Nenas, Komoditi Ideal di Daerah Sampit » ImpianClub.com
Tanaman Pangan

Nenas, Komoditi Ideal di Daerah Sampit

“Tidak ada satu ciptaan Allah pun yang sia-sia”

Wilayah Sampit dan sekitarnya hamper 90% daerahnya termasuk dalam topografi low land (rawa, lahan gambut). Dengan kondisi areal seperti ini, dibutuhkan biaya yang besar, jika ingin dikembangkan dalam skala yang lebih besar, misalnya: untuk perkebunan kelapa sawit. Pengelolaan air (water management) merupakan tindakan yang wajib diperhatikan dalam pemanfaatan lahan gambut. Kedalaman lapisan gambut di daerah ini bervariasi, rata-rata 2 m – 6 m, bahkan ada yang lebih dari ini. Kedalaman gambut seperti ini sangat tidak memungkinkan menggunakan tenaga manusia (man power) dalam pengelolaannya.
Komoditi Nenas sangat baik di SampitWalaupun demikian, masyarakat di Sampit tidak diam begitu saja dalam pemanfaatan lahannya. Pemanfaatan lahan di daerah ini meliputi: untuk pemukiman, usaha, komoditi pertanian dan infrastruktur lain. Untuk usaha terutama digunakan pembangunan gedung sarang burung wallet… luar biasa berkembang di daerah ini.
Yang luar biasa lagi…
Sampit sangat sesuai untuk komoditi Nenas (Ananas comosus), lihat gambar. Pada Gambar merupakan Nenas yang ditanam sendiri di pekarangan rumah. Dengan pemeliharaan yang baik tanaman nenas sudah bisa berproduksi dengan baik, tindakan pemupukan yang dilakukan sangat minim sekali. Berat nenas diperkirakan ± 3 kg. Nenas tidak memerlukan perlakukan khusus dalam budidayanya: tidak tergenang, bersih dari akar-akar dan bersih dari gulma merupakan hal yang sudah layak untuk tumbuhnya. Hanya saja komoditi nenas di Sampit masih dikelola secara perorangan.

Semoga bermanfaat, tunggu tulisan selanjutnya!!!

Sharing is caring!

URL singkat : http://bit.ly/2u3SlUG
The following two tabs change content below.
Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer. Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, PT. Melia Sehat Sejahtera - MLM No 1 di Indonesia dan Reseller beberapa produk terlaris. Hal ini memberikan solusi bagi kawan-kawan yang menginginkan pekerjaan dan sumber penghasilan tambahan. Mau informasi selengkapnya tentang Kami, silahkan lihat [ IdentitasKu ] [ PendidikanKu ] [ PekerjaanKu ] dan dapat dilihat di profil social media Kami. Filosofi : Tidak ada kata GAGAL, yang ada hanya SUKSES atau BELAJAR - Semangat pantang menyerah. Target atau Goal yang sudah dibuat harus diberikan Perhatian, Energi dan Fokus. MAU berubah hidup 180 derajat?. KUASAI Kekuatan pikiran, kekuatan perasaan dan kekuatan spiritual. Perbanyak tindakan #JustDoIt, karena dengan bertindak pasti ada hasil. Sabar, tetap semangat dan maju terus meraih impian. Sukses buat kita semua !. Kami dapat dihubungi di No: 0811 5018 144 - 0812 4844 544 (Telp/WA), eMail : support@impianclub.com.

2 Thoughts to “Nenas, Komoditi Ideal di Daerah Sampit”

  1. Hello to every one, it’s truly a fastidious for me to go to see this web page, it contains precious Information.

    Also visit my blog post home heating oil prices

  2. This is my first time visit at here and i am truly pleassant
    to read all at single place.

Silahkan berikan komentar Anda - Pembelajaran Buat Kita Semua

shares
0

Your Cart