Menghadapi KRISIS Saat Ini – Insight dari Krisis-krisis sebelumnya…

Dikutip dari email : support@belajarbisnisinternet.com

Di hari Sabtu ini, saat lagi refleksi dan menulis jurnal, saya (Sukarto) jadi menyadari betapa banyak perubahan yang telah terjadi selama 3 minggu terakhir ini.

Setiap hari ada saja berita heboh yang membuat diri kita menjadi tambah takut, khawatir dan bahkan stress.

Perubahan terjadi dalam setiap aspek kehidupan kita, bukan dalam hitungan bulan atau minggu, tapi hampir setiap hari ada perubahan yang terjadi, yang harus kita terima sebagai kenyataan yang baru.

Sebulan lalu, kita tidak bisa membayangkan untuk harus tinggal di rumah (stay at home) selama 2-3 minggu dan entah sampai kapan. Mal, restoran, tempat ibadah, perkantoran dan lain-lain, satu per satu ditutup / dibatasi aksesnya.

Dan luar biasanya adalah kejadian seperti ini terjadi di hampir SELURUH DUNIA. Kalau di krisis 1998 saat Indonesia mengalami krisis politik dan ekonomi, orang-orang yang berduit, banyak yang pergi ke Luar Negeri, ke negara yang lebih aman.

Tapi kali ini krisisnya lain dari yang lain, mau lari ke mana jika semua negara satu demi satu menutup akses dari warga negara asing? Termasuk Singapore, Malaysia dan Hongkong, yang biasanya jadi tujuan utama exodus dari Indonesia.

Saya telah menjalani dan melihat langsung beberapa krisis politik dan ekonomi. Tahun 1998 (krisis politik), 2000 (dot com bust), 2001 (9/11), 2007-2008 (krisis global), 2015 (stock market crash), 2018 (krisis mata uang Euro) dan sekarang 2020.

Saya bisa katakan ini adalah kejadian PERTAMA KALI dimana SEDUNIA mengalami situasi krisis yang sama. Biasanya krisis hanya terjadi di beberapa negara tertentu atau di industri tertentu.

Tapi kali ini bisa dikatakan semua negara harus berjuang untuk mengatasi penyebaran virus Corona (COVID 19) yang membuat krisis di kesehatan, ekonomi dan banyak aspek lainnya.

Sehingga saat ini kita hanya bisa membantu situasi menjadi lebih baik adalah dengan STAY AT HOME agar jumlah pasien positif COVID 19 tidak terus bertambah sehingga tidak memperburuk situasi saat ini.

Selama 2-3 minggu terakhir, pekerjaan saya yang memang banyak bertemu dengan pemilik bisnis di berbagai industri, membuat saya memahami bahwa ada banyak ketakutan, kekhawatiran dan stress di banyak orang karena menghadapi situasi ketidak-pastian yang diluar kontrol ini.

Ada bisnis-bisnis yang tiba-tiba omsetnya hilang hingga 90%! Banyak bisnis yang harus me-rumah-kan karyawannya agar bisa bertahan menghadapi badai ini.

Banyak karyawan yang tiba-tiba kehilangan pekerjaan atau diminta perusahaan untuk mengambil Cuti Tidak Dibayar karena jika tidak perusahaannya kolaps. Lebih menyedihkan nasib orang-orang yang biasanya pendapatannya hari itu digunakan untuk makan hari itu juga.

Jadi memang saat ini ada banyak rasa TAKUT, KHAWATIR bahkan MARAH pada situasi saat ini. Reaksi yang wajar karena kejadian seperti ini mungkin baru pertama kali dialami.

Oleh sebab itu, saya tiba-tiba terpanggil untuk menulis email ini ke Budi yang mungkin ada merasakan hal yang sama.

Saya ingin berbagi INSIGHT, MINDSET dan TIPS dalam menghadapi KRISIS seperti saat ini dari pengalaman-pengalaman saya menghadapi krisis-krisis di masa lalu.

Krisis yang saya maksud disini lebih ke krisis di segi ekonomi, bisnis ataupun pendapatan ya.

Saya tidak akan membahas dari segi menjaga kesehatan karena saya rasa Anda pasti sudah banyak mendapatkan informasi dari berbagai arah (berita di internet, WA Group dll).

Bukan berarti kesehatan tidak penting tetapi justru kesehatan selalu harus menjadi Prioritas Utama karena tanpa kesehatan yang baik, bagaimana Anda bisa menjaga keluarga atau orang yang Anda sayangi?

Dan saat sakit, apa gunanya semua uang & harta yang Anda miliki? Jadi tetap lakukan anjuran seperti sering cuci tangan, stay at home untuk social & physical distancing dan lain-lain.


Oh ya, sebelum lebih jauh…. Budi menerima email in karena terdaftar di database kami karena mungkin pernah mengakses video gratis, online course atau workshop dari BelajarBisnisInternet.com (BBI) , Milyarder Toko Online (MTO), Infopreneur Academy (IA) atau lainnya.

INSIGHT, MINDSET dan TIPS Dalam Menghadapi Krisis

Saya tidak menjanjikan OBAT untuk semua masalah yang Anda hadapi saat ini. Saya rasa tidak ada satu orangpun yang bisa menjanjikannya, kecuali yang hendak menipu Anda.

Yang bisa saya bagikan hanyalah beberapa INSIGHT, MINDSET dan TIPS dari pengalaman-pengalaman saya menghadapi krisis-krisis di masa lalu.

Semua hal-hal itu membantu saya tidak saja BANGKIT kembali dari keterpurukan tetapi bahkan membangun bisnis baru dan income saya naik eksponensial setelah itu.

Saya berharap hal-hal ini bisa sedikit membantu dalam MENGATASI perasaan TAKUT, KHAWATIR, GELISAH atau bahkan STRESS yang dialami banyak orang saat ini.

Nah terus terang ada cukup banyak yang bisa saya sharingkan, tetapi saya menyadari tidak mungkin menuliskannya semua dalam 1 email.

Oleh sebab itu saya memutuskan untuk menjelaskan INSIGHT, MINDSET dan TIPS yang bisa membantu Anda mengatasi krisis yang sedang terjadi ini dalam bentuk EMAIL SERIES yang akan dimulai hari SENIN tgl 6 April 2020.

Saya akan mengirimkan 1 EMAIL SETIAP HARI selama HARI BIASA (bukan weekend atau hari libur). Hari ini Sabtu memang pengecualian 🙂

Setiap email akan menjelaskan SATU Insights, Mindset atau Tips saja. Hal ini agar Anda tidak OVERLOAD dalam belajar, tetapi juga memiliki waktu untuk mempraktekkannya.

Jangan khawatir, TIDAK ADA yang DIJUAL / DITAWARKAN di semua email yang akan saya kirimkan 🙂

Ini adalah masa-masa sulit di banyak orang sehingga saya hanya ingin membantu meringankannya dengan cara yang saya mengerti dan bisa lakukan.

Ok sampai jumpa di Email Pertama hari Senin 6 April nanti ya…
Salam Sukses untuk Budi

Sukarto Sudjono and BBI Team

Recommended For You

About the Author: webmaster

Tinggalkan Balasan

Sejoli - Pasangan Sejati Pebisnis Online
Ambil Keputusan Sekarang untuk Perubahan Hidup Anda - Take Action Sekarang dengan Komunitas Dash2 untuk Meraih Income Eksponensial di Bisnis eCommerce


pasang iklan gratis
%d blogger menyukai ini: