Info Perkebunan

Seberapa Penting “Tiga Akses” di Perkebunan Kelapa Sawit?

Asal Mau Pasti Bisa… Yes!
Mungkin Anda yang masih awam, rada bingung kali yeee. Apa ketiga akses tersebut?… Jelasnya: ketiga akses yang saya maksudkan disini, bukan akses yang macam-macam, heeeeee.
Apa ketiga akses yang saya maksud?… Planters (Agronomist) sering memberikan kode ketiga akses tersebut dengan sebutan “Akses A1, A2 dan A3”.
Seberapa penting ketiga akses ini?,,, sudah pasti sangat penting, yach namanya juga akses yang identik dengan lintasan.

Pentingnya Mengelola dan Merawat Tiga Akses agar Kondisi Ringan Sepanjang Masa
Pentingnya Mengelola dan Merawat Tiga Akses agar Kondisi Ringan Sepanjang Masa

Pengertian dan Manfaat Tiga Akses
Akses A1
Urutan pertama dari ketiga akses adalah Akses A1. Akses A1 merupakan akses terpenting karena menyangkut jalan sebagai transportasi (jalan poros, jalan alternatif, jalan collection, jalan mainroad, jalan penghubung). Pokoknya yang menyangkut dengan jalan termasuk dalam “Akses A1”.

Akses A2
Yang termasuk dalam Akses A2 adalah akses yang menuju pokok kelapa sawit (TPH, Pasar Pikul/jalan pikul/pasar rintis, pasar tengah, penghubung antar teras dan Piringan). Akses ini sangat penting sekali dalam hal kegiatan: eksploitasi buah (panen), pemupukan, penyemprotan dan pekerjaan perawatan (UpKeep) lainnya. Agar akses A2 selalu terjaga dapat dilakukan melakukan kegiatan manual dan penyemprotan (PPT Chemist).

Akses A3
Akses A3 adalah akses di pokok kelapa sawit itu sendiri. Akses A3 menyangkut pemeliharaan pokok dan kesehatan pokok. Apa saja kegiatan yang termasuk dalam akses ini?… Sanitasi, kastrasi dan prunning.

Ketiga akses ini harus terawat atau terjaga dalam “kondisi ringan” sepanjang masa. Ketiga akses ini berperan sangat penting untuk meminimalisasi kerugian (losses). Rotasi kerja dari ketiga akses ini harus benar-benar dijaga, agar tetap berada dalam kondisi ringan.
Ketiga akses ini harus menjadi “skala prioritas pekerjaan”.
Mindset dari seorang planters harus selalu menanamkan di setiap pikiran teamnya untuk selalu menjaga ketiga akses ini dalam kondisi ringan.

Semangat Planters
3 Modal utama planters: “mulut, dengkul (kaki) dan otak (pikiran)”

Semoga bermanfaat!

Catatan: PPT (Piringan, Pasar Pikul, TPH).

Gabung Sekarang di Support System PayTren ImpianClub
URL singkat : http://bit.ly/1MP1HoW
The following two tabs change content below.
Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer. Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, PT. Melia Sehat Sejahtera - MLM No 1 di Indonesia dan Reseller beberapa produk terlaris. Hal ini memberikan solusi bagi kawan-kawan yang menginginkan pekerjaan dan sumber penghasilan tambahan. Mau informasi selengkapnya tentang Kami, silahkan lihat [ IdentitasKu ] [ PendidikanKu ] [ PekerjaanKu ] dan dapat dilihat di profil social media Kami. Filosofi : Tidak ada kata GAGAL, yang ada hanya SUKSES atau BELAJAR - Semangat pantang menyerah. Target atau Goal yang sudah dibuat harus diberikan Perhatian, Energi dan Fokus. MAU berubah hidup 180 derajat?. KUASAI Kekuatan pikiran, kekuatan perasaan dan kekuatan spiritual. Perbanyak tindakan #JustDoIt, karena dengan bertindak pasti ada hasil. Sabar, tetap semangat dan maju terus meraih impian. Sukses buat kita semua !. Kami dapat dihubungi di No: 0811 5018 144 - 0812 4844 544 (Telp/WA) atau via eMail : support@impianclub.com.
  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares

Related posts

2 Thoughts to “Seberapa Penting “Tiga Akses” di Perkebunan Kelapa Sawit?”

  1. Pemerhati Planters

    Makasih pak, dapat pencerahan mengenai perawatan jalan di perkebunan kelapa sawit.

    Saya tambahi ya pak.
    Tindakan terpenting yang harus dilakukan oleh seorang planters “mengantisipasi dan mengambil tindakan” sesegera mungkin, sehingga tidak bertambah jalan yang rusak.

    Contoh kecil :
    – parit buang air (cutting side drain) yang mengalami sedimentasi segera dibersihkan/didalami kembali.
    – Genangan air yang ada di badan jalan segera dikuras, kemudian mengisinya dengan tanah segar.

    Karena apa?..
    Penyebab rusaknya jalan karena air. Jadi bagaimana tidak terjadi genangan air di badan jalan (draenase lancar) dan jalan cepat kering.
    Jika kondisi seperti ini bisa dilakukan secara konsisten, maka jalan bisa dilalui sepanjang masa (All weather road) dan kerusakan jalan tidak bertambah.

    Semoga bermanfaat !

    1. Semakin perfect, thanks Gan.

Silahkan berikan komentar Anda - Pembelajaran Buat Kita Semua

0

Your Cart