Pelatihan Pengendalian dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan PT. KMB

0 0

Melalui Program Pelatihan dan Pengembangan diri dari Departement Sustainabillity RSPO, melalui anak perusahaannya  Bumitama Gunajaya Agro (BGA Group) yakni PT Karya Makmur Bahagia (PT. KMB) kembali melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pengembangan diri dengan Tema Training for Trainer kegiatan cara pengendalian dan penanggulangan serta pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan  yang dilaksanakan pada hari Rabu 08 Juli  s/d Jumat 10 Juli tahun 2020. Dimana yang mengikuti kegiatan pelatihan tersebut adalah karyawan Region Mentaya dengan begitu mereka dapat menurunkan ilmu dari apa yang sudah didapatkan setelah pelatihan tersebut.

Pembukaan acara pelatihan DAMKAR
Pembukaan acara pelatihan DAMKAR

Program ini dilaksanakan dimana berfungsi untuk merefresh pelatihan yang dahulunya sudah pernah dilaksanakan agar dapat menjadi trainer juga ke setiap masing-masing unit. Kegiatan ini juga adalah salah satu upaya pengendalian dan penanggulangan serta pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan supaya setiap orang peserta yang mengikuti training ini paham dan mengerti dengan apa yang dinamakan cara pencegahan dan penanggulangan KARHUTLA. Dengan adanya kegiatan ini dapat membantu dan mempermudah terkhususnya karyawan PT. Karya Makmur Bahagia dalam menangani KARHUTLA.

Kegiatan tersebut membahas beberapa bagian, mulai dari pengenalan alat-alat Sapras Damkar serta perawatan alat setelah dan sebelum digunakan agar dapat alat tersebut awet dan bisa dipergunakan dalam waktu jangka panjang. Ada juga cara pemakaian alat dan penyusunan alat disaat pemakaian setelah selesai dipergunakan. Dan yang terakhir adalah praktek kering dan basah alat-alat Sapras Damkar dimana praktek kering adalah simulasi secara tidak langsung (Tidak ada penyiraman serta api) sedangkan praktek basah adalah simulasi secara langsung (Cara memadamkan api dengan penyiraman).

Pengenalan alat-alat Sapras Damkar
Pengenalan alat-alat Sapras Damkar
Pengenalan alat sapras Damkar
Pengenalan alat sapras Damkar

Proses kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dengan pemateri dari team Manggala Agni Pangkalan Bun sebanyak 8 (delapan) orang yang dibagi  menjadi 2 (dua) tahapan yakni teori dan praktek kelapangan secara langsung. Kegiatan ini juga langsung dikawal oleh management yakni Bapak Joko Triyanto selaku Fire Fighter BGA Group. Harapan beliau dengan adanya program ini dapat mengembangkan kemampuan karyawan dibidang Tanggap Darurat beserta cara penanggulangan dan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Proses Simulasi Pemadaman Api
Proses Simulasi Pemadaman Api
Proses Simulasi Pemadaman Api (2)
Proses Simulasi Pemadaman Api (2)

Sebelumnya, kegiatan pelatihan dan pengembangan diri dalam hal tanggap darurat sudah pernah dilaksanakan pada tahun 2018 silam, dan pada tahun 2020 juga ini kembali merefresh serta memberikan arahan dan pengertian cara pengendalian dan pencegahan serta penanggulangan KARHUTLA. Semoga kegiatan ini dapat menciptakan rasa kepedulian, kerja sama team dan kesiagaan dari terjadinya KARHUTLA disekitar perusahaan PT. Karya Makmur Bahagia.

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0
The following two tabs change content below.

Rapeja

Perkenalkan nama saya Rapeja Agustinus, Tempat Tanggal Lahir Medan, 17 Agustus 1996, Status masih Single. Singkat cerita biografi pendidikan formal saya. SDN 101821 Pancur Batu SMPN 2 Pancur Batu SMAN 1 Pancur Batu D-III Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia Bandung Saat ini saya bekerja di PT Karya Makmur Bahagia (BGA Group) sebagai Mantri/Admin EHS Regional 1 .
Posted by

Rapeja

Perkenalkan nama saya Rapeja Agustinus, Tempat Tanggal Lahir Medan, 17 Agustus 1996, Status masih Single.

Singkat cerita biografi pendidikan formal saya.
SDN 101821 Pancur Batu
SMPN 2 Pancur Batu
SMAN 1 Pancur Batu
D-III Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia Bandung

Saat ini saya bekerja di PT Karya Makmur Bahagia (BGA Group) sebagai Mantri/Admin EHS Regional 1 .

Anda mungkin juga suka...

(5) Komentar

  1. The Most Popular Traffic Exchange
  2. impianclub

    Secara dokumentasi dan narasinya… keren bingits.
    Hal yang jauh lebih penting adalah antisipasi dan kesiapan (alat dan team) serta pemahaman sudah sampai sejauh mana pemahaman ke semua orang, tentang bahaya dari kebakaran. Semua orang harus menjaga dan memberikan pemahaman agar jangan sampai terjadi kebakaran.

    Dikembangkan lagi :
    – Bagaimana dengan kesiapanan personil (team tanggap darurat dan team inti)?…
    – Bagaimana dengan kesiapan alat pemadam kebakaran?…
    – Bagaimana tingkat pemahaman lapisan masyarakat?…

    Demikian untuk dikembangkan dan ditunggu tindak lanjutnya… !

  3. Rapeja

    baik pak, kedepannya akan segera kami tindak lanjuti sebagai team Support.

  4. Rapeja

    untuk perihal pemahaman lapisan masyarakat, itu team RSPO berkolaborasi dengan CSR Area 1.

  5. Budi S @ImpianClub

    Monitoringnya dibuat Mbro, sehingga ada eviden dan bisa diukur positioningnya.

  6. Rapeja Agustinus

    Monitoring Sapras nya begitu pak ?

Tinggalkan Balasan

Hosting Unlimited Indonesia
shares
error: Content is protected !!
X
%d blogger menyukai ini: