Bureg.ImpianClub.com Motivasi Inilah Langkah & Mindset #1 untuk Menghadapi Krisis Apapun

Inilah Langkah & Mindset #1 untuk Menghadapi Krisis Apapun

Sharing is caring!

Dikutip dari email : support@belajarbisnisinternet.com

Budi,

Ini adalah email PERTAMA dari Email Series 7 Mindset dan Tips Menghadapi Krisis Dalam Hidup Anda yang saya jelaskan di email hari Sabtu lalu.

Seperti yang saya jelaskan di email sebelumnya, saya ingin sharing beberapa INSIGHT, MINDSET dan TIPS dari pengalaman-pengalaman saya menghadapi krisis-krisis di masa lalu.

Hal-hal yang saya sharingkan ini tidak saja membantu saya BANGKIT kembali dari keterpurukan (karena kegagalan di bisnis & investasi sebelumnya) tetapi membantu saya memulai bisnis baru dan income saya naik eksponensial setelah itu.

Tetapi saya harus bilang dulu di depan bahwa Saya TIDAK menjanjikan OBAT untuk semua masalah yang Anda hadapi saat ini. Saya rasa tidak ada satu orangpun yang bisa menjanjikannya.

Saya hanya berharap hal-hal yang saya sharingkan ini bisa membantu Budi agar bisa lebih baik dan lebih siap dalam menghadapi krisis dan situasi tidak pasti yang sedang kita jalani saat ini.

Saya menyadari ada banyak orang saat ini mengalami perasaan TAKUT, KHAWATIR, GELISAH atau bahkan STRESS.

Perubahan besar yang terjadi selama 1-2 bulan terakhir ini akibat penyebaran masif virus Corona (COVID 19) adalah sesuatu yang baru PERTAMA KALI terjadi di kehidupan kita ini (di seluruh dunia) sehingga WAJAR jika cukup banyak orang menjadi khawatir.

Di email hari ini saya akan membahas MINDSET Pertama yang perlu Anda miliki untuk menghadapi krisis di hidup Anda.


Nah tapi sebelumnya saya ingin mengucapkan Terimakasih karena menerima banyak respon positif dan dukungan dari email yang saya kirimkan Sabtu lalu. Banyak yang bilang, siap belajar dan menunggu email pertama ini..

Bahkan dari alumni-alumni lama BBI dan MTO seperti pak Ali Hamzah bilang:

Terima kasih pak Sukarto, akhirnya email dari pak Sukarto yg sudah lama-lama saya tunggu muncul juga 🙂

he..he.. Thanks telah mengingatkan 🙂

Memang saya perlu minta maaf karena sudah cukup lama tidak menulis email untuk menyapa dan connect dengan Budi secara personal.

Selama 1-2 tahun terakhir, banyak hal terjadi seperti bisnis yang saya fokuskan, pembelajaran dan personal growth yang saya pilih untuk ditekuni dan alokasi waktu untuk hal yang menjadi prioritas saya.

Saya membutuhkan waktu-waktu itu agar saya lebih CLEAR dengan apa yang PENTING dan apa yang TIDAK PENTING dalam hidup saya. Sesuatu yang kadang kita semua perlu untuk renungkan di satu masa dalam kehidupan kita.

Ok mungkin itu akan saya bahas dan ceritakan di lain waktu ya…

Ok kita balik ke fokus utama email ini yaitu:

7 Mindset dan Tips Menghadapi Krisis Dalam Hidup Anda

Silahkan Baca :  Menghadapi KRISIS Saat Ini - Insight dari Krisis-krisis sebelumnya...

dimana di email hari ini saya akan membahas Mindset dan Tips Pertama yaitu:

Mindset #1 : PILIH FOKUS PIKIRAN ANDA

Bertahun-tahun yang lalu, saya mendapatkan sebuah pencerahan yang akhirnya menjadi kompas dalam kehidupan saya. Saya lupa mendapatkannya dari buku yang saya baca atau dari seminar yang saya ikuti. Kalimat persisnya juga saya lupa, tapi ini intisarinya:

Apa yang Menjadi Fokus Pikiran Anda akan Berkembang dan Membesar!

Anda fokus pada PROBLEM atau Masalah Anda, maka masalahnya semakin membesar dan berkembang. Semakin Anda stress memikirkannya.

Anda fokus pada jumlah orang yang POSITIF Corona yang terus bertambah setiap hari, sehingga hal ini membuat Anda semakin TAKUT dan KHAWATIR, sehingga perasaan ini semakin membesar dan berkembang menjadi kekhawatiran yang berlebihan atau paranoid dan stress sehingga antibodi Anda menurun, yang malah meningkatkan resiko terkena penyakit.

Anda fokus pada perasaan KHAWATIR kehilangan PEKERJAAN atau income maka kekhawatiran ini semakin membesar sehingga menjadi semakin gelisah, tidak bisa tidur dan tidak bisa melakukan pekerjaan dengan baik sehingga akhirnya benar-benar dipilih untuk di-rumah-kan.

Anda fokus pada rasa KHAWATIR dan STRESS memikirkan dampak wabah Corona ini terhadap BISNIS Anda sedemikian hingga perasaan negatif ini jadi semakin berkembang dan membesar, akhirnya Anda tidak melakukan apa-apa dan justru ini yang membuat bisnis Anda terpuruk jadinya.

Anda fokus pada perasaan BOSAN atau MARAH karena situasi yang diluar kontrol atau kendali Anda, maka bisa jadi perasaan ini semakin besar dan berkembang menjadi KEJENGKELAN dan KEMARAHAN yang ditujukan ke keluarga, orang lain, pemerintah atau bahkan kepada alam semesta yang membiarkan virus corona menyebar luas 🙂

SEBALIKNYA…

Saat Anda FOKUS pada SOLUSI, bukan problem / masalah maka Anda mulai memikirkan apa saja solusi atau jalan keluar yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan.

Saat Anda FOKUS pada jumlah orang yang SEMBUH dari Corona yang juga semakin bertambah setiap hari maka hal ini membuat perasaan tenang dan lega semakin membesar sehingga kekhawatiran Anda semakin hilang.

Saat Anda FOKUS pada bagaimana menjadi karyawan TERBAIK yang memberikan VALUE paling besar pada perusahaan, maka Anda sangat mungkin yang dipertahankan atau malah dipromosikan.

Saat Anda FOKUS pada hal yang bisa dilakukan BISNIS Anda untuk menyelesaikan PROBLEM orang lain di situasi seperti ini, maka bisa jadi Anda menarik customer baru atau bahkan menciptakan sumber income baru yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Saat Anda FOKUS pada hal MENYENANGKAN yang bisa Anda lakukan bersama keluarga, yang mungkin selama ini tidak ada waktu untuk dilakukan, maka perasaan menyenangkan ini semakin membesar menjadi perasaan bahagia dan sukacita.

Dan seterusnya…Contoh-contoh di atas semoga membuat kita semua paham dengan prinsip:

Silahkan Baca :  FINAL: Langkah #7 ini yang Mewujudkan Impian Anda

Apa yang Menjadi Fokus Pikiran Anda akan Berkembang dan Membesar!

Positif atau Negatif, apa yang menjadi Fokus Pikiran Anda akan membesar dan berkembang. Ini ibarat kalau Anda menggunakan kaca pembesar, apapun yang Anda lihat jadi membesar.

Oleh sebab itu, Langkah PERTAMA yang perlu Anda lakukan dalam menghadapi krisis yang terjadi dalam kehidupan Anda adalah PILIH FOKUS PIKIRAN Anda!

Itu sebabnya saya menyarankan untuk mengurangi konsumsi informasi atau berita yang membuat Anda semakin khawatir atau takut.

Kurangi baca website berita, sosial media atau WhatsApp Group yang banyak menyebarkan informasi / berita-berita negatif bahkan hoax.

Seorang meditator yang memiliki ketenangan batin yang tinggi sekalipun, jika bangun pagi sampai menjelang tidur malam terus memasukkan informasi dan berita negatif, bisa kehilangan ketenangan batinnya.

Oleh sebab itulah, selalu perhatikan FOKUS PIKIRAN Anda!

Arahkan FOKUS pikiran Anda dengan memasukkan hal-hal yang POSITIF yang bisa mendukung Anda menjadi LEBIH BAIK seperti:

Membaca buku-buku pengembangan diri yang menginspirasi, menambah pengetahuan dan kebijaksanaan Anda.
Menonton video di Youtube yang menginspirasi Anda.
Pelajari online course yang menambah keahlian Anda baik di pekerjaan atau bisnis.
Membaca arikel-artikel yang positif dan menginspirasi dari berbagai sumber (misalnya di SUKARTO.COM he..he..)
Mendengarkan Podcast yang bagus (baca Apa itu Podcast?)
Dan masih banyak lagi.

Anda mungkin TIDAK BISA mengendalikan orang lain untuk melakukan sesuatu, tetapi PENTING sekali untuk BELAJAR bisa mengendalikan Fokus Pikiran Anda sendiri!

Tidak ada orang lain yang menyuruh atau mengharuskan Anda membaca berita negatif begitu bangun pagi, bukan? Anda sendiri yang memilih untuk melakukan itu!

Anda tinggal GANTI pola itu, begitu bangun pagi, mulailah dengan berdoa, bermeditasi atau membaca buku yang inspiratif!

Itulah yang saya lakukan.. Saat bangun pagi, saya tidak akan mengambil HP saya.. Tetapi saya bermeditasi 10-15 menit dilanjutkan menulis jurnal / refleksi (akan saya ceritakan alasan saya melakukan itu lain kali).

Saya juga menggunakan waktu pagi hari ini untuk planning atau merencanakan apa saja yang akan dilakukan hari itu. Dilanjutkan dengan membaca buku yang menginspirasi atau menambah pengetahuan.

Saya mulai pegang HP, baca pesan atau email yang masuk berjam-jam setelah saya bangun pagi. Kalau Anda bagaimana?? 🙂

Tidak ada orang lain yang menyuruh saya melakukan hal-hal diatas, tetapi saya MEMILIH untuk melakukannya karena saya mau mengarahkan FOKUS Pikiran saya ke hal-hal yang bisa memberikan dampak positif dalam kehidupan saya.

BUKAN ke hal-hal yang semakin membuat perasaan TAKUT, KHAWATIR dan STRESS tumbuh berkembang.

INGAT: Kemana FOKUS Pikiran Anda adalah PILIHAN Anda sendiri!

Anda mau fokus ke hal-hal negatif yang semakin membuat pikiran Anda kalut, itu pilihan Anda! Demikian juga, saat Anda mau fokus ke pikiran atau hal-hal positif, itu juga pilihan Anda!

Silahkan Baca :  Tidak Ada Kata Gagal, Jika Merasa Gagal Mati Saja

Jangan salahkan keluarga, orang lain, pemerintah atau bahkan menyalahkan Tuhan / Alam Semesta akan hal-hal tidak menyenangkan yang terjadi pada hidup Anda.

Ambil tanggung-jawab untuk mengendalikan FOKUS Pikiran Anda ke hal-hal yang bisa membuat diri Anda menjadi LEBIH BAIK!

Apakah hal ini mudah untuk dilakukan? Tentu tidak, terutama jika Anda terbiasa membiarkan pikiran Anda pergi kemanapun yang dia ingin pergi.

Pikiran kita secara alami memang tertarik dengan berita negatif karena hasil dari DNA manusia sejak puluhan ribu tahun yang lalu harus berjuang untuk survival / bertahan hidup dari bahaya yang mengintai. Lengah sedikit, Anda bisa dimakan binatang buas!

Tetapi itu jaman purbakala, tetapi gen DNA manusia yang was-was dengan berita negatif masih terbawa hingga sekarang.

Oleh sebab itu, jika belum terbiasa, Anda mungkin HARUS Belajar awalnya untuk mengendalikan Fokus Pikiran Anda ke hal-hal yang positif dan berguna. Tetapi makin dilatih, maka Anda akan SEMAKIN CEPAT SADAR dengan fokus pikiran Anda sendiri.

Saya sendiri kadang lagi asyik baca WA Group atau baca berita yang menimbulkan rasa khawatir.

Tetapi begitu muncul perasaan negatif itu, saya langsung sadar dan langsung berhenti dan switch memindahkan FOKUS Pikiran saya dengan membaca buku atau pelajari online course yang sedang saya pelajari saat ini.

Jadi itulah Mindset ke 1 yang perlu Anda miliki adalah:

PILIH FOKUS PIKIRAN ANDA DENGAN BIJAK karena Apa yang Menjadi Fokus Pikiran Anda akan Berkembang dan Membesar!

BESOK, saya akan menjelaskan Apa yang Sangat Powerful untuk Anda Fokuskan untuk membuat hidup Anda LEBIH SUKSES dan BAHAGIA.

Supaya saya lebih semangat nih… Bisa tolong lakukan satu hal kecil ini?

Saya menghargai jika Anda bisa memberikan komentar atau feedback tentang apa yang saya jelaskan di email pertama ini, apakah bermanfaat buat Anda dan masih mau terima lanjutannya??

Silahkan Anda memberikan komentar atau feedback dengan REPLY email ini. Saya akan sempatkan membaca semua respon yang masuk…

Oh ya.. Anda boleh kok FORWARD email ini ke teman / keluarga jika dirasa bermanfaat.

Saya juga ada membuat Telegram Official Channel jika Anda ingin membaca email series ini di aplikasi Telegram. Silahkan JOIN Telegram Official Channel saya ini.

Sampai jumpa besok di email selanjutnya di jam yang sama…

Salam Sukses dan Bahagia untuk Budi

Sukarto Sudjono
Coach, Trainer and Writer

Visit My Website:

SUKARTO.COM - To Inspire and Guide People to Become More Successful, Meaningful and Happier
BelajarBisnisInternet.com - Helping People to Start and Grow Their Online Business
Monex Rekomendasi Broker
3 Likes

Author: webmaster

Tinggalkan Balasan

shares
error: Content is protected !!