BGA News Info Perkebunan Kelapa Sawit Perkebunan

Panduan Pengelolaan Pusingan Panen pada Situasi Kritis

Berikut disampaikan panduan pengelolaan pusingan panen pada situasi kritis (yield tinggi, peak crop dan pusingan panjang). Pastikan pemahaman dan skill pengelolaan pusingan ini sampai ke Level asisten dan menjadi kompetensi dasar semua asisten kita dengan mengajari langsung, mendemonstrasikan langsung dan berada langsung di lapangan khususnya saat periode kritis pasca lebaran.

1. Musuh Utama pekerjaan panen adalah Angka Kerapatan Panen (%). Semakin tinggi AKP semakin tinggi pula load kerja dan tingkat kesulitan Panen.

2. AKP (%) merupakan konsekuensi logis dari Tingkat Yield, Umur Pusingan & Kebijakan MRS.

3. Yield yg tinggi akan meningkatkan kesulitan panen karena potensi TBS per ha per rotasi tinggi, Umur Pusingan yg panjang akan meningkatkan jumlah buah matang & % brondolan dan pelanggaran MRS akan meningkatkan jumlah buah dipanen (%AKP) dan menurunkan output ha pemanen. Kebun2 yg yield-nya lebih tinggi pastilah akan menghadapi potensi kesulitan yg lebih tinggi. Manager-manager yang mampu menjaga pusingan panen tetap normal sepanjang tahun pada kebun yg yield-nya sangat tinggi adalah Manager kelas 1.

Team BGS dan BMS SMRE
Team BGS dan BMS SMRE

4. Luasan panen (ha cover) yang mampu dikerjakan seorang pemanen merupakan konsekuensi logis dari Tingkat Yield, AKP (Peak/Low), Umur Pusingan, Disiplin MRS, dan Skill Pemanen (Output). Ingat : Ha Cover / Luas Ancak Normal pemanen adalah Luasan yg mampu dikerjakan pada Asumsi Normal, Pusingan 7 hari dan MRS 5. Ha Cover yg mampu dikerjakan akan berkurang jika pemanen melanggar Disiplin MRS atau Pusingan panen memanjang.

5. Tingkat Kesulitan / kerawanan Panen (%AKP)Tertinggi terjadi pada kebun yg 1. Yield-nya Tinggi, pada 2. bulan Peak , saat 3. Umur Pusingan Panjang karena Libur Panjang atau kurang TK serta terjadi 4. Pelanggaran MRS karena tingginya tingkat kesulitan kerja & buruknya pengawasan.
Oleh karenanya situasi pusingan panen pasca lebaran tahun ini adalah saat yg paling Kritis, ujian paling sulit dalam pengelolaan panen karena semua variabel kesulitan bertemu dalam waktu yg sama.

6. Kunci Sukses Mengelola Pusingan Panen saat Tingkat Kerawanan Tinggi (bertemunya Yield Tinggi, bulan Peak, & Pusingan Panjang) adalah : 1. Pembagian Ancak Panen yg Tepat (sesuai tingkat Yield dan umur pusingan & memberikan kesempatan dapat basis dengan cara kerja yg wajar), 2. Terpenuhinya TK Inti, Mandoran Ganti Panen & Pembentukan KKP, 3. Managemen Cuti & Strategi Khusus Lebaran, 4. Disiplin Strategi Pengkondisian dan Normalisasi Pusingan, 5. Disiplin dan Ketat menjaga MRS 5 pada situasi normalisasi.

Pemberian Reward kepada Pemanen di Kebun SMRE
Pemberian Reward kepada Pemanen di Kebun SMRE

7. Pusingan potong buah yg panjang/pendek menyebabkan terdorongnya pemanen untuk melakukan pelanggaran disiplin karena pertimbangan kesulitan kerja & penghasilan yg kecil karenanya pengawasan panen haruslah Extra ketat pada saat Pusingan Panjang / Pendek.

8. Strategi Normalisasi / mengejar pusingan panen yg terlanjur panjang hanya dapat dilakukan dengan : 1. Memperpendek Pusingan Normal terlebih dahulu, agar 2. Tersedia/ Saving hari kerja untuk mengerjakan pusingan panjang oleh tenaga tersedia dengan 3. Tetap menjaga tdk ada lagi blok normal yg menjadi panjang pusingannya, dengan cara tersebut dapat dikatakan prinsipnya menormalkan pusingan panen adalah 4. Fokus menambah jumlah blok pusingan normal dan pendek.

9. Strategi Pusingan pada dasarnya adalah menambah Luasan Panen Harian (Panen 1,5 – 2 Seksi satu hari) dengan menurunkan tingkat kesulitan panen (AKP rendah – Yield rendah – Pusingan Pendek) — Saving Hari kerja Panen — Kerjakan Satu Seksi Panjang sampai Tuntas — Kerjakan Pusingan Pendek lagi — Saving Hari kerja Panen — Kerjakan Satu Seksi Panjang sampai Tuntas, dst sampai seluruh pusingan panjang tuntas.

10. Disiplin dan Keyakinan menjalankan Strategi Normalisasi secara konsisten membantu menjaga Situasi tidak memburuk, sebelum situasi kekurangan TK teratasi.Kebun kebun yg memaksa memotong pusingan panjang secara terus menerus akan mengalami perburukan pusingan yg jauh lebih berat, losses yg jauh lebih tinggi dan waktu Normalisasi yg lebih lama.

Perbaikan A2, A3 Areal Rendahan di Divisi 3, 4 BDME
Perbaikan A2, A3 Areal Rendahan di Divisi 3, 4 BDME

11. Penerapan DOL, TK Gerdang, TK kutib brondolan haruslah memperhitungkan kemampuan TK Cutter dan Picker dengan cermat. Tidak selarasnya kerja Cutter dan Picker akan memperburuk situasi, brondolan tinggal di lapangan tidak terkontrol, losses tinggi, FFA tinggi.

12. Kesalahan umum yg memperburuk kondisi pada situasi Normalisasi Pusingan adalah : 1. Tidak menjalankan Strategi Normalisasi dan Terjebak untuk menyelesaikan Pusingan Panjang terlebih dahulu, 2. Membuat Target Patron Normalisasi tidak sesuai dengan Kondisi AKP Aktual dan Ketersediaan TK Aktual sehingga sulit dieksekusi dan menimbulkan kepanikan di Level Asisten, 3. Tidak cermat dalam pengaturan DOL (Cutter+Picker), 4. Belum adanya Managemen dan Pengaturan Cuti Karyawan Panen sehingga Cuti menumpuk saat Lebaran. 5. Buruknya supervisi panen pasca Lebaran karena banyaknya supervisi panen yg cuti panjang, Manager dan Asisten Cuti meninggalkan kebun cukup lama pasca Lebaran sehingga pelanggaran terhadap ketentuan MRS minimal 5 sangat tinggi yg akan memperburuk situasi.

Source :
By: Guntur Hamonangan Hasibuan (Production Controller KalTeng)

Demikian, semoga bermanfaat.

Keyoword:
Peak crop, pusingan panen, AKP, MRS, Patron, DOL, cutter, picker, Skill pemanen

Sharing is caring!

URL singkat : http://bit.ly/2Ir9rWa
The following two tabs change content below.
Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer. Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, PT. Melia Sehat Sejahtera - MLM No 1 di Indonesia dan Reseller beberapa produk terlaris. Hal ini memberikan solusi bagi kawan-kawan yang menginginkan pekerjaan dan sumber penghasilan tambahan. Mau informasi selengkapnya tentang Kami, silahkan lihat [ IdentitasKu ] [ PendidikanKu ] [ PekerjaanKu ] dan dapat dilihat di profil social media Kami. Filosofi : Tidak ada kata GAGAL, yang ada hanya SUKSES atau BELAJAR - Semangat pantang menyerah. Target atau Goal yang sudah dibuat harus diberikan Perhatian, Energi dan Fokus. MAU berubah hidup 180 derajat?. KUASAI Kekuatan pikiran, kekuatan perasaan dan kekuatan spiritual. Perbanyak tindakan #JustDoIt, karena dengan bertindak pasti ada hasil. Sabar, tetap semangat dan maju terus meraih impian. Sukses buat kita semua !. Kami dapat dihubungi di No: 0811 5018 144 - 0812 4844 544 (Telp/WA), eMail : support@impianclub.com.

Related posts

Silahkan berikan komentar Anda - Pembelajaran Buat Kita Semua

shares
0

Your Cart