Miliki Mindset #2 ini untuk Lebih Sukses & Bahagia

1 0

email dari : support@belajarbisnisinternet.com

Budi,

Jadi setelah kemarin menjelaskan Mindset & Tips ke 1 yang perlu Anda miliki yaitu:

PILIH FOKUS PIKIRAN ANDA DENGAN BIJAK karena Apa yang Menjadi Fokus Pikiran Anda akan Berkembang dan Membesar!

Maka hari ini saya menjelaskan Apa yang Sangat Powerful untuk Anda Fokuskan untuk membuat hidup Anda LEBIH SUKSES dan BAHAGIA.


Saat Budi BELUM membaca email pertama, silahkan baca email itu dulu ya.. baru lanjutkan ke yang ke 2 ini..

Tetapi jika Anda baru bergabung atau tidak menemukan email pertama itu, Anda bisa membaca lengkapnya di Sukarto Telegram Official Channel. Dimana saya ada menaruh seluruh konten yang saya buat sebagai arsip disana.

Silahkan KLIK untuk JOIN Sukarto Official Channel.

Ok jadi apa Mindset dan Hal Sangat POWERFUL untuk Anda Miliki untuk membuat hidup Anda LEBIH SUKSES dan BAHAGIA ??

Terus terang Mindset ke 2 ini telah menyelamatkan saya sehingga bisa BANGKIT dari titik terendah dalam hidup saya, yaitu saat mengalami kegagalan dan bangkrut dari bisnis sebelumnya (di properti yang padat modal).

Saya tidak saja kehilangan seluruh uang & simpanan yang saya miliki, bahkan juga uang yang bukan milik saya (milik saudara & keluarga), rumah dijaminkan ke bank dan tidak bisa membayar cicilan hutang.

Untuk membiayai kehidupan sehari-hari keluarga saya (saat itu anak saya baru lahir beberapa bulan), saya harus menjual mobil.

Dan saat itu saya harus menjalani meeting-meeting yang tidak ada habisnya dengan partner bisnis saat itu, yang penuh pertengkaran, emosional dan menghabiskan energi.

Saya stress berat, istri saya juga stress dan kita semua jadi emosional untuk hal-hal kecil sekalipun.

Tidak cuma stress, yang paling berat adalah saya merasa hopeless / tanpa harapan dan kehilangan kepercayaan diri. Campur aduk dengan perasaan malu, menyesal, marah ke diri sendiri dan ke partner bisnis yang “sengaja mismanaged“.

Saya malu, menyesal dan marah ke diri sendiri karena telah menyeret keluarga saya ke situasi yang begitu parah. Kok bisa saya membiarkan hal ini terjadi?

Harga diri dan kepercayaan diri saya jatuh ke lubang yang dalam…

Itulah TITIK TERENDAH di kehidupan saya..

Jika Budi pernah mengalami situasi seperti yang saya alami diatas (semoga tidak), Anda mungkin tahu betapa beratnya situasi terpuruk dan tanpa harapan seperti itu. Sangatlah sulit untuk melihat jalan keluar dari semua keruwetan yang terjadi…

Setelah situasi seperti itu berlangsung berbulan-bulan bahkan hampir 1 tahun, saya merasa saya HARUS mencari jalan keluarnya..

Istri dan anak saya yang masih baby bergantung pada diri saya untuk membawa mereka keluar dari situasi sulit ini…

Untunglah saat itu saya memiliki HARTA KARUN yang tidak bisa diambil oleh siapapun termasuk bank. Lho masih punya Harta Karun toh?? 🙂

Harta Karun yang saya maksud, bukan berupa uang tetapi PENGETAHUAN dan KEBIJAKSANAAN yang saya dapatkan dari membaca ratusan buku, mendengarkan audio pembelajaran dan hadir di seminar selama bertahun-tahun.

Saya akhirnya menyadari bahwa saya TIDAK AKAN bisa menyelesaikan permasalahan saya jika pikiran saya kalut seperti ini… penuh dengan emosi negatif.

Sehingga Langkah Pertama yang saya lakukan adalah membuat PIKIRAN TENANG dengan cara yang saya pahami yaitu meditasi. Setiap hari saya meditasi sekitar 20-30 menit.

Tentu Anda bisa melakukan dengan cara Anda sendiri, yang penting hasilnya pikiran tenang. Karena hanya dengan pikiran yang tenang, baru Anda bisa berpikir jernih.

Terus terang tidaklah mudah melakukan meditasi saat pikiran Anda kacau. Tetapi saya memaksakan diri untuk melakukannya karena saya menyadari bahwa hanya dengan pikiran tenang dan jernih, barulah saya menyelesaikan permasalahan yang saya hadapi.

Setelah pikiran jadi tenang, pikiran bawah sadar memunculkan kembali memori pengetahuan dan kebijaksanaan yang saya miliki tetapi sebelumnya tertimbun dalam emosi-emosi negatif.

Salah satunya saya jadi teringat dengan filosofi ini:

Untuk Sukses, Anda perlu fokus dan semangat untuk meraih hal-hal yang BELUM Anda miliki.
Untuk Bahagia, Anda cuma perlu mensyukuri hal-hal yang SUDAH Anda miliki.
Pilihlah Bahagia terlebih dahulu maka Kesuksesan juga akan Anda raih.

Saat itu saya jelas tidak bahagia. Saya cukup kaget diingatkan bahwa untuk bahagia sebetulnya resepnya cukup sesederhana itu yaitu mensyukuri hal-hal yang telah Anda miliki.

Dan kata-kata berikutnya “Pilihlah bahagia terlebih dahulu, maka kesuksesan juga akan Anda raih”

Kok bisa ya???

Saat itu saya memang dalam proses untuk bangkit, jadi saya terbuka dengan segala hal yang bisa membantu saya untuk bangkit kembali.

Saya menelusuri lebih jauh tentang konsep ini dan saya menemukan insight-insight yang menarik yang ingin saya sharingkan disini.

Setiap pikiran memiliki energi, bahkan memancarkan energi. Anda sedang marah, sedih, bahagia, senang dll, itu semua ada energinya.

Itu sebabnya Anda kadang bisa merasakan perasaan tidak enak saat masuk ke ruangan yang penuh dengan orang yang marah atau sedih, padahal Anda tidak mendengar perbincangan sebelumnya. Dan kadang Anda jadi ikut larut dalam suasana kemarahan dan kesedihan.

Sebaliknya saat Anda berkumpul dengan orang yang happy, senang dan antusias, Anda jadi merasa ikut happy, senang dan antusias.

Setuju gak?

Itu sebabnya biasanya kita senang kumpul dengan orang yang happy dan antusias, karena kita jadi ketularan ikut happy dan antusias.

Oleh sebab itu saya pribadi biasanya agak menjaga jarak dengan orang yang saya tahu penuh dengan pikiran negatif, karena ibarat virus, saya tidak mau kena virus negatif.

Nah lalu saya menemukan bahwa ternyata:

Perasaan bahagia dan bersyukur memiliki gelombang energi yang paling tinggi dari semua emosi positif lainnya.
Saat Anda memancarkan energi yang bagus seperti happy, penuh rasa syukur dan penuh kasih, ibarat Anda itu jadi magnet bagi hal-hal yang bagus.

Sebaliknya saat Anda memancarkan energi negatif seperti kemarahan, kesedihan, iri hati, penyesalan dll maka Anda malah jadi magnet bagi hal-hal yang jelek.

Begitu saya menyadari filosofi itu, saya langsung Sold Out dengan ide bahwa saya perlu lebih banyak bersyukur dengan hal-hal yang telah saya miliki di kehidupan ini.

Tapi, Apa yang Bisa Saya Syukuri?

Nah tapi saat itu, saya juga bingung apa yang bisa saya syukuri?

Saya kehilangan semua modal yang saya miliki, bahkan minus karena masih ada hutang banyak di bank. Saya tidak punya bisnis atau pekerjaan yang menghasilkan.

Mobil sudah dijual untuk menghidupi keluarga. Anak masih kecil dan saya bingung, apa yang harus saya kerjakan. Terus terang cukup sulit untuk bersyukur saat kondisi seperti itu.

Sama mungkin dengan situasi sekarang dimana terjadi penyebaran wabah virus Corona sehingga banyak orang takut & khawatir terkena virus, kehilangan pekerjaan, bisnis turun drastis, harus banyak di rumah dan masih banyak lagi.

Mungkin Anda juga bertanya-tanya apa yang bisa disyukuri?

Tetapi saat itu karena saya bertekad mengubah level energi pikiran saya, maka saya mulai memikirkan apa yang masih saya miliki, dari hal-hal kecil.

Saya lalu menulis:

Saya masih punya orangtua (ibu) dan saudara-saudara yang mendukung dan percaya dengan saya, bahkan membantu saya jika diperlukan.
Saya masih memiliki istri dan anak yang mencintai saya.
Saya dan keluarga masih tinggal di sebuah rumah, terlindung dari panas dan hujan, walaupun sertifikatnya jadi jaminan di bank :)
Saya masih punya satu mobil lama sebagai alat transportasi.
Saya masih punya teman-teman yang baik dan mendukung saya bahkan mungkin akan membantu jika saya minta tolong.
Saya  masih punya sedikit cash yang bisa saya gunakan untuk merintis usaha yang tidak membutuhkan modal besar.
Saya masih punya keahlian, pengalaman dan pengetahuan tentang bisnis, teknologi, web development dan lainnya.
Saya masih punya banyak buku yang bisa saya pelajari untuk meningkatkan diri saya.

Semakin saya menulis hal-hal yang saya bisa syukuri, semakin banyak hal-hal yang bisa saya tulis seperti:

Saya bersyukur dalam kondisi sehat dan punya anggota badan yang lengkap sehingga bisa bekerja apapun yang saya inginkan.
Saya bersyukur masih bisa makan dan memberi kehidupan dan perlindungan pada istri dan anak saya.
Saya bersyukur memiliki istri dan anak yang sehat dan lucu sehingga memberikan suasana ceria saat bermain dengan anak saya.
Dan masih banyak lagi.

Akhirnya saya bisa menuliskan banyak sekali dan setelah selesai menuliskannya, saya jauh lebih merasa bahagia daripada sebelum menuliskannya. Amazing ya

Saya jadi lebih rileks, lebih tenang dan lebih tidak stress dalam menghadapi situasi sulit yang sedang saya hadapi saat itu.

Dan itu semua mendukung dalam membuat perubahan sedikit demi sedikit terhadap kehidupan saya dan keluarga hingga saat ini semakin banyak yang bisa saya syukuri dalam kehidupan ini.

Amazing, kalau dipikir-pikir semua itu dimulai dari mulai bisa bersyukur dan merasa bahagia dengan kondisi apapun yang Anda hadapi saat ini.
Jadi itulah Mindset ke 2 yang perlu Anda miliki yaitu:

MILIKI PERASAAN BERSYUKUR karena:

Perasaan bersyukur memiliki gelombang energi positif yang tinggi.
Dan saat Anda memancarkan energi positif yang tinggi seperti bahagia, penuh rasa syukur dan penuh kasih, Anda  jadi magnet bagi hal-hal yang bagus juga.

LATIHAN: Mulailah dengan menulis di kertas kosong, apa saja hal-hal kecil yang bisa Anda syukuri dalam hidup Anda.

Saya yakin setelah melakukan latihan tersebut, perasaan Anda menjadi lebih bahagia, yang mana merupakan KUNCI untuk Menarik Hal-hal yang Baik di tengah-tengah masa-masa yang penuh situasi ketidak-pastian seperti sekarang ini.

BESOK, saya akan menjelaskan apa langkah berikutnya setelah Anda memiliki perasaan bersyukur…

Email hari ini saya ambil sebagian dari 2 artikel yang pernah saya publish di blog saya, jika Anda ingin membaca tulisan lengkap tentang konsep BERSYUKUR ini, silahkan baca artikel berikut:

7 Hal yang Saya Syukuri Saat Ultah ke 42
Bersyukurlah - Lanjutan Cara Memiliki Mindset Berkelimpahan

Jika Anda BELUM Gabung, Anda bisa gabung ke Sukarto Telegram Official Channel dimana saya menaruh seluruh konten menginspirasi dan bermanfaat sebagai arsip disana.

Sampai jumpa besok di email selanjutnya di jam yang sama…

Salam Sukses dan Bahagia untuk Budi

Sukarto Sudjono
Coach, Trainer and Writer

SUKARTO.COM - To Inspire and Guide People to Become More Successful, Meaningful and Happier
BelajarBisnisInternet.com - Helping People to Start and Grow Their Online Business
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
100 %

Sharing is caring!

coinpayu

Post Author: webmaster

Tinggalkan Balasan