Strategi #4 ini untuk Atasi Penghambat Kesuksesan Banyak Orang

1 0

Dikutip dari email : support@belajarbisnisinternet.com

Hai Budi,

Selamat PAGI !! Ini adalah Hari yang LUAR BIASA bukan? 🙂

Setiap hari kita mendapat BERKAT Luar Biasa saat bisa bangun sendiri (tanpa harus bantu diangkat orang lain). Bisa bangun ditempat tidur dibawah sebuah atap rumah dan masih memiliki teman / keluarga yang kita kasihi..

Selama 3 hari terakhir, Anda telah pelajari 3 Mindset & Tips untuk Bangkit dari Krisis di Hidup Anda yaitu:

  • Pilih FOKUS Pikiran Anda dengan Bijak karena apa yang Anda fokuskan akan membesar atau berkembang.
  • Miliki Perasaan Bersyukur dengan mensyukuri hal-hal baik dan segala sesuatu yang Anda miliki (walaupun kelihatannya sepele).
  • Miliki Pola Pikir Berkelimpahan (Abundance) dengan cara bermurah-hatilah!
Penghambat Kesuksesan
Penghambat Kesuksesan

3 Mindset, Strategi & Tips itu merupakan pondasi karena bertujuan untuk menciptakan Perasaan POSITIF, BERKELIMPAHAN dan LEBIH HAPPY.

Memiliki perasaan seperti itu adalah DASAR untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya untuk Bangkit dari Krisis di Hidup Anda.

Jika Anda BELUM membaca email-email sebelumnya (ini adalah email ke 5 dari email series yang saya kirimkan), silahkan baca email-email sebelumnya baru lanjutkan ke email hari ini.. Tetapi jika Anda baru bergabung ke daftar email saya atau tidak menerima email-email sebelumnya, Anda bisa membaca selengkapnya di Sukarto Telegram Official Channel. Dimana saya ada menaruh seluruh email & konten bermanfaat yang saya buat sebagai arsip disana. Silahkan KLIK untuk JOIN Sukarto Official Channel.

Nah hari ini, saya akan membahas Mindset, Strategi & Tips yang ke #4 yaitu:

Hancurkan Hambatan Mental atau Mental Block Anda

Saya melihat saya sendiri dulu dan banyak orang lain, memiliki yang sering disebut sebagai Mental Block atau Hambatan Mental untuk mencapai keberhasilan yang sebenarnya mereka inginkan.

Banyak orang sebenarnya memiliki keahlian, pengetahuan atau kemampuan yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Tetapi mereka memiliki mental block yang menghambat kemajuan mereka. Mental block ini bukan orang lain yang membuatnya, tetapi mereka sendiri yang menciptakannya di pikiran mereka sendiri.

Kadang itu terucap, kadang tidak disadari tetapi sering diulang-ulang di pikiran mereka.

Sebagai contoh, sebagai seorang Online Business & Digital Marketing Coach, saya sering memberikan training kepada peserta workshop ataupun online course. Salah satu contoh mental block yang kadang diucapkan peserta adalah:

“Pak, saya Gaptek. Apa bisa?”

Saya kadang tanya balik “Yakin Anda Gaptek?” Dan dengan semangat, mereka menyakinkan saya bahwa mereka betul-betul gaptek he..he..

Lah kalo gaptek tulen, kok bisa sampai hadir di training kami?

Kan musti daftar webinar secara online, buka email, baca petunjuknya, klik link untuk ngikuti webinar kami secara online, lalu daftar training kami online juga, lakukan transfer juga online. Kok semua bisa?? Kalo gaptek pasti gak akan lolos melakukan itu semua 🙂

Jadi apa sebenarnya yang ingin disampaikan (tapi tidak terucap) saat seseorang bilang “Saya Gaptek!” ???

Yang sebenarnya terjadi adalah dia sedang menjelaskan hambatan mental yang dia ciptakan sendiri (bukan sebenarnya) sebagai excuse atau alasan jika sampai gak berhasil agar harga dirinya atau egonya tidak jatuh.

Saya gagal di bisnis online ya karena saya kan gaptek!

Apakah semua orang tiba-tiba jadi jago di bisnis online? Tentu tidak!

Padahal semua orang yang ahli, pasti pernah jadi newbie / pemula. Saya dulu juga tidak paham, tapi belajar dengan giat, lakukan prosesnya, gagal, coba lagi, terus begitu sampai akhirnya jadi paham dan berhasil.

Jadi apa sebenarnya Mental Block atau Hambatan Mental?

Hambatan mental atau mental block adalah Suatu Keyakinan (Belief System) TIDAK NYATA yang kita ciptakan sendiri untuk melindungi EGO kita agar tidak terluka atau tersakiti saat kita gagal / tidak berhasil.

Contoh mental block atau hambatan mental lainnya:

  • Ah dia sih anak orang kaya, banyak modal, jadi wajar sukses! Saya ini anak orang biasa-biasa saja, gak ada modal, ya gak mungkin berhasil di bisnis.
  • Saya gak sepintar dia. Jadi wajar dia lebih berhasil!
  • Saya terlalu muda! Gak ada orang lain yang akan mendengarkan saya!
  • Saya terlalu tua! Gak energik seperti anak muda!
  • Saya sudah bolak balik coba bisnis tapi gagal! Sudah nasib saya begini.
  • Saya tidak cantik, mana bisa jadi selebgram 🙂
  • Saya gak pandai bicara, mana mungkin bisa jadi pembicara sukses?
  • Dan seterusnya
Apa itu Success....
Apa itu Success….

Anda mulai bisa melihat polanya??

Bagi orang yang ngomong begitu, semua itu memang benar-benar nyata atau real. Tapi bagi orang lain yang memahami, itu semua adalah EXCUSE atau ALASAN akibat mental block atau hambatan mental yang dimiliki.

Apakah semua orang kaya saat ini adalah anak orang kaya sehingga dari sono nya sudah banyak modal??

Silahkan pelajari sejarah banyak konglomerat di Indonesia, yang waktu kecil, untuk makan saja susah. Tapi mereka berjuang dari satu bisnis, sukses, gagal, gagal, bangkit lagi dan terus berjuang.

Apakah untuk memulai bisnis harus punya modal besar?

Sama sekali tidak! Banyak bisnis bisa dimulai dengan modal seadanya, seperti bisnis online. Saat saya posisi bangkrut, saya memilih bisnis online karena modalnya relatif kecil.

Misalkan bisnis yang ingin Anda mulai memang membutuhkan modal besar, Anda bisa cari investor. Buat proposal dan tawarkan kepada orang-orang yang percaya dengan Anda.

Saat Anda memiliki peluang yang bagus, akan selalu ada orang yang bersedia menjadi investor, walaupun memang membutuhkan waktu.

Lihat saja William Tanuwijaya – pendiri Tokopedia. Dia kerjanya sebagai penjaga warnet saja saat mendapat ide untuk memulai Tokopedia. Tidak punya modal & investor, tetapi terus berjuang, setelah 2 tahun kalau tidak salah, akhirnya mantan bos nya jadi investor pertama Tokopedia.

Apakah semua orang sukses itu pintar?

Tergantung definisi Anda tentang pintar. Bagi saya, setiap orang ada pintar di sesuatu hal. Pintar di akademis / sekolah bukan jaminan sukses. Banyak sekali orang ternama di dunia, seperti Richard Branson (Founder Virgin Group) itu anak yang bermasalah di sekolah, sering dikeluarkan dari sekolah.

Segala sesuatu di dunia ini bisa dipelajari selama Anda niat untuk mempelajarinya. Itulah keyakinan saya!

Jadi saat saya tidak paham sesuatu, saya riset, mencari tahu, googling, baca artikel, dengar podcast dan lain-lain sampai saya paham dan menemukan solusinya.

Apakah umur menentukan kesuksesan?

Tidak ada yang namanya terlalu muda, terlalu tua. Sejarah, media dan buku-buku bisa memberikan banyak sekali contoh orang sukses dari yang muda hingga yang tua (Kolonel Sanders, penemu KFC).

Saya gak pandai bicara, bagaimana bisa jadi pembicara?

Saya ada teman yang dulunya kalau maju ke panggung benar-benar kaku dan sangat membosankan mendengarnya bicara. Tapi karena menjadi pembicara adalah impiannya, dia terus belajar, terus praktek bicara dan akhirnya sekarang dia adalah pembicara yang top dengan beberapa buku best-seller.


Jadi memang sebenarnya Mental Block atau Hambatan Mental itu adalah REKAYASA dari pikiran kita sendiri.

Keyakinan yang sebenarnya TIDAK MENDUKUNG kita, tetapi kita pertahankan terus karena hal itu memberikan rasa nyaman / comfort dan EXCUSE atau ALASAN untuk ketidak-berhasilan Anda.

Kata-kata saya ini mungkin cukup menyakitkan buat Anda karena ini adalah sebuah KEBENARAN yang tidak ada orang lain BERANI mengatakannya kepada Anda.

Tapi saya tetap mengatakannya karena saya ingin Budi menyadari Mental Block, menghancurkannya agar bisa MERAIH KESUKSESAN yang Anda impikan.

Memang EGO selalu berusaha melindungi kita dari rasa malu, rasa sakit akibat kegagalan dan agar kita tidak mencoba melakukan sesuatu yang beresiko.

Dan itulah yang terjadi saat kita memiliki banyak MENTAL BLOCK!

Kita TIDAK mulai-mulai, terus menunda, kita baru mencoba sebentar sudah menyerah. Kita gak berani untuk memulai sebuah bisnis karena sudah sering gagal di bisnis-bisnis sebelumnya. Dan masih banyak lagi.

Jadi Apa yang Harus Dilakukan?

Tentu Anda harus menghancurkan MENTAL BLOCK atau Hambatan Mental Anda. Bagaimana caranya?

Ada 2 langkah yang perlu Anda lakukan:

1) IDENTIFIKASI Mental Block Anda.

Apa keyakinan tidak mendukung yang muncul di pikiran sehingga Anda tidak mulai-mulai?

Keyakinan atau pikiran negatif apa yang muncul sehingga membuat Anda mudah menyerah? Pikiran yang membuat Anda berhenti terlalu cepat saat menghadapi problem atau tantangan?

Tuliskan di sebuah kertas, SEMUA pikiran negatif dan keyakinan tidak mendukung yang muncul. Ini adalah LANGKAH yang PENTING, pastikan Anda melakukannya!

2) PROGRAM ULANG Keyakinan Tidak Mendukung

Nah di tahapan ini, Anda perlu memprogram ulang keyakinan keliru atau mental block dengan format seperti ini:

Memang saya sempat punya keyakinan keliru bahwa ……….. tetapi sekarang saya memiliki keyakinan baru bahwa …….

Jadi sebagai contoh:

Memang saya sempat punya keyakinan keliru bahwa untuk memulai bisnis harus punya modal besar. Tetapi sekarang saya memiliki keyakinan baru bahwa saya bisa dengan mudah mendapatkan investor bisnis saya, asal saya membawa peluang bisnis yang bagus dan pembagian hasil yang menarik buat investor.

Memang saya sempat punya keyakinan keliru bahwa saya gaptek. Tetapi sekarang saya memiliki keyakinan baru bahwa segala sesuatu bisa dipelajari asal saya niat, ulet dan mau mempelajarinya berulang-ulang.

Memang saya sempat punya keyakinan keliru bahwa saya ini ditakdirkan tidak bisa jadi pebisnis akibat gagal melulu.Tetapi sekarang saya memiliki keyakinan baru bahwa saya bisa sukses di bidang bisnis yang cocok buat saya dan memiliki mentor yang bisa mengarahkan dengan benar dan menghindari kesalahan yang fatal.

Dari 3 contoh itu, Anda jadi bisa mulai memahami cara melakukan REPROGRAM Sistem Keyakinan agar menjadi keyakinan yang lebih mendukung Anda.

LATIHAN: Lakukan Program Ulang untuk setiap mental block yang Anda tuliskan di langkah pertama.

Ok itulah yang Mindset dan Strategi #4 yaitu:
Hancurkan Mental Block atau Hambatan Mental Anda dengan cara:

  • Identifikasi keyakinan yang tidak mendukung yang dimiliki.
  • Program ulang / GANTI keyakinan tidak mendukung dengan suatu keyakinan yang lebih mendukung keberhasilan Anda.

Setelah Anda menghancurkan Mental Block, mulai BESOK saya akan mulai membahas sesuatu yang MENARIK yaitu Menentukan TUJUAN atau GOAL SETTING.

Oh ya…
Karena banyak yang respon positif dan mendukung adanya sesi Q & A dan diskusi secara LIVE saya akan agendakan. Akan saya kabari dan kasi link aksesnya di Sukarto Telegram Official Channel. Pastikan Anda join ke Telegram Channel tersebut sehingga saya bisa memberikan last minute annoucement dan link untuk mengikuti sesi live itersebut.

Sampai jumpa besok di email selanjutnya di jam yang sama…

Salam Sukses dan Bahagia untuk Budi,

Sukarto Sudjono
Coach, Trainer and Writer

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
100 %

Sharing is caring!

coinpayu

Post Author: Budi S @ImpianClub

Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer. Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, Gem4me : the first financial messenger, Immunoterapi UFG, AQUIX Indonesia, DigiU, Project Artificial Intelligence dan Member MLM Melia. Saya dapat dihubungi di Telp/WA : 08115018144 - 08124844544.

Tinggalkan Balasan