - Semangat pantang menyerah. Target atau Goal yang sudah dibuat harus diberikan Perhatian, Energi dan Fokus. MAU berubah hidup 180 derajat?. KUASAI Kekuatan pikiran, kekuatan perasaan dan kekuatan spiritual. Perbanyak tindakan #JustDoIt, karena dengan bertindak pasti ada hasil. Sabar, tetap semangat dan maju terus meraih impian. Sukses buat kita semua !. Kami dapat dihubungi di No: 0811 5018 144 - 0812 4844 544 (Telp/WA) atau via eMail : support@impianclub.com.
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Silahkan berikan komentar Anda - Pembelajaran Buat Kita Semua

0

Your Cart