Tentang Sebuah Nilai

0 0

Tuntuan kerja adalah bagian dari setiap proses pendewasaan diri dalam bekerja, setiap paket sembako pastilah memiliki ongkos dan prasyarat untuk penerimanya. Setiap masalah yang diberikan kepada Anda, tidak akan melebihi kemampuan Anda. Itu diberikan juga karena nilai dalam pribadi Anda yang harus ditingkatkan hingga mencapai kedewasaan

Kedewasaaan itu memang tidak mudah didapatkan, perlu langkah-langkah yang mungkin curam, menanjak bahkan harus memutari bukit. Dalam perjalanan panjang dan beragam itu nilai-nilai diasah, ditambahkan selapis demi selapis. Nilai-nilai itu bisa berupa kejujuran, tahan uji, kesabaran, semangat juang, kerendahan hati dan kesadaran untuk mengakui otoritas sang Pemberi Hidup. Karena tidak ada satupun yang terjadi dalam hidup tanpa seijinNya, saat ini bisa saja Anda dalam situasi menuai atau bisa saja dalam masa membajak. Lihatlah masanya dan ekositemnya, posisi Anda dimana dan bersama siapa. Berada dalam satu tim yang lemah atau kuat, jika anda merasa berada dalam yang lemah maka berpikirlah, bahwa Anda hadir untuk memperkuat tim itu atau belajar sesuatu dari tim itu jangan berpikir untuk menghancurkan tim itu, karena itu saja dengan mengiris tubuh sendiri.

Dalam satu tubuh (tim) pastilah ada yang berfungsi sebagai kepala, tangan, kaki, mata, telinga dan hidung, yang mengerakkan itu adalah otak. Masing-masing diciptakan dengan kelebihan tangan bertugaas saat, kaki untuk melangkah, mata untuk melihat, terlinga untuk mendengar. Jadi setiap organ memiliki fungsi khusus. Setiap orang dalam tim Anda pasti punya talenta masing-masing. Itu butuh kerendahan hati untuk melihat, mengakui kelebihan dari masing-masing anggota tim. Yang menilai apakah fungsi tangan maksimal atau tidak adalah anggota tubuh itu sendiri. Setiap orang itu special, lihar sisi posistif dari masing-masing.

Tubuh itu digerakkan oleh otak, setiap otak menerima impuls (rangsangan) yang berbeda dan seperti apa respon terhadap impuls tersebut, itu adalah hak perogratif otak untuk menentukannya. Dalam bekerja juga kita mendapatkan informasi/tuntutan/tantangan atau apapun itu secara beragam. Pemimpin (otak) harus bisa memberi respon yang positif, dasarnya apakah keputusan yang diambil baik bagi organisasi secara keseluruhan??. Pemimpin akan diperhadapkan berbagai kondisi, keputusan yang anda ambil akan menghantarkan Anda pada sebuah pencapaian nilai.

Menambahkan nilai-nilai pada diri sendiri membutuhkan rentang waktu yang sangat panjang (berproses), ada yang cepat tapi ada juga yang butuh lebih lama. Masalah bagaimana pribadi mampu beradaptasi dan survive, itulah proses. Prosesna akan menciptakn pribadi yang berkarakter unggul, tahan banting dan mental baja. Mental baja menjadi fondasi yang menentukan sikap dan langkah pada saat terjadi masalah.

Gear

Mental baja (mental pejuang) tidak akan mundur dalam suatu masalah bahkan hal terburuk sekalipun, karena ada ratusan bahkan ribuan orang akan goyah jika saja Ia mundur. Disitulah diuji apakah akan menjadi sebatang bambu yang punya akar yang kuat atau hanya sebatang perdu tak bernilai. Pilihannya ada pada Anda. Umumnya pribadi bermental baja akan bekumpul dengan pribadi yang mempunya nilai yang sama, kemudian membentuk tim yang hebat, tahan uji, melangkah bersama, saling menguatkan untuk mencapai titik gemilang bersama. The best team with good people.

Cara mengetahui apakah kita berada dalam tim yang hebat atau tidak, salah satunya dengan cara berdiam, berpikir positif dan berani mengakui kelebihan-kelebihan setiap orang yang ada dalam tim tersebut. Tim itu haruslah saling memberi bukan saling menuntut: memberi waktu (dengar-dengaran), sumbangsih ide, memotivasi, memberi ilmu, dll. Jikalah tidak bisa memberi memotivasi paling tidak mau mendengarkan, itu sesuatu yang berdampak terhadap ketenangan jiwa bagi anggota tim yang sedang galau. Terkadang yang sedang galau tidak memerlukan nasihat namun hanya butuh orang untuk mendengarkan cerita sambil minum secangkir kopi cappuccino dingin di dalam teko kaca.

Berperestasilah untuk meninggalkan jejak yang baik bagi sejarah itu sendiri. Jikapun belum saatnya berprestasi, berilah sesuatu yang terbaik sehingga menambahkan nilai dalam tim.

#ceritamalamminggu

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0
The following two tabs change content below.

ripelson_siadari

Latest posts by ripelson_siadari (see all)

Anda mungkin juga suka...

(2) Komentar

  1. The Most Popular Traffic Exchange
  2. Budi S @ImpianClub

    Yeah… this good.
    learn … learn … learn … think positive, have a big soul, be patient, become a winning mentality.
    Convince yourself that we planted is good, sooner or later will harvest good … rest assured.

  3. ripelson_siadari

    every body had incridible power, we present to sharpen them not to blame team. jika semua orang berupaya memberi yang terbaik dengan berfokus untuk saling melayani dalam kontruksi berpikir untuk maju bersama. Begitu luar biasa perubahan itu dan kokoh
    take action to make great impact to build good culture

Tinggalkan Balasan

Hosting Unlimited Indonesia
error: Content is protected !!
X
%d blogger menyukai ini: