Isu-isu Weakness Pengelolaan Traksi yg menyebabkan masih Tingginya Tingkat Kerusakan, Kecelakaan dan Rendahnya Hari Operasi Unit

0 0

Arahan Pak PC KalTeng Khusus Traksi, 03 Agustus 2020 :

Dear All Manager Traksi :
Berikut kami sampaikan kembali Isu2 Weakness Pengelolaan Traksi yg menyebabkan masih Tingginya Tingkat Kerusakan, kecelakaan dan rendahnya hari operasi Unit, untuk menjadi warning bagi kita semua Yaitu :

  1. Belum adanya seleksi yg ketat dalam rekruitmen operator atau driver khususnya driver/operator unit kebun, tidak adanya pelatihan rutin operator, tidak berjalannya simulasi rutin protocol pengoperasian unit, belum dijalankannya sistem denda penegakan kepatuhan ketentuan disiplin pengoperasian unit.
  2. Tidak berjalannya protocol operator daily checklist pra dan pasca operasi unit, dan kartu kerja mesin, kendaraan dan alat berat sesuai kebutuhan.
  3. Belum tepat waktunya pemenuhan Preventive Maintenance Schedulled, karena berbagai alasan. Preventive maintenance adalah roh pengelolaan Traksi. Sehingga wajib direncanakan dengan sangat teliti dan dijalankan dengan sangat disiplin.
  4. Tidak tersedianya material karena buruknya perencanaan material pendukung kegiatan Preventive maintenance sehingga kualitas preventive maintenance buruk dan tidak memadai.
  5. Rendahnya Skill dan Disiplin Mandor /Mekanik, sehingga mutu maintenance / perbaikan buruk, dilakukan seadanya.
  6. Tidak dijalankannya dengan Disiplin Daily Running Inspection Checklist oleh mekanik/Asisten/Manager Traksi, baik untuk mendisiplinkan operator maupun untuk keperluan evaluasi predictive maintenance. Daily/Periodik/Surprise Running Inpection adalah tool bagi Asisten/Manager untuk melakukan pemastian bahwa kegiatan maintenance /repaire sudah dilaksanakan dengan baik, memastikan mutu perbaikan dilakukan dengan kualiti terbaik. Quality Check / Surprise Check Mutu Perbaikan / Maintenance adalah tools yg teramat sangat penting guna peningkatan disiplin dan skill mekanik.
  7. Tidak tumbuhnya “Perception of Detection“, iklim kerja orang merasa terawasi pada seluruh operator, driver, mekanik karena yakin Atasannya tidak memeriksa, yakin tidak diberikan sanksi jika melakukan pelanggaran, tidak ada sanksi jika tidak melakukan instruksi perbaikan dengan benar, tidak ada sanksi jika kualiti kerjanya buruk, sanksi yg diberikan hanya basa basi, hanya sanksi lisan yg sama sekali tidak berdampak kepada penghasilan mereka.
  8. Tidak tersedianya kartu monitoring dan kartu jadwal inspeksi dan hasil pada masing-masing station/rumah genset /rumah mesin dan kendaraan/alat berat sebagai bukti pekerjaan inspeksi dan preventive maintenance telah dilaksanakan dengan baik.
  9. Tidak berjalannya buku komunikasi operator dan mekanik maintenance, Karena tidak diperiksa oleh Manager. Sehingga banyak laporan kerusakan dan gangguan operasional tidak dibuat dengan patut dan juga tidak ditindaklanjuti oleh bagian maintenance secara patut pula. Situasi ini banyak mengakibatkan berlarut larutnya permasalahan (banyak outstanding) sehingga dapat mengakibatkan terjadinya resiko breakdown dan terhentinya operasi.
  10. Tidak terkontrolnya, dan masih liarnya konsumsi BBM, masih terjadinya penggelapan material solar, spare part karena lemahnya kontrol terhadap kaliberasi BBM mesin dan kendaraan, pelaksanaan kaliberasi yg tidak dikawal, tidak proper dan tidak dijadikan sebagai dasar penjatahan/kontrol konsumsi BBM harian.

[3/8 17:51] Pak Guntur H Hasibuan PC KalTeng: Kami yakin dan percaya, perbaikan Pengelolaan Traksi hanya mungkin terjadi hanya jika Activity Harian Manager Traksi selaras dengan Tugas dan Tanggung jawabnya, selaras dengan perbaikan isu2 diatas yaitu :

[3/8 18:04] Pak Guntur H Hasibuan PC KalTeng: DISIPLIN DAILY ACTIVITY STAF TRAKSI

  1. Manager melakukan Quality Check / Surprise Check Disiplin penegakan protokol pengoperasian unit minimal 1 check per hari dan memastikan sanksi bagi pelanggarnya.
  2. Asisten Workshop melakukan Quality Check / Surprise Check disiplin penegakan protokol pengoperasian unit 2 check per hari dan memastikan penegakan sanksi bagi pelanggarnya.
  3. Manager melakukan Quality Check Mutu Maintanance dan Repair Unit 1 Check Per Hari.
  4. Asisten Workshop melakukan Quality Check Mutu Maintanance dan Repair Unit 2 Check Per Hari.
  5. Visit Manager Traksi ke Traksi Satelit minimal 4 kali per bulan guna penegakan kualitas dan disiplin maintenance.
  6. Visit Asisten Traksi ke Traksi Satelit Minimal 8 kali per bulan
  7. Manager Melakukan Quality Check Mutu Payroll 4 Check per Bulan (1 check = 4 karyawan) guna memastikan sistem insentif yg adil dan seluruh denda pelanggaran sudah dijalankan.
  8. Asisten Melakukan Quality Check Mutu Payroll 5 Check per Bulan (1 check = 4 karyawan) guna memastikan sistem insentif yg adil dan seluruh denda pelanggaran sudah dijalankan.
  9. Kasie Melakukan Quality Check Mutu Payroll 10 Check per Bulan (1 check = 4 karyawan) guna memastikan sistem insentif yg adil dan seluruh denda pelanggaran sudah dijalankan.
  10. Manager melakukan Surprise Check Rumah Genset termasuk melakukan kaliberasi dadakan, memeriksa tempat penyimpanan solar genset, termasuk tidak ada solar yg disimpan di rumah operator atau di pondok karyawan.

[3/8 18:05] Pak Guntur H Hasibuan PC KalTeng: dan lain2 yg dapat bapak2 atur sesuai isu / weakness yg sedang berkembang saat ini
[3/8 18:10] Pak Guntur H Hasibuan PC KalTeng: Ingat : Kinerja Kita adalah Penjumlahan Kinerja Seluruh Operator dan Mekanik Kita. Disiplin Mekanik dan Operator adalah cerminan Disiplin Kita.

Perception of Detection, Iklim kerja orang merasa terawasi, tidak serta merta muncul hanya dengan Apel Pagi , Orang di brief, diberi petuah, dinasehati, diceramahi , Iklim kerja orang merasa terawasi hanya mungkin tumbuh jika atasan langsung mencontohkan langsung, mendemonstrasikan langsung pemeriksaan secara dadakan, dengan jadwal yg hanya atasan sendiri yg tahu waktunya guna melakukan penegakan Disiplin dan Kualiti Kerja

Kami minta juga seluruh Area Controller mendukung penuh Akselerasi Perbaikan Pengelolaan Traksi ini dan Memastikan Agenda Thematic Visit ke Traksi secara rutin Minimal 1 minggu sekali (Traksi Central, Estate, termasuk rumah genset)

Sumber : PC KalTeng (Bapak Guntur Hamonangan Hasibuan)

Tutorial Pelaksanaan Kaliberasi Genset
From : Bapak Ngesahken Sembiring (Koord. Traksi KalTeng)

Dear All
Pak EM Reg 1
Pak MT 1 dan 2
Pak Kasie Wil 1
Kasie Traksi 1 dan 2
Pak Asst Reg 1

Unt pelaksanaan Kaliberasi Genset kitalaksanakan serentak nanti sore dgn masing masing PIC yg akan dikirim Oleh Pak Hari ismail
Toritorial Pelaksanaan Kaliberasi Genset
Sebelum Mesin Hidup
* Tanki Bahan bakar diisi Penuh dan di beri tanda ( hitung Kapasitas Tanki )
* Lakukan Pemasangan Segel pada Tutup tangki. Selang Inlet dan selang Outlet pada Pompa Injeksi
* Setelah BBM kondisi penuh lakukan Penguncian Gudang BBM genset ( segel )
Saat Awal Menyalakan Mesin Genset
* Lakukan Pencatatan HM yg ada di Panel Genset
* Mencatat Jam Awal di Nyalakan Mesin Genset
* Mencatat / jam nya Ampere ( beban ) Di 3 pase
* Pada saat Waktu yg ditentukan sesuai IOM Genset padam di malam Hari
* Lakukan Pencatatan Kembali Jam Off dan HM Off ( dilampirkan Gambar HM dan Jam )
* Kondisi gudang BBM Genset tetap dalam Kondisi Terkunci dan Segel
* Setelah Mesin Off lakukan pembukaan pintu gudang ( segel )
* Lakukan Pengisin BBM sampai Batas Tanda Awal ( Hitung jumlah Liter yg masuk unt mencapai tanda, level Tersebut)
* Hitung jumlah Jam Dan HM operasi
* lakukan Penghitungan Rasio dgn Jumlah BBM dibagi jumlah HM
Ex : 50 Liter : 5 HM = 10 L/Hm
Demikian Cara kita melakukan Kaliberasi Genset yg akan kita lakukan

Hal hal yg perlu di perhatikan
1. Sediakan Alat ukur yg akurat sehingga didapat ukuran yg benar benar baik ( dilarang menggunakan alat Kira kira )
Bpk asisten Ikut kawal di setiap divisinya bersama mdr 1 di dampingi di team Traksi di setiap Rumah Genset
2. Dibuatkan Vidio pelaksanaan kaliberasi nya sehingga bukan hanya gamber kita dapatlan tetapi juga vidionya
Demikian di sampaikan apabila ada yg kurang terhadap hal ini dapat di sampaikan pada kesempatan pertama

Terima kasih

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0
Posted by

Budi S @ImpianClub

Saat ini saya bermitra dengan NET89 PT.SMI, SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, Gem4me : the first financial messenger, Immunoterapi UFG, AQUIX Indonesia, DigiU, Project Artificial Intelligence dan Member MLM Melia.

Saya dapat dihubungi di Telp/WA : 08115018144.
Silahkan dilihat : IdentitasKu - PendidikanKu - PekerjaanKu

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Ambil Keputusan Sekarang untuk Perubahan Hidup Anda - Take Action Sekarang dengan Komunitas Dash2 untuk Meraih Income Eksponensial di Bisnis eCommerce
Hosting Unlimited Indonesia
X
%d blogger menyukai ini: