Kenapa Penting Sekali Mitigasi Kebakaran?… Assesment Round I Mitigasi Kebakaran BGA KalBar

Yth.
Bapak COO
Bapak POC
Bapak PQIC
Bapak HPO KalBar
Bapak RH KalBar
Bapak AC KalBar

Salam produktifitas,
Berikut kami sampaikan Peringkat mitigasi kebakaran Area KalBar berdasarkan 4 Best Practises utama Mitigasi kebakaran
Berdasarkan penilaian assesment, nilai 4 Best Practises utama Mitigasi kebakaran, terbaik adalah Area 7A dan untuk area terburuk adalah Area 10.

Assesment Mitigasi Kebakaran BGA Kalimantan Barat
Assesment Mitigasi Kebakaran BGA Kalimantan Barat

Detail per item sebagai berikut:

  1. Kebasahan Tanah (Soil Moisture).
  2. – Area terbaik tingkat Kebasahan tanah berurutan yaitu Area 7A, Area 7B dan Area 6B. Area terburuk tingkat Kebasahan tanah adalah Area 10, Area 6A dan Area 8B. Kebasahan tanah diukur dari _water level_ diantara -40 sd -60 cm, sekat air baik di CR/MR berfungsi, tidak adanya kebocoran pada sliding gate serta water level terupdate sehingga dapat termonitor.

  3. Patroli Api (Fire Patrol)
  4. – Area dengan pengaturan patroli api terbaik adalah Area 6B, Area 7A dan Area 8A. Area terburuk sistem patroli api adalah Area 10, Area 8B dan Area 6A. Pengaturan kegiatan patroli dengan pembuatan jadwal yang jelas, tersusun dan dilaksanakan secara konsisten, petugas patroli melakukan patroli pada rute patroli yang telah ditentukan dan dibuktikan dengan cek point pada titik rawan kebakaran. Buku log book dan kartu patroli terisi dan diletakkan diatas menara api, hal ini untuk memastikan agar petugas patroli naik ke menara api dan memantau dari atas menara. Pada saat patroli, anggota harus dibekali dengan alat komunikasi tambahan yaitu HT agar komunikasi lancar dan lebih cepat tanggap saat ditemukan titik api dilapangan, dan juga anggota patroli dipasangkan GPS tracking pada unit patroli.

  5. Team Damkar (Firefighter Team)
  6. – Area terbaik team Damkar berurutan adalah Area 8A, Area 10 dan Area 8B. Area terburuk team patroli adalah Area 6B. Team Damkar belum mampu menunjukkan time respon yang cepat (10 menit) harus sudah berkumpul, hal ini disebabkan salah satunya karena banyak anggota bekerja sebagai supervisi dan karyawan yang lokasi kerjanya jauh dari emplasmen. Kehandalan tim damkar harus dilatih dan melakukan simulasi dilakukan rutin 2 Minggu sekali baik diwilayah ataupun di estate.

  7. SaPras Damkar (Fire Fighting Facilities)
  8. – Area terbaik kelengkapan SaPras Damkar berurutan adalah Area 7B, Area 7A dan Area 6A dan area terburuk adalah Area 10, Area 6B dan 8A. Penanganan kebakaran harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap, pompa, nozzle, selang, baju damkar, sepatu hingga gepyok. Selain itu kelengkapan sarana prasarana harus ditunjang dengan embung yang tersedia dan dilengkapi dengan tanda2 identitas embung, arah menuju embung untuk memudahkan tim pada saat mencari sumber air.

Kenapa Penting Sekali Dilakukan Mitigasi Kebakaran
Kenapa Penting Sekali Dilakukan Mitigasi Kebakaran

Demikian kami sampaikan, untuk menjadi perhatian dan perbaikan bersama.Terima kasih.
🙏🙏🙏

Recommended For You

Tinggalkan Balasan



pasang iklan gratis
%d blogger menyukai ini: