FINAL: Langkah #7 ini yang Mewujudkan Impian Anda

0 0

BelajarBisnisInternetDotCom

Hai Budi,

Sudah 11 hari sejak email pertama saya kirimkan, akhirnya tibalah seri terakhir (FINALE) dari Email Pembelajaran tentang 7 Mindset & Strategi Menghadapi Krisis di Hidup Anda.

Sesuatu yang sebetulnya saya mulai lakukan dari sebuah niat untuk bisa memberikan sebuah HARAPAN dan ENERGI POSITIF buat banyak orang di situasi tidak menentu ini.

Virus COVID19 memang lagi mengamuk di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Situasinya sudah cukup buruk, sehingga jangan ditambah lagi dengan menyebarkan Virus FW yang juga semakin mengganas efeknya.

Tangga Meraih Impian Mbro
Tangga Meraih Impian Mbro

Apa itu Virus FW?

Yaitu Virus Fear & Worry yang lebih masif tersebarnya. Hal ini menimbulkan perasaan negatif, pesimis dan ketakutan berlebihan bagi banyak orang.

Dan kumpulan energi negatif, pesimis dan ketakutan di diri sendiri, keluarga dan lingkungan, tidak akan membawa hasil yang baik, malah memperparah keadaan.

Oleh sebab itu, saya memutuskan untuk mencurahkan puluhan jam selama beberapa hari terakhir untuk menulis email series 7 Mindset & Strategi Menghadapi Krisis di Hidup Anda ini.

Saya merasa kurang tidur dan lembur-lembur ini terbayarkan selama bisa membantu menyebarkan Virus HPO (Hope, Positive Energy and Optimistic) ke banyak orang.

Saya bersyukur dan turut happy ketika membaca banyak respon email dari pembaca email series ini (mungkin termasuk Anda) yang bilang mendapatkan banyak manfaat positif dari pelajari email-email ini setiap paginya.

I’m Very Grateful for That!


Ok jadi sebelum masuk ke email series terakhir (FINALE) hari ini, saya ingin memberikan RINGKASAN apa saja 6 MIndset dan Strategi yang sudah Anda pelajari sebelumnya.

1) PILIH FOKUS PIKIRAN ANDA DENGAN BIJAK karena Apa yang Menjadi Fokus Pikiran Anda akan Berkembang dan Membesar!

Rugi Gak dibaca Mbro, klik disini ya !

2) MILIKI PERASAAN BERSYUKUR karena:

  • Perasaan bersyukur memiliki gelombang energi positif yang tinggi.
  • Dan saat Anda memancarkan energi positif yang tinggi seperti penuh rasa syukur dan bahagia, Anda jadi magnet bagi hal-hal yang bagus juga.

Selangkapnya ada di sini Mbro !

3) MILIKI Pola Pikir BERKELIMPAHAN atau Abundance Mindset agar Anda bisa menarik realita berkelimpahan dalam hidup Anda. Caranya adalah dengan:

  • Sering-sering Bersyukur atas segala sesuatu yang telah Anda miliki.
  • Bermurah-hatilah dengan membantu dan memberi orang lain yang layak dibantu.

Detailnya Gan, klik di sini!

4) Hancurkan Mental Block atau Hambatan Mental Anda dengan cara:

  • Identifikasi keyakinan yang tidak mendukung yang dimiliki.
  • Program ulang / GANTI keyakinan tidak mendukung dengan suatu keyakinan yang lebih mendukung keberhasilan Anda.

Lengkapnya Mbro, klik di sini ya !

5) Buat TUJUAN yang BERHARGA dan BERMAKNA yang dibuat memenuhi 2 kriteria ini:

  • Dibuat saat State of Mind atau situasi pikiran Anda TENANG dan penuh dengan perasaan BERSYUKUR dan BERKELIMPAHAN.
  • Dibuat SPESIFIK dan memunculkan perasaan EMOSIONAL (baik Positif ataupun Negatif) yang KUAT.

Silahkan di baca :Detailnya klik di sini !

6) RISET dan BUAT ROADMAP atau PETA Kesuksesan ke Tujuan Anda untuk memperlancar dan mempercepat Anda tiba sampai tujuan, tanpa kehabisan waktu, uang dan energi karena tersesat ke sana ke mari.

Tulisan lengkapnya, silahkan di baca di sini !

Saya sarankan Anda untuk membaca berulang-ulang penjelasan masing-masing poin diatas di email-email sebelumnya karena seringkali kita membutuhkan pengulangan untuk benar-benar memahami dan mempratekkan latihan yang saya anjurkan di setiap penjelasan diatas.

Jika Anda BELUM membaca mindset & strategi no 1 – 6, silahkan baca email-email sebelumnya baru lanjutkan ke email hari ini..
Tetapi jika Anda baru bergabung ke database email atau tidak menerima email-email sebelumnya, maka Anda bisa membaca selengkapnya di Sukarto Telegram Official Channel.
Saya ada menaruh seluruh email & konten bermanfaat yang saya buat sebagai arsip disana. Silahkan KLIK untuk JOIN Sukarto Official Channel.

Nah setelah di langkah-langkah sebelumnya, Anda menentukan Tujuan yang Berharga dan Roadmap atau Peta Perjalanan untuk Mencapai Tujuan Anda maka tiba saatnya Anda untuk melakukan Langkah ke #7 (FINAL) yaitu:

Okay mari kita masuk ke inti email hari ini yaitu Mindset, Strategi atau Langkah ke #7 (FINAL) yaitu:

JALANI PROSESNYA dan EVALUASI ROADMAP Secara Berkala

Tidak ada yang akan terwujud TANPA ada PROSES yang terjadi. Semua makanan yang siap dimakan, perlu ada proses menyiapkannya. Semua rumah, gedung dan bangunan apapun hanya bisa terwujud karena ada proses pembangunan.

Sebuah pernikahan juga bisa terjadi karena ada proses yang terjadi sebelumnya. Dari pendekatan, pacaran baru menikah. Kan gak mungkin tiba-tiba langsung seseorang menikah dengan orang asing 🙂 Betul tidak?

Jadi segala sesuatu di dunia ini TERWUJUD karena ada PROSES yang terjadi atau dilakukan.

Jadi sangat naif atau polos jika seseorang berharap IMPIAN, GOAL atau TUJUAN nya bisa terwujud, tanpa melakukan PROSES nya.

Justru LEBIH BAIK seseorang itu FOKUS Menjalani PROSES nya dibanding terus memikirkan Impian atau Tujuannya (seperti sedang bermimpi di siang bolong).

Apa PROSES dari Mewujudkan Impian, Goal atau Tujuan Anda?

Yah jalani Roadmap atau Peta yang sudah Anda buat di langkah sebelumnya. Jika Anda belum tahu harus ngapain untuk mencapai tujuan Anda, berarti ada PR BESAR yang belum dilakukan yaitu buat Roadmap atau Peta menuju tujuan Anda.

Nah jika Anda sudah punya roadmap atau peta nya, yah tinggal jalani saja proses atau perjalanannya, pasti akhirnya sampai ke tujuan.

Tetapi kenyataannya TIDAK SEMUDAH itu, betul tidak? 🙂

Saya mengamati diri saya sendiri dan banyak orang, mengapa seseorang TIDAK MULAI menjalani PROSES nya walaupun sudah memiliki Roadmap atau Peta untuk mencapai tujuannya?

Saya menyadari ada SATU Mental Block BESAR yang dimiliki banyak orang (termasuk saya dulunya) yang menghalangi dirinya untuk mulai menjalani prosesnya.

Apa itu? Yaitu SELF DOUBT atau KERAGUAN pada Diri Sendiri!

Banyak orang meragukan dirinya sendiri, apa bisa, apa mungkin, apa cocok, bagaimana pandangan orang lain dan seterusnya.

Saya memang sudah membahas bagaimana REPROGRAM Mental Block di Strategi atau Langkah #4 (silahkan baca email sebelumnya atau baca di Telegram Channel saya).

Tetapi ada SATU STRATEGI yang menurut saya SANGAT EFEKTIF di hidup saya untuk Mengatasi SELF DOUBT atau Keraguan pada diri sendiri ini.

Yaitu: Ciptakan KESUKSESAN KECIL secara KONTINU!

Banyak orang (termasuk saya juga dulunya) diajari untuk membuat goal, impian atau tujuan yang BESAR.

Q: Berapa Goal Income yang Anda ingin miliki?
A: Rp 100 juta per bulan pak!

Q: Berapa Income Anda saat ini?
A: Belum punya pak!

Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap impian atau goal besar yang ingin dicapai seseorang dan saya bukan ingin menghalangi seseorang punya goal besar.

Tetapi Anda harus memahami cara kerja pikiran bawah sadar agar bisa mendukung Anda dalam menjalani prosesnya.

Jika pikiran bawah sadar meragukan goal atau tujuan yang dibuat karena jika dari percakapan diatas, dari belum punya income selama ini, mau loncat ke 100 juta per bulan.

Pikiran jika tidak melihat sebuah petunjuk bahwa itu mungkin terjadi maka keraguan menjadi besar sehingga bahkan menghalangi Anda untuk memulainya untuk melindungi EGO dalam bentuk rasa malu dan lain-lain (sudah dibahas di email #4 juga).

Jadi harus bagaimana?

Anda boleh menentukan tujuan akhir yang besar, seperti goal income Rp 100 juta itu misalkan, tetapi Anda juga perlu menentukan milestone atau titik-titik pencapaian yang lebih kecil-kecil.

Ibarat Anda dari Jakarta ke Bali dengan naik mobil. Memang betul tujuan akhir adalah Bali, tetapi jika Anda mencari petunjuk jalan yang ada tulisan ke Bali, apakah ada? Tentu saja tidak ada bukan!

Anda pasti harus mencari petunjuk arah ke kota terdekat berikutnya. Misal ke Cirebon, setelah itu baru cari petunjuk ke Semarang, baru ke Solo, Surabaya, Pasuruan, Banyuwangi dan akhirnya baru Denpasar – Bali.

Demikian juga saat Anda menentukan Goal Besar, harus menentukan banyak milestone atau titik pencapaian lebih kecil.

Misal dari tidak punya income, akan bagus jika Anda memiliki goal jangka pendek income Rp 5 juta per bulan dulu. Sehingga pikiran bawah sadar Anda merasa itu masuk akal dan mendukung Anda.

Saat mencapainya, CELEBRATE atau RAYAKAN Kesuksesan Kecil itu!

Seringkali itu yang dilupakan banyak orang. Tidak mengakui kesuksesan kecil, padahal itu SANGAT PENTING untuk membangun KEYAKINAN DIRI dan mengurangi Keraguan pada Diri Sendiri.

Anda tidak harus merayakan kesuksesan kecil ini dengan langsung ke Bali dengan uang hutang he..he..

Tapi mungkin bisa dirayakan dengan keluar makan malam bersama keluarga. Syukuri moment seperti itu!

Hal seperti ini membangun KEYAKINAN DIRI yang LUAR BIASA!

Tentukan milestone atau titik pencapaian berikutnya, misal 10 juta per bulan. Mencapai lagi, celebrate atau rayakan lagi. Naik lagi jadi 20 juta per bulan dan seterusnya.

Seiring dengan Anda menciptakan KESUKSESAN KECIL secara KONTINU maka semakin besar KEYAKINAN DIRI Anda untuk mencapai goal yang LEBIH BESAR lagi!

Akhirnya saat Anda menentukan goal Rp 100 juta per bulan, ada keyakinan besar alias tidak ada keraguan di diri Anda untuk mencapainya.

Tetapi semua itu hanya bisa terjadi saat Anda sudah menciptakan KESUKSESAN KECIL Secara Kontinu!

Itulah yang terjadi dan saya lakukan saat mau bangkit dari krisis di kehidupan saya..

Saya terpuruk begitu dalam, hutang di bank menumpuk dengan bunga majemuk, semua tabungan hampir habis.

Untuk bisa menyelesaikan permasalahan besar seperti itu, saya butuh INCOME RATUSAN JUTA Per Bulan dari bisnis baru yang mau saya mulai yaitu dari affiliate marketing di luar negeri (saat itu pasar lokal masih sangat minim transaksinya).

Hal ini menimbulkan Self Doubt atau Keraguan yang Besar, akhirnya tidak mulai-mulai. Tetapi begitu saya geser fokus saya untuk menghasilkan $100 pertama maka hal ini menjadi lebih masuk akal untuk dilakukan.

Mencapai $100 pertama berlanjut ke $500 per bulan, berlanjut ke $1000 per bulan dan terus meningkat. Kepercayaan diri saya meningkat seiring dengan kesuksesan kecil-kecil yang saya raih ini.

Momentum dan keyakinan diri itu membawa saya untuk terjun ke model bisnis yang baru, jadi makin berkembang dan akhirnya semua hutang bank bisa terbayar, rumah impian terbeli, rumah dan investasi berikutnya dicapai, dan bisa rutin mengajak keluarga dan ibu saya liburan ke luar negeri.

Jika saya saat awal membayangkan semua pencapaian itu waktu mulai, sudah pasti saya tidak akan mulai-mulai karena SELF DOUBT begitu besar pada diri saya saat itu. Kepercayaan diri NOL bagaimana bisa mencapai sesuatu yang luar biasa!

Nah sekarang Budi sudah mengetahui RAHASIA nya agar Anda memiliki KEYAKINAN DIRI untuk mencapai Impian, Goal atau Tujuan Berharga Anda!


JALANI PROSESNYA dan EVALUASI ROADMAP Secara Berkala

Saat Anda mulai menjalani prosesnya, INGAT untuk melakukan komponen ke 2 yaitu Evaluasi Roadmap Anda.

Dalam sebuah perjalanan, kadangkala kita harus bersedia menyesuaikan rute atau peta perjalanan kita karena menghadapi tantangan atau kesulitan.

Misal dalam perjalanan ke Bali, eh di perjalanan ke Semarang ternyata ada jalan yang ditutup sehingga Anda gak bisa lanjut.

Apakah Anda akan menunggu sampai jalan itu dibuka atau Anda akan lewat jalan alternatif? Tentu saja lewat jalan alternatif, betul tidak?

Itu juga yang perlu Anda lakukan saat perjalanan ke tujuan atau goal Anda. Roadmap atau peta itu bukan sesuatu yang kaku.

Lakukan evaluasi secara rutin saat Anda menjalani prosesnya, apakah roadmap atau peta yang Anda jalani ini masih mengarah ke tujuan Anda?

Jika ada halangan atau tantangan serius yang membuat Anda tidak bisa terus, mungkin Anda perlu bersedia menyesuaikan roadmap Anda untuk putar dulu ke arah yang berbeda.

Sebagai contoh dari pengalaman saya pribadi, waktu saya menekuni affiliate marketing dan menghasilkan, saya menyadari bahwa roadmap yang saya jalani ini memiliki beberapa keterbatasan dan kurang cocok dengan kepribadian dan karakter saya.

Saya sangat bergantung pada kebaikan hati si merchant untuk mengakui komisi yang menjadi hak saya dan sebagai People Person, saya merasa tidak adanya connection dengan end customer membuat saya merasa kehilangan sesuatu.

Semakin saya evaluasi roadmap ini, saya semakin menyadari bahwa saya harus melakukan penyesuaian ke sebuah model bisnis di online yang LEBIH COCOK dengan karakter dan talenta saya, kontrol lebih ada di tangan saya sendiri dan punya POTENSI SCALING yang lebih besar.

Sehingga saya putuskan untuk melakukah PIVOT (istilah kerennya) dan menyesuaikan Roadmap atau Peta Perjalanan saya.

Sehingga di tengah kondisi saat ini, pandemik Virus Corona, ada banyak bisnis mengalami krisis dan memaksa mereka untuk melakukan Evaluasi nya.

Banyak diantara mereka akhirnya menyadari betapa rapuhnya model bisnis yang mereka bangun selama ini.

Sedangkan beberapa klien yang saya coaching selama beberapa tahun terakhir, dimana sudah memiliki produk & services yang di deliver secara online, mereka berada di titik yang lebih baik dibanding bisnis-bisnis lainnya.

Itulah yang saya ingin sampaikan pada Anda…

Roadblock atau Tantangan Besar boleh saja terjadi di saat ini, tetapi yang penting, Anda perlu melakukan Evaluasi dan Lakukan Penyesuaian Roadmap atau Peta Kesuksesan Anda.

Segala sesuatu di dunia ini akan mengalami PERUBAHAN, jadi wajar saja jika Anda ikut berubah.

Ok jadi itulah yang Strategi dan Langkah #7 (FINAL) yaitu:

JALANI PROSESNYA dan EVALUASI ROADMAP Secara Berkala sehingga Keyakinan Diri Anda semakin hari semakin bertumbuh dan tetap mengarah ke tujuan berharga yang dimiliki.

SELESAI ???

Itulah pertanyaan ke diri saya sendiri… Apakah saya sudah SELESAI untuk berbagi?

Semua itu bergantung pada Anda..

Apakah ada pertanyaan tentang 7 Strategi dan Mindset Mengatasi Krisis di HIdup Anda?

Apakah masih ada hal atau topik yang Anda ingin saya sharingkan?

Anda boleh REPLY atau BALAS email ini untuk memberikan usulan topik.

Nah sekalian, saat membalas email untuk mengusulkan topik, sekalian Anda juga bisa memberikan komentar tentang manfaat dari pelajari email series ini. Be spesifik!

Hal ini akan membantu saya untuk mengetahui bagian mana yang lebih favorit, mana yang masih belum dipahami dan lain-lain.

Saya TUNGGU balasan email atau komentar Anda…

Oh ya, untuk jadwal Live Online Meetup berikutnya, saya alokasikan hari Jumat malam 17 April pukul 19.30 WIB ini.

Link akan saya info di email dan di Sukarto Telegram Official Channel.

Salam Sukses dan Bahagia untuk Budi,

Sukarto Sudjono
Coach, Trainer and Writer

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Sharing is caring!

coinpayu

Post Author: Budi S @ImpianClub

Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer. Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, Gem4me : the first financial messenger, Immunoterapi UFG, AQUIX Indonesia, DigiU, Project Artificial Intelligence dan Member MLM Melia. Saya dapat dihubungi di Telp/WA : 08115018144 - 08124844544.

Tinggalkan Balasan