Tindakan Planters BGA Tiga Bulan Terakhir Tahun 2019 » ImpianClub.com
BGA News Info Perkebunan Kelapa Sawit Motivasi Diri Perkebunan

Tindakan Planters BGA Tiga Bulan Terakhir Tahun 2019

Salam produktifitas
Dear All…
Agar semua RH dan AC… dengan mulai masuk nya musim penghujan setelah musim kemarau yg keras, harap konsolidasi langkah langkah sbb segera:
1. Areal Eks kebakaran, bantu segera pemulihan pokok dengan treatment yg sesuai. Pemangkasan, Mounding, Pemupukan ekstra , penyiapan lahan, bahkan rencana ganti pokok jika pokok dipastikan mati. (harap Riset : Pak Adhy mengirimkan kembali treatment pada pokok terdampak kebakaran.)

2. Menyimpulkan, mengidentifikasi, weakness kita terhadap ketahanan terhadap kemarau lalu, untuk tindakan koreksi tata kelola kita:

a. Areal lowland dan peat yg gagal kita kelola kebasahan nya dalam musim kemarau kemarin. Sebab nya apa, lalai nya apa, ketidak sempurnaan mitigasi apa yg menjadi kekurangan kita. (Sekat air/parit, terlambat menyimpan air, kurang jumlah embung, tidak bisa memasukan air pada musim kemarau, SPA tidak berfungsi, belum tersedia sumur bor gambut… dan lain sebagainya.

ITM Area 1 di BHJE
ITM Area 1 di BHJE

b. Pada Area berpasir/SPP, SPP mana yg paling cepat kering, atau SPP tdk berfungsi, di petakan, kaji ulang langkah-langkah penjagaan kelembabannya, Areal Cadangan air tdk tersedia, embung-embung kering, Jika perlu di plan persiapan embung-embung buatan, dan diplan sebarannya, yg nantinya bisa sebelum masuk kamarau difungsikan dengan alas terpal agar tidak kering dimusim kemarau karena air berpasir.

c. Patut di pikirkan langkah meng-irigasi kawasan tersebut (kawasan lowland dan pasir tsb) dari badan air yg masih hidup pada musim kemarau, dan atau dari sumur bor serta pembasahan area pada saat badan air masih mengalir sebelum masuk musim kemarau (akhir musim hujan).

d. Mengidentifikasi kekurangan Organisasi, kompetensi team, team setting, sop, koordinasi dan sistem informasi, perlengkapan pemantauan kebakaran, pencegahan kebakaran dan pengendalian kebakaran yg terjadi. Dan rencanakan untuk menyempurnakannya.

e. Evaluasi Ketahanan cadangan air utk PKS, Kebutuhan Domestik dan air bersih utk staff Karyawan.

Poin 2a sd 2 e. Dipetakan masalah nya, di perbarui disempurnakan plan mitigasinya, ditingkatkan ketahanan kita menghadapi situasi kemarau, jika ada budget dan program nya tahun ini segera di sempurnakan, jika bisa dikerjakan tahun budget 2020 harap di anggarkan.

SignBoard Area 1 Design Padang
SignBoard Area 1 Design Padang

3. Ada momentum pada awal musim penghujan ini (Waktu nya pendek, sebelum masuk musim hujan yg intensif) dalam mengkonsolidasi jalan-jalan utama/akses. Karena tanah sdh mulai lembab. Jalan bisa dibentuk dan mulai dapat di padatkan dgn kombinasi grading dan compacting. Harap mamfaatkan waktu sempit tsb.

Jika frekuensi hujan sdh sering, tanah sdh mulai basah. Maka tidak diperkenankan lagi mengrading muka jalan. Pada situasi ini, Grading hanya ditujukan utk keperluan side drain jalan.

Jika ada peluang mengrading jalan karena diketahui hujan cenderung sore hari, maka grading dan compaction hanya boleh pada jalan yg lembab, dan melakukan grading jalan dan compaction harus tuntas dalam ruas pendek. Tidak boleh mengrading jalan spt musim kemarau. Grading dan compaction diatur tuntas dalam kepingan ruas pendek-pendek. (bertahap).

Agar menghindari jalan tergrading panjang, hancur terpapar hujan, sebelum sempat dipadatkan.

4. Segera tuntaskan konsolidasi water management, tanggul, pintu air, SPA one gate one system. SPA fully independent. Dan bisa menghindari area tanaman dari banjir yg merusak dan merugikan.

5. Segera maksimalkan pemupukan.

6. Segera sesuaikan rencana spraying, agar semua field condition nya tdk memburuk pada musim hujan berat, karena berkurangnya hari dan jam bisa menyemprot.
Ingat pertumbuhan gulma juga menjadi lebih cepat, maka pastikan semua areal/gawangan rehablitasi telah dan pasti telah di chemist sebelum masuk musim hujan berat.

7. Segera kejar program sisip bagi yg punya program sisip.

8. Tentu saja yg paling Penting Pengamanan produksi sd akhir tahun. Karena diyakini 3 bulan akhir 2019 ini, dipastikan ada lompatan produksi. Pastikan diamankan dengan menjaga kecukupan TK, Transport, dan kesiapan Pabrik. Dengan losses produksi estate dan pabrik minimal, dan mutu buah dan olah yg tinggi , Agar semua potensi produksi kita di maksimalkan menjadi CPO production yg dicari buyer. (Crop recovery , Oil Recovery, Yield tbs, OER, KER, dan Qualitas palm Produk maksimal).

Kita harus perjuangkan maksimal, karena inilah cara kita membalas *kekalahan kita* pada performa
9 bulan 2019..

Kombinasi SignBoard Area 1
Kombinasi SignBoard Area 1

Salam Planter BGA.
Pak Adi Ardiyanto Manager Riset BGA: Berikut disampaikan panduan penanganan pokok pasca terbakar :
1. Melakukan pruning semua pelepah kering dan sanitasi buah yang terbakar.
2. Mounding bagian akar yang terbakar, menggunakan tanah dari luar piringan.
3. Jika sudah muncul 1-2 pelepah baru, aplikasi Rock Phospate dosis 2 kg/pokok. Setelah 4-5 minggu kemudian aplikasi Urea dosis 0.75 kg/pokok.
4. Jika dalam waktu 1 bulan setelah terbakar, tidak ada muncul daun baru pada tanaman kelapa sawit, artinya tanaman tersebut mati, segera lakukan pembongkaran untuk kemudian disisip.

Source:
By : Pak Mubarak Ahmad (COO BGA)

Demikian, semoga bermanfaat !

Keyword:
Kemarau, kebakaran, mounding, weakness, lowland, peat, SPA, SPP, embung, irigasi kawasan, grading jalan, water management

Sharing is caring!

URL singkat : http://bit.ly/2ALVRsu
The following two tabs change content below.
Agronomist, Investor, Trader Forex, Reseller dan Internet Marketer. Saat ini saya bermitra dengan SkyWay (Investasi Saham Real Proyek), Program CryptoUnit, Duyunov's Motor, Aquix, PT. Melia Sehat Sejahtera - MLM No 1 di Indonesia dan Reseller beberapa produk terlaris. Hal ini memberikan solusi bagi kawan-kawan yang menginginkan pekerjaan dan sumber penghasilan tambahan. Mau informasi selengkapnya tentang Kami, silahkan lihat [ IdentitasKu ] [ PendidikanKu ] [ PekerjaanKu ] dan dapat dilihat di profil social media Kami. Filosofi : Tidak ada kata GAGAL, yang ada hanya SUKSES atau BELAJAR - Semangat pantang menyerah. Target atau Goal yang sudah dibuat harus diberikan Perhatian, Energi dan Fokus. MAU berubah hidup 180 derajat?. KUASAI Kekuatan pikiran, kekuatan perasaan dan kekuatan spiritual. Perbanyak tindakan #JustDoIt, karena dengan bertindak pasti ada hasil. Sabar, tetap semangat dan maju terus meraih impian. Sukses buat kita semua !. Kami dapat dihubungi di No: 0811 5018 144 - 0812 4844 544 (Telp/WA), eMail : support@impianclub.com.

Related posts

Silahkan berikan komentar Anda - Pembelajaran Buat Kita Semua

shares
0

Your Cart