Notulen Kunjungan Pak COO, Bapak Mubarak Ahmad dan Direktur Komersil, Bapak Johan P

Kunjungan Pak COO dan Direktur Komersil BGA ke Regional 1 Mentaya - 17 sd 18 Juli 2020
0 0

Notulen Kunjungan Region 2 (15 – 16 Juli 2020)
1). Segera dilakukan deklarasi dan dipetakan untuk blok-blok yang termasuk areal improvement dengan low yield.
2). Harus dibuat perencanaan list penggunaan drone secara periodik untuk areal improvement , areal low yield , areal masalah agronomist sehingga dapat diketahui kondisi pertumbuhan pokok sawit.
3). Salah satu indikasi keberhasilan dari Water Management adalah pertumbuhan pokok sawit yang sehat dan yield naik. Untuk itu harus dilakukan sensus quick count sehingga dapat diketahui jumlah janjang per pokoknya, yield nya dapat diketahui dan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
4). PC akan membuat IOM terkait sensus produksi quick count pada areal improvement.
5). Harus dibuat pengelompokkan atau agregat yield khusus areal improvement sehingga dapat diketahui adanya growth positip atau masih negatif dari yield tahun sebelumnya dan dengan cepat diketahui permasalahan agronomist untuk improvement lebih lanjut dan kapan areal improvement tsb akan cepat membaik.
6). Tolok ukur adanya perbaikan yaitu : growth positip dan dilakukan perbandingan dengan yield potensinya.
7). Penamaan Areal problematika untuk menjadi semangat yang positip maka harus disebut areal improvement.
8). Areal improvement di peat, pasir dan low land harus dibuat legenda secara jelas dan dituliskan berapa Ha area improvementnya.
9). Dari hasil temuan audit terkait pekerjaan pruning masih dilakukan pembayaran per pokok, dan terjadi selisih dari hasil perhitungan yang dilakukan di lapangan tidak sesuai dengan data base nya. Maka harus dibuat kriteria di awal terkait pinalty yang tidak sesuai spec dari hasil pemeriksaan.
10). Pembayaran pruning harus dibuat berdasarkan per Ha ( walaupun perhitungan dasarnya dari per pokok ). – IOM akan dibuat oleh EDS.
11). Overflow semi permanen hanya untuk jangka pendek , maka harus di budgetkan dengan plat beton permanen .
12). Pemasangan spiral / over flow harus dipasar gelagar yang dijepit dan dipasang bantalan agar dipastikan tidak terkena beban .
13). Pemasangan papan pada pintu air harus dibuat mudah sehingga dipastikan pintu air tsb, dapat difungsikan .
14). Harus dilakukan monitoring prestasi kerja alat berat sehingga dapat diketahui dengan benar baik itu alat baru atau alat2 yg sudah tua.
15). Konsep dari pemupukan adalah melakukan penggantian yang telah diambil , contohnya : aplikasi pupuk dengan cepat untuk field2 yang tinggi yieldnya , memperhatikan leaching , run off dan penguapan.
16). Dalam aplikasi pupuk sangat penting faktor kelembaban tanah bukan basah,
17). Di budgetkan untuk focal feeder dengan ratio 1:1 untuk areal mineral baik itu clay dan pasir pada umur tanaman < 12 tahun, dalam 4 tahun budget dengan cost Rp. 340 rb/ ha.
18). Masing2 Divisi harus dapat mendeklarasikan area improvement yield, area improvement eksploitasi/ harvesting dan menyerahkan / mendeklarasi minimal 3 blok standart.
18). Harus dilakukan perhitungan kembali terkait water irrigasi dengan sistem pipanisasi , dan diusahakan dengan sistem pengisian air kedalam embung2 yg di buat di dalam blok, dan air dengan sendirinya akan mengalami perkolasi di sekitarnya.
19). Di pondok untuk lebih teduh dan asri harus difasilitasi dengan melakukan gerakan penanaman tanaman yang bermanfaat bagi karyawan, yaitu seperti : menanam “Sukun”, pepaya yang telah disiapkan lahannya dan memperhatikan keteraturan.
20). Untuk keperluan air bersih karyawan maka harus dibuat water treatment sederhana yaitu dengan dibuat saringan dari batu, coral, pasir, ijuk dan ditreatment dengan pemberian tawas.
21). Angkutan TBS Paling Lama jam 5 sore
22). Kerani Transport Harus tanggung jawab langsung ke Asisten. Bukan ke Mandor 1.
23). Mandor 1 harus lebih banyak ke dalam blok mengurus BSS, BMS, Periksa Ancak.
24). Deklarasi Areal Improvement, Weakness, Eks Areal semak. Harus di deklare dan harus ada batas waktu penuntasannya.
25). Istilah areal problematik diubah menjadi Areal Improvement.

Kunjungan COO (Mubarak Ahmad) dan Dir. Com (Johan P.)
Berikut ini point kunjungan COO dan Dir. Com di Regional Mentaya :
1. Operational Regional Mentaya segera mendeklarasikan area establish dan area improvment. Kondisi area improvment harus segera diselesaikan.
2. Memastikan area kebun one gate system untuk mitigasi pencurian.
3. Mitigasi harus di cek ulang setiap minggunya dan di update.
4. Operational harus memastikan tindakan mitigasi seperti, melengkapi rencana mitigasi di kebun, memastikan pemakaian jaring di unit DT, pemakaian stempel TBS, pemotongan V-cut TBS, pemakaian segel unit DT, Mengunci portal pasif dengan gembok dan kunci gembok dipegang oleh manager. (Protocol mitigasi ini harus dijalankan di semua kebun).
5. Pemasangan tanda spesifik untuk portal pasif (tanda ada panen, perawatan dan panen kebun masyarakat), sehingga supervisi dapat mengetahui pekerjaan apa yang ada di kawasan tersebut.
6. Membuat peraturan kebun terkait alat panen (alat panen yang berada di kawasan kebun, merupakan alat panen kebun yang dimiliki karyawan atau non karyawan) dan jika milik karyawan yang ditinggal di kebun, makan karyawan akan di berikan sanksi.
7. Area eks. Rehabilitasi harus ada penanganan ekstra (perawatan khusus dan pemberian pupuk ekstra Rekom dari Dept. Riset).
8. Semua staf harus memiliki Tree Counting dari GIS untuk mempermudah pengancakan panen, pekerjaan TO (Thinning Out), Tanam sisip, Pengeceran pupuk di TPP dan pekerjaan lain.
9. Notasi pokok / baris harus dilengkapi di semua blok, sehingga dapat mempermudah pengancakan supervisi dilapangan.
10. Pengawasan panen di area berbukit harus dipastikan controlnya, sehingga tidak menimbulkan looses.
11. Kondisi area berbukit harus memperbanyak akses bantu, seperti pasar pikul zig-zag, sehingga evakuasi TBS di area berbukit dapat maksimal.
12. Pengembangan burung hantu di PT. LMS, kondisi serangan tikus > 5%
13. Memperkuat pekerjaan semprot dan memprioritasikan kondisi area yang bermasalah atau area improvment.
14. Membuat program penanaman buah di area eks. Pembibitan, untuk memperdayakan bahan pangan dikebun.

Demikian disampaikan, terimakasih.

Kunjungan Pak COO dan Direktur Komersil BGA ke Regional 1 Mentaya – 17 sd 18 Juli 2020

ARAHAN PAK COO SAAT KUNJUNGAN KE REGIONAL MENTAYA
GUEST HOUSE, 18 juli 2020

  1. MITIGASI PENCURIAN
  2. “Pencurian dilakukan oleh orang yang terlatih dan mempunyai akses ke peralatan panen”
    a. Mitigasi Pasif, terdiri dari pengamanan alat kerja, pengamanan buah di TPH dan pengangkutan TBS.

    *Pengamanan alat kerja*
    Langkah-langkah:
    • Semua peralatan panen masuk ke rumah BHS dan diceklist menggunakan format yang ada (pagi dan sore)
    • Alat panen yang diluar rumah BHS sifatnya Ilegal dan jika ditemukan wajib di sita dan dimasukkan ke rumah BHS, bahkan akan dilakukan pendendaan alat kerja yang di luar rumah BHS
    • Pengeluaran alat panen dari rumah BHS harus seijin EM (kegiatan pruning hari minggu)

    Pengamanan Buah di TPH
    • Semua buah menggunakn Stempel
    • Semua buah di V-Cut

    Pengangkutan TBS
    • Penggangkutan terakhir pkl 17.00
    • Kebun-kebun rawan pencurian menjadi project pengangkutan TBS
    • Saat pengiriman wajib menggunakan jaring, barcode dan segel
    • Dalam SPK kontraktor dicantumkan klausul bahwa muat terakhir pukul 17.00
    • Dibuatkan rute berangkat dan pergi DT (kontaktor dan kebun) ke PKS dari kebun

  3. AREAL IMPROVEMENT
  4. Areal-areal bermasalah yang sebelumnya dikenal dengan istilah problematika areal maka penamaannya menggunakan istilah areal improvement. Areal improvement dibagi menjadi 2 kelompok yakni areal improvement harvesting dan areal improvement yield
    a. Areal improvement harvesting, adalah areal-areal yang mengalami kendala dalam eksplotasi buah. Ketidakcapaian produksi dikarenakan permasalahan akses baik A1,A2, dan A3, Gawangan semak, brondolan hitam di piringan, dll
    b. Areal improvement yield, adalah areal-areal yang tidak mempunyai permasalahan akses namun yield pada blok tersebut tidak sesuai rata-rata produksi tanaman seumuran di BGA. Bisa dikarenakan pokok kerdil, palungan, banjir, SPH, dll.
    Dasar penentuan yield adalah rata-rata produksi tanaman seumuran di BGA. Blok-blok yang menjadi improvement dideklarasikan sampai ke tingkat region. Khusus areal improvement yield akan di drone setiap 3 bulan sesuai dengan jadwal terbang yang telah ditentukan

    porsi pemerikasaan QA adalah 30% blok improvement dan 70% blok standar

  5. BLOK STANDAR
  6. Estate/divisi wajib menciptakan blok-blok standar setiap bulannya, jumlah blok harus rasional dan realistis sesuai dengan sumber daya yang ada. Pembuatan blok-blok standar harus terencana setiap bulan dan dibuatkan rencana pengerjaannya. Rencana pengerjaanya harus dideklarasiakan baik jumlah blok dan nama blok. Parementer blok standar adalah parameter PUAS. Disiapkan TK khusus untuk pengerjaan blok standar dan dikontrol langsung oleh asisten dan EM

    Dalam menjaga kondisi blok yang sudah standar maka Tim BGS harus kuat, handal dan trampil. Konsep kerja OSBS (one stop block services), di dalam ReKAM dbuatkan jadwal q.check

    Tambahan
    – Konsep menyelesaikan masalah adalah dengan mengeroyok masalah tersebut agar segera selesai dan memberikan dampak bagi yang mengerjakannya

Notulen : Pak Ferry (Koordinator QA Area 1 Regional Mentaya)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0
The following two tabs change content below.
Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer. Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, Gem4me : the first financial messenger, Immunoterapi UFG, AQUIX Indonesia, DigiU, Project Artificial Intelligence dan Member MLM Melia. Saya dapat dihubungi di Telp/WA : 08115018144 - 08124844544.
Posted by

Budi S @ImpianClub

Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer.

Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, Gem4me : the first financial messenger, Immunoterapi UFG, AQUIX Indonesia, DigiU, Project Artificial Intelligence dan Member MLM Melia.

Saya dapat dihubungi di Telp/WA : 08115018144 - 08124844544.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Hosting Unlimited Indonesia
shares
X
%d blogger menyukai ini: