Tracking Material Area 1 : Tahap 3

Tracking Material Tahap 3
0 0

Yth, AC Area 1
Bapak Budi Siregar

CC : KTU Oprt. Reg. Mentaya
KTU FC Reg. Mentaya
Kasie Area 1

Notulensi Tracking Material Tahap 3
“Administrasi dan Aplikasi pupuk Estate”
Rabu, 05 Agusutus 2020

Peserta kegiatan :

  1. AC Area 1
  2. KTU FC Region Mentaya
  3. All EM Area 1
  4. Manager CMNT
  5. Askor BMS SMNE
  6. Kasie Area 1
  7. All Kasie Area 1
  8. Supervisi BMS SMNE
  9. Mantri Wilayah 1

A. Kegiatan

  1. Apel Pagi Tahap 1 dan Tahap 2
  2. Gambaran Umum BMS SMNE oleh Estate Manager dan Askor BMS.
  3. Arahan AC Area 1
  • Pupuk merupakan material yang bernilai “Mahal” dan merupakan Investasi, sehingga prosesmya *Wajib* dikawal dari awal sampai akhir.
  • Pupuk bersifat “Zero Tolerance“, sehingga Wajib presisi.
  1. Proses Pemupukan Estate sampai dengan aplikasi ke pokok :
  • Divisi mempersiapkan Bon Manual, BPB Sistem (ZIM SAP) dan BA Tuntas Pupuk yang sesuai dengan RKH pada saat pengambilan.
  • Serah terima pupuk dari gudang Estate ke Gudang BMS dilengkapi dengan Berita Acara Serah terima antara Kasie Estate/Admin Gudang dengan Mandor Until.
  • Pada saat proses penguntilan, Mandor Until Wajib melakukan uji petik sebanyak 30 sample untilan dan dicantumkan pada BA Uji Petik setiap harinya.
  • Estate Manager, Askor BMS, dan Kasie Estate Wajib melakukan Surprise Check timbangan untilan secara periodik serta dituangkan kedalam BA Quality Check.
  • Pada saat proses muat untilan yang akan diaplikasi, Mandor until membuatkan BA serah terima ke Mandor Ecer.
  • Proses ecer pupuk dilakukan sesuai dengan RKH dan kuantitas sesuai dengan keterangan pada TPP.
  • Sebelum melakukan penaburan, Mandor tabur Wajib melakukan uji petik takaran tabur per masing-masing penabur.

B. ISSUE

  1. Kesesuaian hasil uji petik takaran until masih rendah (45%) dan tidak adanya monitoring Uji Petik oleh Mandor Until/Askor Gudang BMS.
  2. Label pada takaran until tidak ada, sehingga sulit membedakan takaran untuk per masing-masing jenis pupuk dan berat untilan.
  3. Kondisi lantai gudang BMS serta bak until dalam keadaan basah, dikarenakan tampiasan air hujan yang masuk kedalam gudang.
  4. Tata letak penyimpanan antara Tumpukan sak pupuk dengan untilan yang belum standard.
  5. Jumlah TPP belum terpenuhi sesuai standar dan keterangan pada TPP belum mencantumkan jumlah Pokok blok, sehingga berpotensi *Tidak Tepat Dosis* pemupukan.
  6. Tumpukan untilan pupuk di TPP tidak tersusun rapi, sehingga sulit dihitung.
  7. Hasil uji petik takaran tabur masih rendah (62%), yang rata-rata disebabkan karena ibu jari yang masuk kedalam cepuk/takaran tabur sehingga mengurangi jumlah pupuk yang terambil pada saat uji petik/penaburan.
  8. Kendala Stock Outstanding pada sistem SAP (ZIM), dimana aktual pemupukan berbeda dengan rencana awal/Bon/RKB pupuk yang telah diinput melalui SAP (ZIM).
Tracking Material Tahap 3
Tracking Material Tahap 3

C. Tindakan Perbaikan

  1. Pengawalan Uji Petik untilan dan terdokumentasi
  2. Pembuatan label takaran until
  3. Renovasi ventilasi dan sirkulasi udara gudang sehingga mampu menahan tampiasan hujan
  4. Design ulang gudang BMS, dengan memindahkan posisi bak until ke tengah gudang. Sehingga tata letak antara tumpukan sak dengan untilan akan terpisah.
  5. Standarisasi TPP dengan melakukan sensus ulang jumlah Pokok blok dan pemenuhan jumlah TPP (Study banding ke SMRE).
  6. Pengawalan dari Mandor Ecer untuk penyusunan pupuk di TPP dan terdokumentasi.
  7. Melatih tim tabur agar terbiasa dengan ukuran takaran tabur yang tepat dosis, terutama tata cara pengambilan pupuk menggunakan cepuk/takaran tabur.
  8. Disiplin dalam pengajuan RKB, dimana pengajuan RKB sudah berdasarkan kondisi aktual lapangan. Selanjutnya akan dilakukan Refresh terkait penginputan ZIM pada sistem SAP pada hari Sabtu, tanggal 08 Agustus 2020 di Kantor Region Mentaya.
Kebersamaan Area 1 pada Kegiatan Tracking Material di SMNE
Kebersamaan Area 1 pada Kegiatan Tracking Material di SMNE
Kebersamaan Area 1 pada Kegiatan Tracking Material di SMNE..
Kebersamaan Area 1 pada Kegiatan Tracking Material di SMNE..
Kebersamaan Area 1 pada Kegiatan Tracking Material di SMNE.
Kebersamaan Area 1 pada Kegiatan Tracking Material di SMNE.
Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleppy
Sleppy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0
The following two tabs change content below.

sarwanto24

Kelahiran Padang, Sumatera Barat. memiliki darah campuran antara Suku Jawa (Yogyakarta) dengan Pesisir Selatan (Sumatera Barat). Dari lahir sampai SMA besar di Padang, dilanjut berpulang ke Yogyakarta pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2016. Bekal Pendidikan Perguruan Tinggi Program Diploma (D3) UGM Yogyakarta, Sarjana Ekonomi (S1) STIE YKPN, Profesi Akuntan (Akt) UGM Yogyakarta memberanikan diri melangkah menghadapai kenyataan hidup ke Kalimantan Tengah pada Tahun 2016. Pada tahun 2016 sedang menjalani Program Magister Of Accounting di UGM Yogyakarta, dimana dalam proses bimbingan Tesis. Namun, pada tahun 2018 harus kandas karena kesulitan dalam pengaturan jadwal seminar dengan Dosen Pembimbing, sehingga memutuskan untuk mengundurkan diri pada tahun tersebut. Pengalaman bekerja di CV.Mitranata yang bergerak pada bidang Konsultan Pajak dan sebagai pengajar kelas Akuntansi di PRIMAGAMA. Selain itu, pernah memiliki Bengkel Motor Klasik bersama dengan 3 teman mahasiswa lainnya selama 2 tahun (2013 - 2015) dimana karena beberapa kondisi bengkel harus berhenti beroperasi. Hobi yang paling tekuni adalah Akuntansi, Design Grafis dan Hiking.
Posted by

sarwanto24

Kelahiran Padang, Sumatera Barat. memiliki darah campuran antara Suku Jawa (Yogyakarta) dengan Pesisir Selatan (Sumatera Barat). Dari lahir sampai SMA besar di Padang, dilanjut berpulang ke Yogyakarta pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2016.
Bekal Pendidikan Perguruan Tinggi Program Diploma (D3) UGM Yogyakarta, Sarjana Ekonomi (S1) STIE YKPN, Profesi Akuntan (Akt) UGM Yogyakarta memberanikan diri melangkah menghadapai kenyataan hidup ke Kalimantan Tengah pada Tahun 2016.
Pada tahun 2016 sedang menjalani Program Magister Of Accounting di UGM Yogyakarta, dimana dalam proses bimbingan Tesis. Namun, pada tahun 2018 harus kandas karena kesulitan dalam pengaturan jadwal seminar dengan Dosen Pembimbing, sehingga memutuskan untuk mengundurkan diri pada tahun tersebut.
Pengalaman bekerja di CV.Mitranata yang bergerak pada bidang Konsultan Pajak dan sebagai pengajar kelas Akuntansi di PRIMAGAMA. Selain itu, pernah memiliki Bengkel Motor Klasik bersama dengan 3 teman mahasiswa lainnya selama 2 tahun (2013 - 2015) dimana karena beberapa kondisi bengkel harus berhenti beroperasi.
Hobi yang paling tekuni adalah Akuntansi, Design Grafis dan Hiking.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia
shares
X