Pentingnya Peranan Hati (Qalbu)

1 0

Yth. Bapak AC Region 1
Berikut saya sampaikan betapa pentingnya peran hati dalam diri manusia.
Kamis, 28 Mei 2020
Lokasi : kantor CMNT.

Hati adalah pusat kendali kebenaran tindakan dan pikiran manusia. Hati adalah tempat bersemayamnya sang diri. Dari lubuk hati akan terdengar suara murni, suara yang menyatakan kebenaran sejati. Ia menjadi penerang kehidupan, jika manusia mau menggunakannya. Segala perbuatan manusia akan dituntun oleh hati dan pikiran, pikiranlah yang memerintahkan seluruh elemen penggerak diri untuk melakukan sesuatu. Apapun isi perintah keduanya (hati dan pikiran) maka demikianlah tindakan yang terjadi. Benar atau salahnya ditentukan oleh penilaian pikiran sedangkan baik atau tidaknya berada di bawah wewenang hati. Pada dasarnya suara hati memiliki tingkat kemuliaan yang tinggi, timbul secara alami dan sesuai dengan pendapat diri. Namun sayang, tidak jarang hati mengalami kekalahan, kekalahan menjadi prioritas diri. Ada ego yang menjadi pihak ketiga antara hati dan pikiran. Egolah yang menuntut sang diri untuk melakukan segala keinginan. Ego mengajak pemiliknya untuk memiliki apa saja di luar dirinya. Hati memang cenderung sensitif namun hati mampu mempertimbangkan banyak hal terutama dalam mengambil keputusan. Ia akan mencari sebuah keyakinan apakah semua itu mampu dilakukan? Apa yang akan terjadi setelah itu? Apa kata orang lain? Segala pertanyaan berkecamuk dipikiran kita. Namun ketika kita mencoba untuk lebih mendengarkan kata hati kita akan merasakan beberapa perbedaan di hidup kita. Mulailah dengan memperhatikan apa yang sebenarnya dirasakan oleh hati, dengan bersyukur kita merasakan sesuatu yang melegakan dan menenangkan.
Hal yang harus kita semua ketahui yaitu, hati berpikir secara emosi, mengungkapkan perasaan yang tidak mungkin bisa digambarkan secara logis. Sedangkan pikiran lebih cenderung secara rasional dan praktis. Mendapatkan jawaban saat menentukan keputusan seringkali terletak pada situasi dan pengalaman kita. Sederhananya, hati itu berpikir perasaan dan pikiran berpikir logika. Namun, hal ini sering lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Hati dan pikiran kita ibarat dua penasehat, terkadang berbeda pendapat. Mereka memainkan perannya dengan cara yang berbeda dan berbicara dengan bahasa yang berbeda.
Pada intinya hati adalah sumber kebaikan dan keburukan kita, jangan biarkan hati ikut ternodai oleh pikiran dan ego yang kotor karena akan menimbulkan tindakan negatif dalam diri.
Demikian pendapat saya pak, koreksi dan arahan dari bapak sangat saya harapkan.

Kami Bukan PECUNDANG, kami PEMENANG

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
1
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0
The following two tabs change content below.
Seorang Admin traksi di Central Mentaya Traksi (CMNT Area 1 yang baru bekerja 1 bulan, sudah melakukan seperti ini... LUAR BIASA ! Sikap mendominasi dan bisa memberikan pengaruh (efek) positif merupakan keseharian yang terjadi spontanitas dalam diri saya. Pendidikan terakhir saya adalah SMK jurusan Akuntansi di SMK Gunajaya, Metro Mentaya. Saya memiliki ketertarikan dalam bidang seni, lebih tepatnya dalam seni lukis. Menjadi wanita karir merupakan pilihan saya ketika lulus SMK, dan tempat yang saya abdikan ialah tempat yang menjadi sumber kerja bagi keluarga saya, tepatnya di PT Karya Makmur Bahagia.
Posted by

Revita Junianing Saputri

Seorang Admin traksi di Central Mentaya Traksi (CMNT Area 1 yang baru bekerja 1 bulan, sudah melakukan seperti ini... LUAR BIASA !
Sikap mendominasi dan bisa memberikan pengaruh (efek) positif merupakan keseharian yang terjadi spontanitas dalam diri saya.

Pendidikan terakhir saya adalah SMK jurusan Akuntansi di SMK Gunajaya, Metro Mentaya. Saya memiliki ketertarikan dalam bidang seni, lebih tepatnya dalam seni lukis.
Menjadi wanita karir merupakan pilihan saya ketika lulus SMK, dan tempat yang saya abdikan ialah tempat yang menjadi sumber kerja bagi keluarga saya, tepatnya di PT Karya Makmur Bahagia.

Anda mungkin juga suka...

(2) Komentar

  1. The Most Popular Traffic Exchange
  2. Budi S@ImpianClub.com

    Muantapsss…. Non dan luar biasa.
    Sekedar tambahan: Jika ingin selalu baik dalam hidup “Ikuti kata hati, kendalikan hawa napsu (ego sentris diri) dan selalu berusaha untuk berpikir positif“. Seorang wanita lebih mengedapan perasaan (hati), sedangkan seorang pria lebih mengedepankan logika.
    Itulah letak keindahan ciptaan Allah SWT, pria dan wanita saling mengisi dan saling berbagi kebahagiaan.

    Sukses non dan selalu lah berbagi.

  3. Rapeja Agustinus

    Bagus sekali narasinya pembahasan tentang hati, tetapi kadang kala kita selalu dikalahkan oleh egois perasaan dimana selalu menjadi Alfa disaat hati kita tersentuh, misalkan pada saat kita patah hati, setelah kita patah hati kita menemukan yang dapat memperbaiki hati tersebut, tetapi terkadang kalanya egoisme kita tidak ingin mengenal hati tersebut lebih dalem.

    Jadi pada intinya ikuti apa yang ada dihati kecil kita inginkan tanggapi dengan positif untuk kebaikan kedepannya.

    Perbanyak lagi menulis agar mengisi hari hari anda dengan positif.

Tinggalkan Balasan

Ambil Keputusan Sekarang untuk Perubahan Hidup Anda - Take Action Sekarang dengan Komunitas Dash2 untuk Meraih Income Eksponensial di Bisnis eCommerce
Hosting Unlimited Indonesia
shares
error: Content is protected !!
X
%d blogger menyukai ini: