Tanpa Langkah #6 ini – Banyak yang Hanya Bermimpi Saja!

1 0

BelajarBisnisInternetDotCom

Hai Budi,

Apa kabar Anda dan sekeluarga hari ini? Semoga selalu sehat, semangat dan happy ya..

Pagi ini saya sempat membaca beberapa email dan respon yang didapat dari yang hadir di Live Online Meetup hari Sabtu lalu, seperti Irfan dari Padang:

Td saya berniat utk nonton live streaming Coach. Tp karna paginya siap gotong royong di Rumah Ibadah jdnya kecapean dan ketiduran. Namun, untung tetap ada rekamannya.

Jd saya tonton ulang, luar biasa banyak tadi ilmu yg saya dapatkan agar selalu menjadi pribadi yg optimis dan selalu positif.

Melihat banyak respon positif seperti ini, saya rencana mengadakan lagi sesi Live Online Meetup dalam minggu ini.

Saya akan kabari ya setelah tahu jadwalnya (soalnya jadwal saya minggu ini cukup padat). Nanti saya kabari di email atau di Telegram Official Channel saya ya.

—-

Okay mari kita masuk ke inti email hari ini yaitu melanjutkan pembelajaran tentang 7 Mindset & Strategi Menghadapi Krisis di Hidup Anda.

Hari ini kita sudah tiba ke yang no #6, gak kerasa ya? 🙂 Buat Anda kali ya gak kerasa, buat saya yang nulis, lumayan banget kerasa he..he..

Saya sudah lama tidak menulis artikel panjang seperti ini, apalagi ini marathon langsung 7 artikel panjang + nulis email-email lain 🙂

Tapi memang saya sedang melatih kembali “otot” menulis saya, setelah sekian lama off menulis.

Dan cara yang paling ampuh melatih “otot” yang sudah lama tidak terpakai adalah dengan melatihnya kembali SETIAP HARI!

Sama seperti jika sudah lama tidak olahraga, coba aja lakukan push up, lari atau plank, pasti setengah mati, betul gak? 🙂

Tapi jika Anda paksakan terus setiap hari dilakukan, pasti akan jadi lebih enteng dan lebih mudah.

Itulah triknya untuk START melakukan sesuatu yang Anda sadar harus dilakukan tetapi ditunda-tunda terus.

Langsung buat komitmen untuk lakukan SETIAP HARI, tanpa peduli dengan hasilnya. Yang penting lakukan saja… Just do it, kata slogan Nike.

Jika Anda BELUM membaca mindset & strategi no 1 – 5, silahkan baca email-email sebelumnya baru lanjutkan ke email hari ini..
Tetapi jika Anda baru bergabung ke database email saya atau tidak menerima email-email sebelumnya, maka Anda bisa membaca selengkapnya di Sukarto Telegram Official Channel.
Saya ada menaruh seluruh email & konten bermanfaat yang saya buat sebagai arsip disana.
Saya ada menaruh seluruh email & konten bermanfaat yang saya buat sebagai arsip disana. Silahkan KLIK untuk JOIN Sukarto Official Channel.

Jadi kemarin kita bahas Mindset dan Strategi #5 yaitu: Miliki Impian atau Tujuan yang Berharga dan Bermakna

Sempatkan waktu untuk membuatnya jika Anda belum membuatnya…

Tapi jika Anda sudah memiliki Tujuan yang Berharga yang ingin Anda capai, maka PENTING SEKALI untuk melakukan Langkah #6 ini yaitu:

Riset dan Buat Roadmap Kesuksesan ke Tujuan Anda

Kesalahan dari banyak orang (termasuk saya dulunya) adalah setelah menentukan Impian, Goal atau Tujuan yang diinginkan, mereka berhenti sampai sana… Sudah puas dan bangga karena sudah memiliki goal atau tujuan 🙂

Jika itu yang terjadi, maka sebenarnya itu mereka cuma sedang BERMIMPI saja!

Ada lagi yang karena lihat video “The Secret” atau pelajari “The Law of Attraction“, terus salah mengartikan bahwa kita tinggal tentukan impian kita, visualisasi dan membayangkan tujuan telah tercapai.

Jika cuma itu yang Anda lakukan, sangat besar kemungkinannya bahwa Impian, Goal atau Tujuan Berharga cuma akan jadi tinggal MIMPI saja, alias tidak terwujud!

Sebagai contoh….

Anda belum pernah ke Bali dan kepengen banget ke Bali untuk pertama kalinya (tentu setelah wabah Corona lewat ya..)

Anda sudah membayangkan wah nanti bisa main di pantai, bisa renang dan santai-santai di hotel yang bagus, dapat foto-foto eksotis yang bisa dipasang di sosmed dll.

Tapi Anda berhenti sampai disana saja..

Kira-kira kapan sampai Bali nya ya?? Ya gak bakalan sampe, betul tidak? Kecuali Anda melakukan langkah berikutnya yaitu:

Riset dan Buat Roadmap atau Peta untuk Menuju Tujuan Anda

Melanjutkan contoh tujuan ke Bali tadi..

Anda tentu harus mulai riset, bagaimana caranya untuk bisa sampai ke Bali.

Apa alternatif transportasi yang ada? Naik pesawat? Kereta api? Naik mobil / bis? Berapa biaya masing-masing? Mana yang cocok dengan dana yang Anda miliki.

Terus berapa lama perjalanan, apakah perlu transit di kota tertentu dulu? Sampai sana, nginap dimana? Berapa lama? Berapa biaya menginapnya dan lain-lain.

Sampai di Bali, mau kemana saja? Naik apa? Berapa biayanya? Dan seterusnya..

Anda perlu riset dulu, kumpulin data dan fakta, timbang-timbang dan lalu diputuskan roadmap/peta perjalanan dan itinerary (ngapain aja disana).

Kalau Anda pernah planning untuk sebuah trip atau perjalanan, kurang lebih seperti itu kan yang perlu dilakukan…

Untuk perjalanan liburan 1-2 minggu saja, riset dan planning nya bisa berhari-hari, betul tidak?

Tetapi Mengapa Orang JARANG SEKALI Melakukan Riset dan Menentukan Roadmap Kesuksesan menuju Tujuan yang Berharga dalam Hidupnya?

Betul tidak?

Saya sering heran kadang melihat orang-orang yang menghabiskan banyak waktu untuk planning acara kumpul-kumpul (sosialita) dari pakai dress code apa, kumpul dimana, hari apa dan jam berapa.

Diskusi seperti itu saja butuh waktu berhari-hari karena sulit mencocokkan banyak keinginan orang-orang. (saya tahu ini dari ceritanya istri yang pening jika lihat ibu-ibu diskusi gak habis-habis planning begituan he..he..)

Tetapi untuk planning untuk kehidupannya yang begitu berharga, tidak pernah dilakukan!! Jangan sampai hal itu terjadi pada diri Anda ya!

Alokasikan waktu untuk menentukan tujuan, setelah itu riset dan tentukan Roadmap atau Peta Perjalanan untuk mencapai tujuan Anda.

—–

Ada lagi tipe orang yang berbeda… Tipe yang suka LANGSUNG ACTION saja! Tidak suka planning.

Misal contoh soal ke Bali tadi, ah ngapain riset dan planning segala, langsung berangkat saja! Anda pasti tahu orang-orang seperti ini kan?

Memang ACTION TAKER adalah orang yang tidak berpikir panjang, bagi mereka Action lebih penting. Ya tentu hal itu lebih baik daripada diam.

Tetapi orang-orang seperti inilah yang biasanya gampang tersesat, kehabisan waktu dan uang selama perjalanan ke Bali, akhirnya mereka kehabisan energi, down dan menyerah setelah terdampar di sebuah tempat tidak dikenal, dalam perjalanan menuju ke Bali he..he..

Padahal saat mereka mau untuk alokasi waktu untuk riset, membuat Peta atau Roadmap Perjalanan ke tujuannya, orang-orang seperti ini yang paling cepat tiba sampai tujuan.

——

Sekarang contoh di kehidupan nyata…

Sebagai contoh, misal tujuan dan prioritas Anda saat ini adalah menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal dan memiliki tubuh yang sehat dan energik.

Maka Anda perlu riset untuk menentukan roadmap kesuksesan mencapai tujuan tersebut.

Dari riset awal, Anda menemukan ternyata cuma ada 2 komponen yang paling berpengaruh yaitu mengubah pola makan dan melakukan olahraga secara rutin.

Sehingga Anda bisa mulai dari pelajari diet apa saja yang ada di luar sana. Dari diet rendah karbohidrat, diet keto, paleo, plant based diet dan masih banyak lagi.

Anda tentu perlu riset masing-masing diet dengan membaca plus minus masing-masing, , apa yang boleh dan apa yang tidak boleh. Mana yang kira-kira cocok buat Anda (karena setiap orang berbeda) dan seterusnya.

Lalu Anda mulai riset¸ apa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, sesuai dengan jadwal kesibukan Anda. Apakah jogging, jalan pagi, ikut kelas di gym, renang, sepedaan, yoga atau lainnya?

Dari sana baru Anda bisa menentukan roadmap mana yang akan Anda ambil untuk menuju tujuan atau goal Anda.

Tanpa memiliki roadmap atau peta perjalanan menuju goal yang ingin Anda capai, mustahil Anda akan sampai ke tujuan.

—–

Bagaimana dengan tujuan yang berhubungan dengan bisnis, karir atau income?

Tentu sama juga! Setelah menentukan tujuan yang berharga dan bermakna, maka Anda perlu riset dan menentukan roadmap atau peta untuk mencapai tujuan tersebut.

Hampir semua orang tidak ada kesulitan untuk menentukan goal income yang diinginkan.

Saya mau punya income sekian puluh atau ratus juta, ditanya mengapa ingin income sejumlah itu?

Mulai agak belepotan jawabnya, tetapi setelah ditanya mengapa beberapa kali (seperti metode yang dibahas di email sebelumnya), lumayan bisa dapat tujuan berharga yang emosional.

Tetapi setelah itu mereka jarang melakukan riset intensif apa roadmap atau peta untuk mencapai tujuan berharga mereka tersebut.

Kadang mereka bisa bilang, ok saya mau mencapainya dengan memulai bisnis ini atau kerja bidang itu. Cuma itu…

Padahal sebuah roadmap atau peta perjalanan menuju kesuksesan Anda, tidak sesederhana itu.

Dari memilih jenis bisnis, karir atau apa yang Anda tawarkan saja itu sudah bisa mempengaruhi seperti apa roadmap atau peta perjalanan Anda.

Memilih jenis usaha atau karir yang tidak tepat buat Anda, bisa membuat Anda menghabiskan banyak sekali waktu, uang dan energi.

Itulah yang terjadi pada saya bertahun-tahun yang lalu hingga membuat diri saya bangkrut dan mencapai titik terendah dalam kehidupan saya…

Saya ada beberapa tips yang bisa saya bagikan mengenai hal ini dan nanti saya kasi link ke 2 video yang saya buat terkait dengan topik ini.

TIPS 1: Jangan Pilih Bisnis Hanya Karena Ingin UANGNYA!

Jadi waktu itu saya masuk ke bisnis Property Development (jadi developer properti) hanya karena tergiur dengan uangnya.

Saya diajak teman yang punya pengalaman di bidang itu, menceritakan betapa besar profit sebagai developer properti, padahal dari cuma “jual gambar”.

Tertariklah saya karena jelas ini skenario cepat kaya! Seperti kebanyakan dari kita saat melihat iklan atau penawaran menarik di internet he..he..

Bersama-sama dengan beberapa teman lain sebagai partner bisnis, masuklah saya ke bidang yang sebetulnya saya sama sekali TIDAK TAHU apa-apa.

Tidak tahu tentang pembebasan tanah, ijin-ijin, legalnya dan lain-lain. Bahkan saya juga sebelumnya kurang suka keliling lihat-lihat tanah, rumah dan merasa ribet berurusan dengan pembangunan dll.

Saya masuk bidang usaha itu hanya karena tertarik uangnya. BIG NO NO!

Hal itulah yang menyebabkan saya akhirnya terpelosok ke lubang yang dalam. Saat ada partner bisnis yang memang niat kurang baik dan saya sebagai orang awam, tidak menyadarinya sejak awal sampai akhirnya sudah terpelosok begitu dalam.

TIPS 2: Terlibatlah di Sesuatu yang Anda Punya Kontrol!

Kesalahan kedua yang saya lakukan adalah masuk ke sebuah bisnis yang sama sekali tidak punya kontrol. Baik dari keputusan yang diambil, keuangan, pengeluaran dll.

Hal ini jelas membuat kita dalam posisi yang sangat lemah. Yah itu pelajaran mahal bagi saya! Sangat mahal!

TIPS 3: Solving Other People Problem

Saya menyarankan JANGAN Kejar Uangnya waktu memulai sebuah bisnis, bukan berarti Anda harus kerja sosial ya he..he..he..

Saya bilang seperti itu agar Fokus Anda dalam memilih bisnis JANGAN karena tergiur berapa banyak uang yang bisa Anda hasilkan. Itu mindset yang keliru dari seorang pebisnis.

Fokus Anda sebaiknya adalah Fokus ke Solving Other People Problem atau menyelesaikan masalah / tantangan dari orang lain.

Jika Anda perhatikan.. semua bisnis sukses di dunia adalah tentang bagaimana perusahaan itu menyelesaikan problem atau masalah bagi banyak orang.

Gojek..

Jelas mereka menyelesaikan big problem yaitu betapa repot sebelumnya hanya untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain, terutama bagi yang tidak punya kendaraan sendiri.

Belum lagi soal kenyaman kita untuk order makanan hanya pakai HP kita. Mereka Solving BIG Problem bagi banyak orang sehingga itu sebabnya mereka sebesar sekarang.

Microsoft..

Wah tanpa ada Microsoft, industri PC tidak akan berkembang pesat selama 30-40 tahun terakhir. Komputer tidak ada gunanya, cuma jadi tumpukan barang elektronik jika tidak ada operating system seperti Windows. Tidak bisa mengetik senyaman pakai Word dan tidak ada yang namanya Excel untuk mempercepat kalkulasi perhitungan.

Amazon..

Mereka adalah perusahaan pertama yang bisa dengan perfect memudahkan orang belanja dari rumah.

Google..

Nah jika Anda termasuk generasi muda, mungkin tidak tahu jamannya sebelum Google. Begitu sulit cari informasi yang tepat di internet. Google menyelesaikan big problem ini.

Dan masih banyak contoh perusahaan yang menjadi besar karena solving other people problem…

Selain 3 tips diatas, saya masih ada banyak Tips dan Advice buat Budi agar bisa membuat Roadmap atau Peta Kesuksesan yang Lebih Efektif dan Cocok buat Anda.

Silahkan cek artikel dan 2 videonya di:
10 Pelajaran PENTING dari 10 Tahun Membangun BBI

——-

Ok jadi itulah yang Mindset dan Strategi #6 yaitu:

Riset dan Buat Roadmap Kesuksesan ke Tujuan Anda dimana Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti:

  1. Apakah Karir atau Bisnis yang Anda tekuni sekarang bisa membawa ke tujuan Anda?
  2. Problem apa yang Anda selesaikan?
  3. Apakah produk, jasa atau offer yang Anda miliki memiliki Value atau Bernilai buat customer Anda?
  4. Apa yang membedakan Anda dengan orang lain yang menawarkan produk, jasa atau offer yang sama?
  5. Apakah Anda sudah melakukan Great Job untuk mengkomunikasikan hal itu? Jika belum, apa yang akan Anda lakukan?
  6. Dan masih banyak lagi.

Pertanyaan-pertanyaan seperti inilah yang biasanya saya tanyakan ke klien coaching saya.

Jadi itulah latihan buat Anda…

Harapannya semua pertanyaan diatas akan membantu Anda untuk bisa memiliki Roadmap atau Peta Perjalanan yang Lebih Akurat dan Efektif untuk mencapai Tujuan Anda.

—–

Ok BESOK kita sudah sampai pada penghujung Email Series ini dan ini tidak kalah pentingnya.

Apa yang saya bahas besok akan membantu Anda untuk mengatasi keraguan dan membangun kepercayaan diri untuk terus melanjutkan perjalanan Anda sesuai dengan roadmap yang Anda buat hari ini.

Sampai jumpa besok di FINAL EMAIL besok di jam yang sama…

Salam Sukses dan Bahagia untuk Budi,

Sukarto Sudjono
Coach, Trainer and Writer

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
100 %

Sharing is caring!

coinpayu

Post Author: Budi S @ImpianClub

Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer. Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, Gem4me : the first financial messenger, Immunoterapi UFG, AQUIX Indonesia, DigiU, Project Artificial Intelligence dan Member MLM Melia. Saya dapat dihubungi di Telp/WA : 08115018144 - 08124844544.

Tinggalkan Balasan