Info Kesehatan

Manfaat Nanas Buat Kesehatan

Jakarta, sebagai masyarakat yang hidup di negara beriklim tropis, tentu kita sangat akrab dengan buah Nanas. Bukan hanya manis dan segar, nanas memiliki kandungan enzim yang bermanfaat untuk banyak hal dalam kehidupan, mulai dari untuk mengempukkan daging, sampai untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Enzim tersebut itu adalah enzim pemecah protein bernama enzim Bromealin.

Buah Nanas Segar
Buah Nanas Segar
“Ada banyak manfaat nanas, untuk meredakan inflamasi, penyembuhan luka (post operative atau luka bakar), menaikkan serapan obat antibiotik, hingga antivirus yang kini masih diuji lebih jauh,” ungkap Tutun Nugraha, PhD,

Direktur Center CHMI (Comprehensive Herbal Medicine Institute), Surya University, Indonesia, saat livechat detikforum di kantor detikcom, Jl. Warung Jati Barat Raya 75, Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Bromealin, imbuh Tutun, juga telah diketahui mengurangi pengentalan darah dengan mencegah platelet darah beragregasi dan menyebabkan pengentalan/penyumbatan. Jadi bisa mengurangi resiko stroke, terutama pada penderita kolesterol tinggi, penyumbatan pembuluh darah dan diabetes. Selain itu, bromealin juga mampu menurunkan kemampuan E. coli seperti sakit pada saluran pencernaan/diare dapat dikurangi.

“Bila ditujukan untuk pengobatan, justru nanas yang masih agak hijaulah yang terbaik, karena kandungan enzim bromealin-nya yang tertinggi. Terutama perlu diperhatikan, enzim itu terutama ada di bonggolnya sekitar 65 persen, dan sisanya (35 persen) ada pada dagingnya yang biasa kita makan,” papar Tutun.

Cara mengkonsumsi nanas inipun beragam. Mulai dari memakannya langsung atau membuatnya menjadi jus. Bila kurang menyukai rasa asamnya, Tutun menyarankan untuk menambahkannya dengan gula pasir. Namun Tutun tidak menyarankan memasak. Salam.

Semoga bermanfaat.

Gabung Sekarang di Support System PayTren ImpianClub

Sharing is caring!

The following two tabs change content below.
Silahkan Baca :  Mengapa Yodium Ditambahkan ke dalam Garam?
SWIG CRU VIP Club

Related posts

One Thought to “Manfaat Nanas Buat Kesehatan”

  1. Yeng Li

    Wah ternyata yang baik dari Nanas itu bagian batangnya ya… Makasih atas infonya, bermanfaat sekali.

  2. Jagoan Hosting

Silahkan berikan komentar Anda - Pembelajaran Buat Kita Semua

Hosting Unlimited Indonesia
shares
0

Your Cart