Motivasi

Sukses atau Gagal adalah Pilihan…!!!

Sahabatku…
Dua kata “sukses” dan “gagal” adalah merupakan kata yang sering dialami dalam kehidupan manusia. Benar, bukan?… Kalau ditanya pada masing-masing, jika disuruh memilih… semuanya akan memberikan jawaban MAU SUKSES. Saya juga secara pribadi MAU SUKSES alias tidak mau gagal… he he he 🙂

Ok… sobat!

[ad#ad-4]

Berarti kita semua mempunyai tujuan yang sama… yaitu INGIN SUKSES dan TIDAK MAU GAGAL.
Namun… dalam realita kehidupan Gagal… Gagal… dan Gagal sering sekali silih berganti kita alami. Saya juga demikian. Anda mungkin tahu Thomas Alfa Edison, Sir Isac Newton dan masih banyak yang lain… mereka juga mengalami hal yang sama… sehingga mereka menjadi sukses.
Jadi GAGAL… memang harus kita lalui untuk mau berhasil.

Kegagalan yang kita lalui, secara hakekatnya bukanlah GAGAL… melainkan awal mula dari keberhasilan kita. Jadi, dari setiap kegagalan yang kita alami menjadikan kita lebih banyak belajar dan membuat kita lebih dewasa berpikir. Makanya, jangan berhenti belajar. Belajar dapat dilakukan dari pengalaman yang sudah kita lalui atau dari orang-orang yang sudah berhasil. Setuju?…

Berdasarkan pengalaman, ada hal-hal yang perlu dilakukan agar apa yang dituju berhasil :

1. Membuat Perencanaan (planning)

Sebelum melakukan kegiatan terlebih dahulu buat perencanaan. Dalam membuat perencanaan harus jelas kapan pekerjaan dilakukan, berapa kebutuhan biaya, berapa kebutuhan tenaga dan batas penyelesaian dari rencana tersebut. Dalam perencanaan juga harus disebutkan, beberapa alternatif yang harus dilakukan jika terjadi hal-hal yang diluar dugaan.

2. Review dan Analisa

Setelah membuat rencana… barulah pekerjaan dapat dilakukan. Sepanjang pekerjaan berlangsung kita harus mereview dan menganalisa pekerjaan yang sedang dilakukan. Review dan Analisa ini sangat berguna sekali terhadap sudah sejauh mana perencanaan tercapai sekaligus menganalisa hal-hal yang menjadi penghambat dari sesuatu kegiatan berlangsung.

Silahkan Baca :  Lakukan Upgrade Diri

3. Pengawasan yang Baik (Control)

Tindakan pengawasan dalam sesuatu kegiatan yang sedang berlangsung sangat diperlukan. Hal ini dilakukan agar penyimpangan-penyimpangan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan bisa DIMINIMALISASI. Pengawasan yang dilakukan dapat berupa : pengawasan terhadap tindakan manusianya, pengawasan terhadap pemakaian dana serta pengawasan terhadap penggunaan material atau bahan yang digunakan.

Ketiga komponen di atas dapat diterapkan secara individual maupun team.

Sahabatku…
Jika anda GAGAL… jangan membuat Anda Putus Asa. Saya menyarankan kepada Anda, jika hal ini terjadi lakukan analisa kembali. Apa sebab terjadinya kegagalan tersebut?… Belajar dan Belajarlah terus…!

Maaf… kalau tulisan ini kurang baik. Berarti komentar atau masukan Anda sangat diharapkan.

Sukses selalu untuk kita semua!
Good luck for All

Berlangganan Artikel… GRATIS! Masukkan Email Anda :

Sharing is caring!

The following two tabs change content below.
SWIG CRU VIP Club

Related posts

Silahkan berikan komentar Anda - Pembelajaran Buat Kita Semua

Hosting Unlimited Indonesia
shares
0

Your Cart