Critical Point Produktifitas Unit Dump Truck

Unit dump truck CMNT
1 0

Critical Point Produktifitas Unit Dump Truck

Yth. Bapak Budi Siregar Selaku Area Controller Region 1.

Berikut saya sampaikan mengenai Critical Point Produktifitas Unit Dump Truck di Central Mentaya Traksi .

Rabu, 3 juni 2020.

Lokasi Workshop CMNT.

Pada kali ini penulis mendapat kesempatan untuk melakukan OJT (on the job training) di Central Mentaya Traksi Wilayah 1 BGA di Metro Mentaya Provinsi Kalimantan Tengah. Penulis akan membahas  tentang Critical Point produktifitas unit dump truck pada Traksi CMNT.

Pada Perusahaan kelapa sawit salah satu hal yang perlu di perhatikan adalah transportasi dimana transportasi di butuhkan untunk mengangkut buah yang telah di panen dan siap di olah dari kebun ke pabrik pengolahan kelapa sawit di BGA sendiri terutama Traksi menggunakan unit dump truck.

Foto unit Dump Truck Traksi CMNT

Dump truck yang di gunakan di Traksi CMNT adalah rata-rata berjenis Mitsubishi canter PS 125  yang  berjumlah total unit dump truck adalah 58 yang terbagi untuk mengangkut beberapa jenis angkutan antara lain:

  1. TBS (Tandan Buah Segar) atau buah sawit yang baru di panen.
  2. Laterite
  3. Janjangan kosong.
  4. Lain lain.

Dari beberapa item jenis angkutan tersebut angkutan utama unit dump truck adalah untuk mengangkut TBS kebutuhan unit untuk mengangkut TBS dapat di analisa dari Taksasi atau jumlah perkiraan panen  yang di peroleh ,jarak antara kebun dengan pabrik ,waktu muat dan bongkar, kondisi medan atau jalan yang di lalui karena mempengaruhi kecepatan dari dump truck.

Muatan yang di bolehkan oleh Managemen BGA adalah Maksimal 6,5 ton atau 6500 kg, sehingga misalkan perkiraan panen terdapat 65 ton dengan jarak tempuh 10 km dan waktu muat yang di butuhkan untuk 1 trip adalah 2 jam dan karena medan yang di lalui cukup terjal kecepatan rata rata dump truck adalah 25 km/jam dengan asumsi waktu bongkar 10 menit dan waktu inefficient 15 menit asumsi waktu kerja 10 jam di dapat 1 unit mampu menyelesaikan 3 ritase dalam 1 hari kerja sehingga di butuhkan 3 unit untuk memenuhi target .

Untuk kaliberasi waktu yang di butuhkan untuk perhitungan dari estate BHJE divisi 1 blok  I 37 ke Pabrik pengolahan kelapa sawit GMKE kaliberasi yang di lakukan oleh team traksi CMNT dari pos BM kembali ke posisi muat lagi dengan unit DT 107  di dapat waktu total 95 menit dengan jarak total 12 km  kecepatan rata-rata 30 km/jam. Adapun waktu yang di perlukan akan berbeda bila jarak yang di tempuh berbeda dan bila ada kendala pada saat muat , dalam perjalanan atau saat pembongkaran.

Gambar perhitungan waktu angkut TBS BHJE

Adapun kendala yang mempengaruhi produktifitas unit dump truk antara lain :

  1. Kondisi jalan
  2. Kondisi unit Dump Truck
  3. Organisasi panen buah
  4. Faktor manusia

Jika salah satu dari keempat item tersebut tidak di penuhi maka dapat di pastikan produktrifitas akan menurun karena semua sangat berkaitan antara satu dengan yang lainya contohnya jika jalan yang di lalui medan nya sulit atau pun jalan rusak maka mobil berpotensi mengalami selip atau terjebak di jalan yang kondisinya kurang baik sehingga waktu yang di butuhkan unit akan lebih lama dan menyebabkan buah tidak terkirim ke pabrik untuk di olah.

Demikian juga dengan kondisi unit jika kondisi unit rusak atau Breakdown produktifitas akan menurun karena unit yang ready atau siap di gunakan menurun dan tugas dari Traksi itu sendiri untuk merawat dan mempersiapkan agar unit selalu siap, kemudian organsasi panen juga sangat menentukan produktifitas unit dump truck dalam pengangkutan TBS antara lain jika pada saat unit sudah siap untuk mengangkut buah namun buah belum selesai di panen maka akan menyebabkan waktu perngiriman per trip bertambah , kemudian faktor manusia juga sangat berperan penting dalam produktifitas unit Dump Truck ini misal kan jika driver yang membawa unit tersebut tidak berhati-hati dalam membawa unit nya atau pun lalai dalam membawa unit nya dan terjadi kecelakaan atau kerusakan sehingga mempengaruhi produktifitas unit itu sendiri.

Jika semua item sudah standard maka produktifitas unit akan meningkat .

Berikut adalah data dari produktifitas Dump Truck Traksi CMNT april 2020.

Gambar data produktifitas Dump Truck CMNT april 2020

Gambar data produktifitas total angkut per estate

Demikian saya sampaikan pak, koreksi dan arahan dari bapak sangat saya harapkan terimakasih.

Kami Bukan PECUNDANG Kami PEMENANG.

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
1
Sleppy
Sleppy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0
The following two tabs change content below.

miftahudi

Just a boy with many dreams

Latest posts by miftahudi (see all)

Posted by

miftahudi

Just a boy with many dreams

Anda mungkin juga suka...

(1) Komentar

  1. The Most Popular Traffic Exchange
  2. Budi S @ImpianClub

    Pak Miftah… terimakasih dulu ya pak.
    Koreksi dari saya untuk diperbaiki dan di update :
    1. Apakah sudah langsung bapak kaliberasi waktu muat dan kembali muat?….
    2. Saat ini “Kondisi jalan, Kondisi unit Dump Truck dan Organisasi panen buah” SUDAH TERPENUHI, Bapak jamin tidak ada Critical Point lain?….
    3. Tabel yang bapak tampilkan tidak terbaca!

    Diperbaiki dan di Update lagi pak !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia
shares
X