Ratio Kaliberasi BBM dan Penjatahan Solar (Kenderaan, Alat Berat dan Genset)

Kaliberasi Until Pupuk dan Drain Tangki Solar

[1/8 09:01] Bapak2 Manager Traksi :
Harap benar2 menjadi perhatian. Isu penggelapan ini terjadi karena :

  1. Kaliberasi Konsumsi Solar yg tidak dikawal dengan ketat oleh Traksi Sentral, EM dan Kasie. Hanya dilakukan oleh Operator Genset sendiri. Sehingga Hasilnya, Rasio Kaliberasi BBM nya tidak aktual, sengaja diatur lebih tinggi oleh Operator Genset Ybs. Manipulasi Rasio kaliberasi bisa dilakukan dengan
  2. – Memperkecil jam Operasi Saat Kaliberasi : Contoh : Jika Jadwal Pelayanan Genset Jam 16.00 sd Jam 22.00 dan Jam 03.00 pagi sd Jam 05.00 pagi, sengaja dimulai lebih lambat menjadi jam 16.30 dan dimatikan jam 21.30 dengan alasan sedang servis atau ada kerusakan, sehingga Rasio BBM per jam nya menjadi lebih tinggi.
    – Menguras, menyedot BBM dari tangki saat Genset Istirahat (jam 22.00 sd Jam 03.00, sehingga konsumsi aktual saat kaliberasi lebih tinggi. Atau Modus lainnya

  3. Rasio BBM Hasil Kaliberasi Bulanan ini (yg sengaja diatur lebih tinggi) dijadikan penjatahan solar harian. Misalnya jika Rasio Kaliberasi 20 liter per jam dan jam operasinya 8 jam, maka Jatah Hariannya adalah 160 liter padahal Konsumsi Aktualnya hanya 18 liter per Jam atau 144 liter per hari. Jadi bisa disimpan / dijual sisanya 16 liter per hari.
  4. Modus lain, jika Asumsi Rasio Kaliberasi nya sudah benar, Operator Genset bisa dengan sengaja mengurangi jam operasi aktual harian untuk menghemat konsumsi solar harian dan sisanya bisa digelapkan. Modus ini lebih kecil nilai yg mungkin digelapkan.
  5. Hal ini juga hanya mungkin terjadi jika tidak ada gudang penyimpanan solar genset yg aman dan terkunci, sehingga penyimpanan genset dilakukan di rumah operator atau di dalam Rumah Genset yg tidak terkunci.

Karenanya sangat penting sesegera mungkin, pada kesempatan pertama melakukan :

  1. Kaliberasi Konsumsi BBM Genset yg proper. Dilakukan dan Dikawal langsung oleh Manager Traksi, Mekanik Sentral, KTU dan Kasie. Dipastikan Tangki solar Genset disegel / terkunci dan pipa outlet dari tangki juga disegel.
  2. Setelah Diperoleh Rasio Kaliberasi yg proper segera dibuatkan IOM dari RH terkait penjatahan permintaan Solar Genset Harian.
    Tidak diizinkan menyimpan solar di luar tempat yg sudah kita tentukan. Razia semua pondok dan lingkungan perumahan. Jika ditemukan penyimpanan solar di rumah karyawan maka patut diduga itu adalah modus pencurian solar
  3. Tetapkan dan Tempelkan Sign Board: Jam Operasional Genset di Rumah Genset supaya bisa dikontrol oleh banyak orang.
  4. Tetapkan dan tuliskan Riwayat Hasil Kalibrasi ratio BBM di dalam rumah Genset.
  5. Berikan BBM sesuai jatah Jam operasi dan ratio komsumsi bbm, untuk 2 atau tiga hari, atau seminggu sekali. Tempatkan di tempat aman terkunci di rumah genset dengan kartu / buku pemakaian harian. Sehingga bisa di Trace penggunaannya dan bisa dilakukan Surprise Cek sewaktu2 oleh EM, Manager Traksi, Kasie, Mekanik sentral, dll.

Kaliberasi yg proper, dikawal dan dipastikan langsung ini harus secara masif dilakukan bukan hanya di Genset tapi di semua mesin, kendaraan dan alat berat kita pak.

Sumber : Bapak Guntur Hamonangan Hasibuan (PC KalTeng)

Arahan dari Pak COO, disampaikan pada tanggal 29 Juli 2020 :
Dear All Traksi Member…
Harap membuat laporan progress yg lebih substantial. Jangan jadi artificial spt ini. Hanya penuh dengan photo apel pagi.
Performa perbaikan lambat jalan ditempat.
Ouput Traksi itu yg mudah dilihat:
Utilisasi alat meningkat, Traksi harus kosong dari unit mangkrak.
Unit unit mesin, alat berat, kendaraan angkut, kendaraan pendukung beroperasi dan tampak terawat.
Jalan jalan Produksi, akses divisi, akses kebun, akses area, akses logistik tampak terawat. Semua alat berat terkait pemeliharaan pendukung mobilitas kebun dan logistik kondisi prima.
Area janjang kosong, komposting tampak terkelola dengan stock yg wajar dan minimal.
Tidak ada pelayanan kebutuhan listrik dan air Pondok/ karyawan terabaikan.

Tdk ada penggelapan solar, spare part, Ban, Accu dan spare part penting karena banyak barang tsb juga dibutuhkan pihak luar (diluar sana banyak unit yg sama yg digunakan oleh kontraktor dan masyarakat)..banyak modus penggantian part karena di order oleh pihak luar.

Pengangkutan TBS harus selesai dibawah jam 17 sore.

Output kendaraan sendiri harus lebih tinggi dibanding kontraktor.

0 0
Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleppy
Sleppy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0
The following two tabs change content below.
Posted by

Budi S @ImpianClub

Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer.

Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, Gem4me : the first financial messenger, Immunoterapi UFG, AQUIX Indonesia, DigiU, Project Artificial Intelligence dan Member MLM Melia.

Saya dapat dihubungi di Telp/WA : 08115018144 - 08124844544.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

shares
X
%d blogger menyukai ini: